OUR NETWORK

5 Kandungan Ini Harus Dihindari si Kulit Kering!

5 Kandungan Ini Harus Dihindari si Kulit Kering!
Foto: pexels.com

Setiap jenis kulit memiliki masalahnya masing-masing. Kulit berminyak akan memiliki masalah seputar komedo, jerawat, dan tentu saja minyak berlebih. Sementara kulit kering memiliki masalah kulit kasar dan gatal. Makanan dan kandungan bahan tertentu dapat memicu kulit menjadi berjerawat dan berminyak. Nah, hal serupa terjadi pada kulit kering. Beberapa kandungan pada produk kecantikan ternyata dapat membuat kulit jadi lebih kering dan iritasi. Apa sajakah bahan itu? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Asam salisilat/Salicylic acid

5 Kandungan Ini Harus Dihindari si Kulit Kering!
Foto: medicalnewstoday.com

Apakah Ladies terkejut melihat asam salisilat di dalam daftar ini?

Sebenarnya, asam salisilat bukanlah kandungan yang buruk. Asam salisilat umumnya ditemukan dalam produk yang diformulasikan untuk kulit berminyak dan acne prone untuk membantu mengontrol produksi minyak di wajah. Nah, jika pemilik kulit kering menggunakan produk dengan kandungan asam salisilat, kulit akan menjadi lebih kering dan menyebabkan pengelupasan. Asam salisilat pun biasanya ditambahkan juga pada produk kosmetik, jadi cermatlah dalam membaca label komposisi produk, Ladies!

2. Alkohol

5 Kandungan Ini Harus Dihindari si Kulit Kering!
Foto: theklog.co

Yes, kita tahu bahwa alkohol itu buruk untuk kulit, lalu kenapa masih ditambahkan ke dalam produk ya? Well, rupanya alkohol memiliki fungsi untuk membantu kandungan lain menembus kulit dengan lebih baik, jadi tidak tertahan di permukaan. Namun, alkohol dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan membuat kambuh eksim, psoriasis, dan rosacea. Pastikan Ladies yang memiliki kulit kering menjauhi produk dengan kandungan alkohol SD, alkohol isopropil, dan alkohol terdenaturasi.

Baca juga: Rekomendasi Skincare Bahan Herbal untuk Atasi Jerawat

3. Parfum

5 Kandungan Ini Harus Dihindari si Kulit Kering!
Foto: beminimalist.co

Ngaku deh, pasti Ladies pernah memiliki produk karena wanginya kannn? Tidak jarang Ladies memilih produk yang wangi enak daripada produk yang tidak memiliki wangi apa-apa. Tahukah Ladies, bahan parfum produk ini sangat bisa mengiritasi kulit dan memperparah eksim? So, sebaiknya, apapun jenis kulitmu, hindarilah produk yang mengandung pewangi artifisial ini.

4. Benzoyl peroxide

5 Kandungan Ini Harus Dihindari si Kulit Kering!
Foto: bestproducts.com

Benzoyl peroxide adalah salah satu bahan yang paling umum ditemukan dalam produk anti-jerawat. Kandungan ini sangat bisa membuat kulit menjadi kering sehingga harus dihindari oleh pemilik kulit kering. Jika Ladies memiliki kulit kering tetapi berjerawat, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter kulit untuk menghindari efek samping yang parah.

5. Paraben

Paraben adalah bahan pengawet yang ditambahkan ke produk perawatan kulit untuk meningkat umur simpannya. Namun, tidak jarang paraben dapat menyebabkan iritasi dan alergi pada kulit. Beberapa paraben sangat berbahaya sehingga penggunaannya dilarang di Uni Eropa. Bagi pemilik kulit kering, sebaiknya hindari penggunaan produk dengan kandungan paraben.

Itu dia beberapa kandungan yang perlu dihindari oleh kamu si pemilik kulit kering ya, Ladies. Tak kenal maka tak sayang, makanya ada baiknya kenalan dulu dengan bahan yang ada di produk skincare kamu dan yang lebih penting lagi, kenali yang dibutuhkan oleh kulitmu.

 

 

Sumber: bebeautiful.in

Comments

Loading...