OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

5 Cara Lindungi Mata dari Gelombang Panas dan Paparan Sinar UV

Paparan sinar UV tidak hanya berbahaya bagi kulit, tetapi juga mata, lho! Menurut Konsultan Senior Rumah Sakit Mata Sharp Sight, Dr. Danish Iqbal, paparan UV dapat menyebabkan perkembangan degenerasi makula, katarak, dan masalah kehilangan penglihatan lainnya. Sayangnya, tabir surya yang digunakan pada permukaan kulit, tidak serta merta dapat melindungi mata dari sinar UV. Untuk itu, berikut ini Dr. Danish berbagi tips yang bisa bantu melindungi mata indahmu sepanjang musim panas.

Gunakan kacamata hitam

Gunakan kacamata hitam yang memiliki perlindungan 100 persen dari sinar UV. Kacamata jenis ini dapat membantu mencegah dampak yang tidak diinginkan pada lensa mata, kornea, hingga retina. Jadi, setiap kali beraktivitas di luar, pastikan kamu mengenakan kacamata ini, ya.

Percikan air bersih pada mata

Sebagaimana pikiran, mata juga bisa mengalami, lho! Stres yang muncul biasanya disebabkan oleh panas yang parah dan paparan sinar matahari. Upayakan untuk membilas mata dengan percikan air dingin secara berkala dan minum banyak air. Ini akan mencegah mata kamu jadi kering atau bengkak.

5 Cara Lindungi Mata dari Gelombang Panas dan Paparan Sinar UV
Sumber: igavencu.com

Senam mata

Mata juga perlu olahraga, Ladies, salah satunya senam mata. Senam mata dapat membantu kita mengurangi rasa lelah dan memperbaiki otot mata. Aktivitas ini juga dapat meningkatkan penglihatan dan mengurangi risiko tertular penyakit dan infeksi bila dilakukan secara rutin setiap hari.

Baca juga: Kenalan dengan Alergi Matahari, Gejala, dan Penanganannya, Yuk!

Irisan mentimun

Mata merah saat musim panas bukanlah hal aneh. Bila kamu mengalaminya, atasi dengan mengoleskan irisan mentimun ke kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur. Irisan mentimun ini akan membantu menghilangkan warna gelap di bawah mata dan memberikan kelembapan ekstra.

Obat tetes mata

Selain mentimun, kamu juga bisa meminimalkan rasa sakit dengan menggunakan obat tetes mata. Tidak hanya itu, beberapa jenis obat tetes mata juga dapat mengatasi sejumlah masalah mata lainnya. Tapi, kamu perlu berkonsultasi dulu ya dengan dokter mata untuk mengetahui mana, nih, obat tetes mata yang tepat untuk mengatasi masalahmu.

Di samping melakukan tips di atas, untuk melindungi kesehatan mata, tentunya kamu perlu mengonsumsi sejumlah asupan yang dapat memberi nutrisi baik pada mata dan pola hidup sehat, ya. Misalnya, seperti mengonsumsi sayuran berdaun hijau dan tidur cukup. Selamat mencoba, Ladies.

 

Sumber: Times Now News

Must Read

Related Articles