test
OUR NETWORK

3 Efek Samping yang Harus Diwaspadai saat Mengonsumsi Suplemen Magnesium

Magnesium adalah komponen penting dari kesehatan. Magnesium berperan dalam berbagai fungsi tubuh, mulai dari otot, saraf, tulang, dan bahkan detak jantungmu, Ladies. Banyak orang yang khawatir akan kekurangan asupan magnesium dari makanan. Oleh sebab itulah banyak dari Ladies yang beralih ke suplemen magnesium, yang dikenal dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, kinerja fisik, kesehatan mental, dan banyak lagi.

Namun, jika kamu mempertimbangkan untuk menambahkan suplemen magnesium ke dalam rutinitas harianmu, penting untuk mewaspadai potensi efek sampingnya. Semua suplemen memiliki kemungkinan kerugian, tidak terkecuali magnesium.

Simak informasi dari ahli gizi Lisa Richards, penulis The Candida Diet, yang menjelaskan beberapa risiko yang ada saat mengonsumsi magnesium. Menurut Lisa Richards, masalah pencernaan, interaksi dengan obat lain, dan dalam kasus ekstrem, toksisitas adalah beberapa kekhawatiran terbesar. 

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini! 

1. Masalah pencernaan

3 Efek Samping yang Harus Diwaspadai saat Mengonsumsi Suplemen Magnesium
Foto: freepik

Sebagai permulaan, Richards memperingatkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak magnesium dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti diare, mual, dan kram perut. 

“Hal ini terutama terjadi ketika mengonsumsi suplemen magnesium dosis tinggi atau bentuk seperti magnesium sitrat atau magnesium oksida, yang memiliki efek pencahar,” katanya. 

Oleh karena itu, selalu penting untuk tetap berpegang pada dosis yang dianjurkan, dan bahkan memulai dari jumlah kecil saat menambahkan suplemen magnesium ke dalam rutinitasmu, Ladies.

2. Toksisitas magnesium

3 Efek Samping yang Harus Diwaspadai saat Mengonsumsi Suplemen Magnesium
Foto: freepik

Apabila Ladies memiliki masalah ginjal, Ladies harus sangat berhati-hati saat mengonsumsi magnesium karena ginjalmu mungkin tidak dapat memproses dan menghilangkan suplemen dari darah dengan baik. Hal ini dapat mengakibatkan keracunan magnesium, yang menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan.

“Dalam kasus yang jarang terjadi, asupan magnesium yang berlebihan dari suplemen dapat menyebabkan keracunan magnesium, yang mengakibatkan gejala seperti detak jantung tidak teratur, tekanan darah rendah, dan kebingungan,” kata Richards. Hal ini lebih mungkin terjadi ketika suplemen magnesium dikonsumsi dalam dosis berlebihan atau ketika fungsi ginjal terganggu.

3. Interaksi dengan obat lain

3 Efek Samping yang Harus Diwaspadai saat Mengonsumsi Suplemen Magnesium
Foto: freepik

Terakhir, selalu penting untuk mencari informasi tentang bagaimana suplemen barumu dapat berinteraksi dengan obat dan suplemen lain yang juga kamu konsumsi. Kombinasi yang salah bisa sangat berbahaya bagi individu tertentu.

Richards mencatat bahwa “suplemen magnesium mungkin bisa berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, termasuk antibiotik dan obat untuk tekanan darah, osteoporosis, dan diabetes, sehingga berpotensi mempengaruhi penyerapan dan efektivitasnya.” Astaga!

Kesimpulan

Pada akhirnya, suplemen magnesium umumnya aman dikonsumsi. Secara keseluruhan, pedoman yang sama berlaku untuk magnesium seperti halnya semua suplemen: Patuhi dosis yang dianjurkan, pelajari risiko dan potensi interaksinya, dan selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan terlebih dahulu.

Semoga informasi di atas membantumu, Ladies!

 

Sumber: shefinds.com

Must Read

Related Articles