OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Air Alkali: Apa Itu Air Alkali dan Apakah Manfaatnya?

Ladies pasti pernah mendengar kehebohan air alkali beberapa tahun yang lalu dong? Banyak orang yang mengklaim bahwa air alkali ini memiliki khasiat tertentu. Benarkah demikian? 

Apa itu air alkali?

Semua orang tahu bahwa minum air sangatlah penting untuk kesehatan tubuhmu. Pakar nutrisi dan peneliti setuju bahwa minum cukup air dan menjaga hidrasi yang tepat dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, mulai dari ingatan dan suasana hati hingga pencernaan dan kondisi kulit.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, ada desas-desus tentang berbagai jenis air, seperti air alkali.

Yang menjadi perhatian adalah tentang pH air yang kita minum. Istilah pH ini berarti “potensi hidrogen.” Singkatnya, pH menggambarkan keasaman sesuatu, papar Morton Tavel, MD, seorang profesor klinis emeritus kedokteran di Indiana University School of Medicine.

pH memiliki skala yang berkisar antara 0 dan 14. Apa pun dengan pH kurang dari 7 bersifat asam, dan yang lebih besar dari 7 bersifat basa—juga dikenal sebagai basa.

“Air murni memiliki pH sangat dekat dengan 7,” kata dokter Morton. Jadi air yang keluar dari keran atau botol Anda kurang lebih netral, sejauh menyangkut pH-nya.

Air alkali hanyalah air dengan pH lebih tinggi daripada air minum biasa, biasanya pada pH 8 atau 9, jelas Inna Husain, MD, seorang profesor otolaringologi dan kepala bagian laringologi di Rush University Medical Center.

Bagaimanakah air alkali dibuat?

Air Alkali: Apa Itu Air Alkali dan Apakah Manfaatnya?
Foto: pexels.com

“Air yang secara alami bersifat alkali melewati bebatuan—seperti di mata air—lalu mengambil mineral saat mengalir, yang meningkatkan tingkat basanya,” kata ahli diet terdaftar Dana Hunnes, PhD, MPH, ahli diet senior di UCLA Medical Center.

Namun air alkali bermerek yang Ladies lihat di rak biasanya dibuat dengan ionizers. Perangkat ini melakukan proses kimia yang disebut elektrolisis untuk memisahkan air menjadi dua bagian: basa dan asam. Air asam kemudian disaring, meninggalkan aliran air minum alkali.

Apakah air alkali baik untuk tubuh?

Air alkali adalah bagian dari tren yang lebih luas yang disebut diet alkali atau diet abu alkali. Diet ini melibatkan penggantian makanan asam—seperti makanan olahan dan daging hewan—dengan makanan alkali seperti buah-buahan dan sayuran.

“Ada kepercayaan bahwa kesehatan kita akan mendapat manfaat dari keadaan yang lebih basa,” kata Rachel Larkey, ahli gizi terdaftar yang bekerja di New York City dan Seattle..

Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Cancer Research menemukan bahwa tumor kanker sangat asam, dan keasaman ini membantu tumor menyebar dan tumbuh.

Ide ini membuat orang percaya bahwa dengan makan lebih banyak makanan basa, kita akan menciptakan lingkungan di mana masalah kesehatan seperti kanker tidak dapat berkembang, jelas Rachel Larkey. Namun pH tubuh kita tidak berubah dengan cara ini (dan untungnya begitu.)

Ada berbagai klaim kesehatan lainnya yang dikaitkan dengan air alkali, menurut dokter Morton Tavel.

“Jika Anda percaya hype pemasaran dari air arkali, maka air alkali dianggap dapat meningkatkan energi Anda, meningkatkan metabolisme Anda, menghidrasi Anda lebih baik daripada air biasa, mencegah masalah pencernaan, menetralkan asam dalam aliran darah Anda, membantu tubuh Anda menyerap nutrisi lebih efektif, meningkatkan penurunan berat badan, mencegah tulang kehilangan, dan bahkan memperlambat penuaan. Namun nyatanya tidak ada penelitian ilmiah yang menunjukkan keuntungan apa pun dari air alkali.”

Apakah Ladies perlu membuat tubuhmu menjadi alkali?

Air Alkali: Apa Itu Air Alkali dan Apakah Manfaatnya?
Foto: pexels.com

“Setiap sistem dalam tubuh kita berfungsi pada pH yang berbeda,” kata Rachel  Larkey. Dan tubuh itu seperti sebuah kapal yang dijalankan dengan ketat. 

Dokter Morton Tavel menjelaskan bahwa kecuali Ladies memiliki kondisi medis tertentu—seperti penyakit ginjal atau pernapasan—tubuhmu akan mempertahankan tingkat pH yang sehat dengan sendirinya.

Jadi, adakah manfaat dari minum air alkali?

Tidak ada penelitian ilmiah yang memadai untuk mendukung sebagian besar klaim kesehatan air alkali, tetapi air alkali mungkin menawarkan beberapa manfaat potensial:

1. Air alkali mungkin membantu dengan pemulihan olahraga 

Air Alkali: Apa Itu Air Alkali dan Apakah Manfaatnya?
Foto: pexels.com

“Ada beberapa bukti kecil bahwa [orang yang] minum air mineral alkali mungkin telah meningkatkan status hidrasi setelah latihan intensif,” kata dokter Dana Hunnes. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Biology of Sport menunjukkan air alkali juga dapat meningkatkan kinerja atletik dan pemulihan pasca-olahraga. 

Namun, penelitian ini kecil, hanya diikuti oleh 36 peserta. Plus, penelitian ini berfokus pada atlet muda yang mengonsumsi lebih dari empat liter air alkali per hari.

Baca juga: Tips Detoks Setelah Lebaran

2. Air alkali mungkin membantu meringankan gejala GERD 

Air alkali mungkin juga memiliki peran potensial dalam mengobati refluks laringofaring (LPR), gejala tenggorokan yang menyertai penyakit refluks gastroesofageal (GERD). 

Dokter Inna Husain mengatakan enzim pencernaan pepsin bertanggung jawab untuk gejala LPR seperti sakit tenggorokan, batuk, dan kesulitan menelan. 

“Pepsin dapat tetap berada di jaringan tenggorokan dan diaktifkan kembali saat terkena asam,” jelasnya. 

Penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Otology, Rhinology & Laryngology menunjukkan air alkali dapat ‘menonaktifkan” pepsin ini sehingga tidak dapat merusak lagi, mungkin membantu mengobati gejala LPR.

3. Air alkali akan menghidrasi tubuhmu

Secara umum, manfaat utama dari minum air alkali adalah hidrasi. 

“Jika Anda menyukainya, bagus; minum lebih banyak air,” kata ahli gizi terdaftar Wesley McWhorter, DrPH, asisten profesor promosi kesehatan di University of Texas Health Science Center di Houston dan direktur nutrisi kuliner dengan program nutrisi di UTHealth School of Public Health. 

“Saya tidak akan mencegah orang untuk minum air alkali karena kebanyakan orang tidak minum cukup air secara umum—dan itulah mata rantai yang hilang,” katanya. “Tapi air alkali bukan pil ajaib.”

 

Sumber: thehealthy.com

Must Read

Related Articles