OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

7 Manfaat Kesehatan dari Pelukan Menurut Sains

Berpelukan mungkin menawarkan lebih banyak manfaat dari yang Ladies sadari. Mungkin selama ini Ladies mengira bahwa pelukan hanya sekadar menyebarkan kegembiraan dan bentuk ungkapan kasih sayang. Well, penting untuk dicatat bahwa tidak semua orang merasa nyaman dengan tingkat sentuhan fisik yang sama, tetapi, dalam banyak kasus, pelukan dianggap berdampak positif pada kesehatan mental dan fisikmu. Apa saja manfaat pelukan yang dapat kamu dapatkan? Simak ulasannya hanya di bawah ini!

1. Pelukan dapat meningkatkan kekebalan tubuh

7 Manfaat Kesehatan dari Pelukan Menurut Sains
Foto: pexels.com

Jika Ladies merasa tidak enak badan, berpelukan dapat membantu. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2014 dalam jurnal Psychological Science menemukan bahwa pelukan dapat membantu mengurangi keparahan gejala pilek. WOW!

Para ahli dari Carnegie Mellon University di Pittsburgh dengan sengaja mengekspos orang dewasa dalam penelitian ini ke virus flu biasa. Kemudian, mereka memeriksa “peran dukungan sosial yang dirasakan dan menerima pelukan dalam penyangga terhadap kerentanan yang disebabkan oleh stres interpersonal terhadap penyakit menular.”

Hasilnya? Dukungan sosial dan pelukan, seperti yang dapat diduga, menunjukkan “tanda penyakit yang tidak terlalu parah”.

2. Pelukan dapat menurunkan stres

Jika Ladies merasa akan ada masalah atau justru sedang mengalami masalah, Ladies mungkin ingin mendapatkan pelukan. Sebuah penelitian yang diterbitkan di PLOS ONE pada tahun 2018 menemukan bahwa “[…] baik pria maupun wanita dapat memperoleh manfaat yang sama dari berpelukan pada hari-hari ketika konflik terjadi.”

Sementara penelitian tambahan diperlukan untuk lebih mendukung ide penghilang stres ini, tidak ada salahnya bagimu untuk menuai manfaat khusus dari pelukan ini, Ladies.

Baca juga: 5 Love Language ini Harus Kamu Tahu Saat Menjalin Hubungan

3. Pelukan dapat meningkatkan harga diri

7 Manfaat Kesehatan dari Pelukan Menurut Sains
Foto: pexels.com

Jika harga dirimu sedang membutuhkan booster, pertimbangkan manfaat pelukan. Masuk akal bahwa pelukan dapat membantu suasana hati yang rendah. Bagaimanapun, sentuhan manusia menandakan ikatan dan hubungan sosial. Sebagai hasilnya, pelukan dapat meningkatkan harga dirimu dengan memperkuat kemampuanmu untuk memberi dan menerima cinta.

4. Pelukan meningkatkan kepercayaan

Lonjakan hormon oksitosin adalah manfaat lain dari berpelukan. Oksitosin meredakan stres dan meningkatkan relaksasi, serta memainkan peran dalam kemampuanmu untuk percaya dan dipercaya.

Sebagai contoh, sebuah penelitian yang lebih tua yang diterbitkan di Nature, jurnal ilmiah mingguan internasional terkemuka, menunjukkan hubungan antara oksitosin dan “peningkatan kepercayaan yang substansial di antara manusia, sehingga sangat meningkatkan manfaat dari interaksi sosial.”

5. Pelukan dapat mengurangi depresi

7 Manfaat Kesehatan dari Pelukan Menurut Sains
Foto: pexels.com

Pelukan dapat menjadi penting untuk kesejahteraan emosional dan benar-benar membantu melepaskan serotonin alami kita sendiri “anti-depresan,” menurut Deb Castaldo, PhD, seorang ahli hubungan di New Jersey. “Kita juga tahu bahwa memeluk orang yang kita cintai meningkatkan keterikatan emosional dan keintiman yang sehat, yang merupakan dasar dari hubungan jangka panjang yang bahagia dan sehat,” katanya.

6. Memeluk mungkin penting untuk bertahan hidup, dalam beberapa kasus

Meskipun kebanyakan orang dewasa akan baik-baik saja tanpa pelukan, sentuhan fisik terkadang penting untuk kelangsungan hidup fisik dan emosional. Dr. Castaldo menjelaskan bahwa bayi, dan terkadang bahkan hewan, yang tidak memiliki sentuhan fisik dapat menjadi sangat tertekan sehingga mereka berhenti makan. Kondisi ini disebut ‘gagal untuk berkembang’. 

“Untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatanmu serta memastikan hubungan yang bahagia, berpelukanlah,” kata Dr. Castaldo. “Saya sarankan memeluk sampai Anda benar-benar santai, minimal enam menit per hari.”

7. Pelukan menunjukkan apresiasi

7 Manfaat Kesehatan dari Pelukan Menurut Sains
Foto: pexels.com

Dalam suatu hubungan, mudah untuk menyia-nyiakan kebaikan pasangan. Salah satu manfaat pelukan yang diabaikan adalah dapat menegaskan kembali cintamu pada pasangan. 

“Sangat berharga untuk mengetahui bahwa sesuatu yang sederhana seperti waktu yang dihabiskan untuk menyentuh atau memeluk dapat memiliki konsekuensi neuro-biologis yang terukur,” jelas Stan Tatkin, PsyD, terapis pernikahan dan keluarga berlisensi di Calabasas, California. Memeluk juga bisa menjadi cara yang bagus untuk meredakan perselisihan. “Selain itu, saling memberi sentuhan yang Anda butuhkan mungkin memiliki kapasitas untuk membalikkan kerusakan,” katanya.

Sudah memeluk orang tersayang hari ini, Ladies?

 

Sumber: thehealthy.com

Must Read

Related Articles