OUR NETWORK

7 Cara Mudah Menelan Kapsul

7 Cara Mudah Menelan Kapsul
Foto: pexels.com

Kesulitan untuk menelan kapsul? Tenang Ladies, kamu tidak sendirian. Menurut Susan Besser, M.D, banyak pasiennya yang mengalami hal serupa. Masalah menelan kapsul ini, menurut Vinh Nguyen, M.D, lebih dikarenakan faktor mental daripada faktor fisik. Padahal ada beberapa obat yang memang harus dikonsumsi dan berbentuk kapsul. Beberapa cara berikut dapat mempermudah kamu menelan kapsul nih, Ladies. Cek di bawah ini ya!

1. Sembunyikan di makanan lain

Ini dia salah satu cara menelan kapsul yang paling umum, Ladies. Karena masalah menelan kapsul ini lebih pada masalah mental, kamu bisa mengelabui otak kamu dengan menaruh kapsul di dalam makanan lain. Jadi seolah-olah kamu menelan makanan itu aja, Ladies. 

Cara ini juga sering dilakukan oleh rumah sakit menggunakan saus apel. Beberapa rumah sakit bahkan menyimpan satu kontainer besar saus apel bagi pasien yang kesulitan menelan kapsul.

7 Cara Mudah Menelan Kapsul
Foto: pexels.com

Saus apel dipilih karena teksturnya yang cair sehingga mudah melewati tenggorokan. Kamu juga memilih makanan lain yang bertekstur halus dan mudah tertelan sebagai pengganti saus apel.

2. Metode “Pop Bottle”

Salah satu metode terkenal lainnya nih. Metode pop bottle ini yakni pertama letakkan kapsul di bagian belakang lidah. Selanjutnya rapatkan bibir di sekitar mulut botol air minum. Kemudian sedot air dari botol tersebut sembari mencondongkan kepala ke belakang. Metode ini juga bagus untuk menelan tablet.

Baca juga: Ginger Shot, Minuman Sehat dengan Segudang Manfaat

3. Condong ke depan 

Pertama, letakkan kapsul di bagian belakang lidah. Minum sedikit air (jangan ditelan dulu), lalu condongkan kepala ke depan, dagu mendekati dada. Kemudian telan yang ada di mulut pada kondisi tersebut. 

4. Taruh air di mulut terlebih dahulu

7 Cara Mudah Menelan Kapsul
Foto: pexels.com

Jika masalahnya adalah karena kamu tidak suka lidah kamu menyentuh kapsul, kamu bisa melakukan cara berikut, Ladies. Minum sedikit air, lalu saat mulut terisi air, masukkan kapsul, kemudian telan bersamaan. Cara ini belum terbukti efektif secara klinis. Namun kalau cara ini efektif buat kamu, why not?

5. Latihan dengan permen kecil yang aman saat tertelan

Practice makes perfect! Berlatih menelan menggunakan benda kecil yang aman tertelan seperti permen dapat membantu kamu terbiasa menelan benda berukuran serupa. Kamu bisa mencoba menelan permen layaknya menelan kapsul yakni dengan menaruh permen di mulut kemudian minum air. Semakin terbiasa, semakin mudah deh kamu untuk menelan kapsul nantinya.

6. Minta doktermu untuk alternatif obat lain

Kamu bisa minta diresepkan obat yang sama namun dari brand berbeda yang ukuran kapsulnya lebih kecil dari yang sebelumnya. Beberapa obat juga berbentuk sirup yang lebih mudah ditelan. Tanya dokter mengenai alternatif bentuk dari obat yang diresepkan.

7 Cara Mudah Menelan Kapsul
Foto: pexels.com

Jika tidak ada alternatif lain, tanyakan apakah kapsul tersebut boleh dibuka dari cangkangnya kemudian dicampurkan dengan air agar lebih mudah untuk diminum. Atau mungkin bisa digerus dan dicampur dengan makanan. Tanyakan secara detail dengan doktermu ya Ladies karena contoh opsi-opsi tadi harus dengan pengawasan tenaga medis.

7. Jika semua cara gagal, konsultasikan lagi dengan dokter

Setelah semua usaha yang kamu lakukan tetap tidak berhasil, saatnya untuk konsultasi lagi, Ladies. Jangan merasa malu karena tidak bisa menelan kapsul sebagai orang dewasa.  Cukup banyak kok jumlah orang yang tidak bisa menelan kapsul. 

Dengan konsultasi, kamu bisa tau opsi apa saja yang kamu punya. Bagaimanapun juga, prioritaskan kesehatan kamu ya, Ladies.

 

Sumber: Self

Comments

Loading...