OUR NETWORK
From Korea With Love Concert

6 Kebiasaan Umum yang Harus Segera Dihentikan Demi Kulit dan Rambut Sehat

Kita semua memiliki kebiasaan kecil yang kita lakukan bahkan tanpa memikirkannya, dan menurut Lynn McKinley-Grant, MD, dokter kulit bersertifikat di New York City, beberapa di antaranya dapat merusak kulitmu loh! 

Sementara banyak dari kita tahu bahwa memencet jerawat adalah tidak boleh, kebiasaan yang tampaknya tidak berbahaya seperti menggosok mata saat memakai cat kuku sebenarnya bisa menyebabkan masalah.

Untuk memastikan Ladies mengetahui kebiasaan umum terkait kulit yang  berbahaya yang tidak disadari ini, yuk simak ulasannya di bawah inI!

1. Mencungkil kulit di sekitar kuku

6 Kebiasaan Umum yang Harus Segera Dihentikan Demi Kulit dan Rambut Sehat
Foto: pexels

“Setiap kerusakan di sekitar kuku menyebabkan kuku tumbuh bengkok,” kata Dr. McKinley-Grant, yang merupakan penasihat dermatologi untuk lini perawatan kulit putrinya, Namesake. “Jadi jika Anda mengelupas kulitnya atau jika kutikula Anda dipotong alih-alih ditekan ke belakang dengan lembut, Anda dapat memengaruhi struktur kuku yang akan tumbuh menggumpal dan bergelombang.”

2. Mencabut bulu tanpa menekan kulit

6 Kebiasaan Umum yang Harus Segera Dihentikan Demi Kulit dan Rambut Sehat
Foto: pexels

Mencabut rambut di alis pada dasarnya tidak direkomendasikan oleh dokter kulit. Namun jika Ladies tetap ingin mencabutnya, pastikan Ladies menahan kulit tepat di sebelah rambut yang ingin dicabut sebelum mencabutnya.

“Folikel rambut turun sedalam ke dalam lemak di kulit Anda. Jadi jika Anda menahan kulit kencang itu membuatnya menjadi ruang yang lebih tipis untuk keluar saat Anda mengeluarkan lemak,” katanya. Ini membuatnya lebih mudah untuk menghilangkan seluruh rambut dan mengurangi trauma pada kulit, yang dapat menyebabkan jaringan parut. “Tweezing yang salah bisa menyebabkan luka yang parah sebenarnya. Jadi waxing itu lebih baik. Threading juga bagus, meskipun itu bentuk pencabutan dengan threading, mencukur itu tidak baik, eh, karena ujung-ujungnya mencukur rambut dan kemudian Anda mendapatkan lebih banyak rambut yang tumbuh ke dalam.”

3. Menggaruk kepala dengan kuku

6 Kebiasaan Umum yang Harus Segera Dihentikan Demi Kulit dan Rambut Sehat
Foto: pexels

Jika Ladies memiliki kulit kepala yang gatal dan sering menggaruknya dengan kuku, inilah saatnya untuk berhenti. 

“Jika Anda menggali terlalu dalam, Anda bisa menginfeksi kulit kepala, dan infeksi kulit kepala tidak menyenangkan lagi karena menyebabkan kerontokan rambut,” kata Dr. McKinley-Grant. Selain itu, menggaruk dengan sangat keras dapat menyebabkan jaringan parut, dan rambut tidak dapat tumbuh melalui bekas luka. “Menggosok gatal dengan jari saja tidak terlalu berbahaya daripada menggaruk dengan kuku.”

Namun, jika kulit kepalamu sangat gatal, sebaiknya periksakan ke dokter kulit bersertifikat dan temukan solusinya. “Katakanlah Anda menderita psoriasis pada kulit kepala dan Anda tidak benar-benar tahu bahwa Anda memilikinya, Anda mengira itu hanya ketombe karena Anda belum pernah ke dokter kulit,” katanya. “Ketika Anda menggaruk psoriasis, itu memperburuknya. Itu membuat lebih banyak psoriasis datang. Jadi Anda perlu menyadarinya dan mendapatkan perawatan jika Anda benar-benar memiliki kulit kepala yang gatal.”

Baca juga: 5 Cara Aman dan Gampang untuk Dapatkan Rambut Makin Sehat

4. Membuat kuku tetap membulat

6 Kebiasaan Umum yang Harus Segera Dihentikan Demi Kulit dan Rambut Sehat
Foto: pexels

“Orang-orang suka mengasah ujung kuku hingga menjadi lancip membulat,” katanya. “Tapi kuku jari kaki dan semua kuku benar-benar harus dipotong benar-benar lurus sehingga Anda tidak mendapatkan kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam. Kuku yang tumbuh ke dalam bisa terinfeksi dan Anda bisa merusak kuku.”

5. Menata gaya rambut dengan ketat

6 Kebiasaan Umum yang Harus Segera Dihentikan Demi Kulit dan Rambut Sehat
Foto: pexels

Terus-menerus menata rambut dengan gaya ketat dapat menyebabkan traction alopecia, yaitu kerontokan rambut akibat ketegangan. Meskipun kita sering menganggap hal ini terjadi karena kuncir kuda atau kepang yang ketat, merapikan ujung rambut juga dapat menyebabkan kerontokan rambut ini. 

“Kami melihat beberapa rambut rontok karena rambut bayi yang disisir ke bawah,” kata Dr McKinley-Grant. “Bahan kimia yang mereka gunakan pada rambut itu menjaganya tetap lurus sehingga teksturnya berbeda dari rambut lainnya. Dan cenderung mudah patah karena menjadi kaku oleh edging oils and creams.”

6. Sering mengucek mata

6 Kebiasaan Umum yang Harus Segera Dihentikan Demi Kulit dan Rambut Sehat
Foto: pexels

“Area di sekitar mata adalah bagian kulit yang paling sensitif karena sangat tipis. Anda dapat menyebabkan abrasi dengan sangat mudah,” kata Dr. McKinley-Grant. “Jika Anda sering menggosok mata, maka Anda mungkin alergi terhadap sesuatu yang ramah lingkungan di udara atau cat kuku, maskara, krim mata, atau bahkan obat tetes mata.”

Menggosok secara agresif dapat menyebabkan penggelapan kulit di sekitar mata “dan itu dapat menyebabkan penebalan kulit, tetapi tidak dengan cara yang cantik,” katanya. “Kami menyebutnya likenifikasi kulit dengan banyak kerutan di dalamnya yang terlihat seperti papan tic-tac-toe dengan garis-garis kecil vertikal dan horizontal.”

Siap hentikan enam kebiasaan di atas, Ladies?

 

Sumber: wellandgood.com

Must Read

Related Articles