OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

15 Kebiasaan Malam yang Merusak Kulitmu (Bagian 2)

Apakah kamu masih sering melakukan kebiasaan-kebiasaan di bawah ini, Ladies? Jika iya, segera hentikan sebelum kebiasaanmu merusak kulitmu, Ladies!

1. Membersihkan kulit secara berlebihan

15 Kebiasaan Malam yang Merusak Kulitmu (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Terlalu banyak hal yang baik dapat merusak kulitmu. “Sebagian besar pasien membersihkan kulit mereka secara berlebihan, merusak penghalang kelembaban dan mikrobioma dari lapisan pelindung alami kulit,” kata Graceanne Svendsen, seorang ahli facial selebriti di Shafer Plastic Surgery & Laser Center di New York City. “Ketika bakteri alami yang bermanfaat dibersihkan, kita lebih rentan terhadap infeksi, berjerawat, dan kulit yang tampak kering.”

2. Tidak memperhatikan humidity ruangan

Udara kering—baik di iklim gurun yang gersang atau udara panas di dalam rumah saat cuaca dingin melanda—benar-benar dapat mempengaruhi kulitmu. Dermatologis merekomendasikan untuk meletakkan humidifier di kamar tidur untuk memudahkan kulitmu mempertahankan tingkat kelembapannya.

3. Membuat ruangan terlalu hangat

Kamar tidur yang nyaman bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit dan kualitas tidurmu. “Studi menunjukkan bahwa tubuh beristirahat lebih baik pada suhu yang lebih rendah,” kata Svendsen. “Jaga suhu kamar Anda tetap dingin di malam hari—bukankah Anda mendapatkan tidur terbaik di malam musim gugur yang sejuk?”

4. Mencoba mendapatkan vitamin melalui krim wajah

15 Kebiasaan Malam yang Merusak Kulitmu (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Sementara vitamin C dapat membantu ketika dioleskan ke kulit, vitamin B tidak begitu efektif. “Banyak bentuk vitamin B (seperti B12) hanya dapat diserap di usus kecil, jadi tidak peduli berapa banyak yang dimasukkan ke dalam pelembab atau serum Anda, itu tidak akan membuat perbedaan,” kata Dr. Shah. 

Vitamin seperti niasin (vitamin B3) dapat berpengaruh pada tekstur dan warna kulit, tetapi kulit Anda tidak dapat menyerapnya. Jika Anda benar-benar ingin memanfaatkan kekuatan vitamin B untuk meningkatkan kilau dan penampilan kulit Anda, tetaplah makan sayuran berdaun hijau seperti bayam, asparagus, kacang-kacangan, dan kacang polong,” lanjutnya.

5. Lupa melembapkan bibir

15 Kebiasaan Malam yang Merusak Kulitmu (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Meskipun mengoleskan krim malam mungkin menjadi bagian dari rutinitas malammu, Ladies mungkin melewatkan bibirmu yang memiliki kulit tipis dan halus yang sangat rentan terhadap kekeringan dan pecah-pecah. Aplikasikan pelembap bibir yang mengandung shea butter, gliserin—atau hanya sedikit minyak kelapa.

6. Tidur tengkurap atau miring

Jika Ladies tengkurap atau tidur menyamping, Ladies bisa menekan kulit wajah yang halus ke dalam bantal, membuatnya lebih rentan terhadap kerutan karena gesekan dari sarung bantal. Sarung bantal yang lebih lembut dapat membantu—tetapi mungkin lebih baik untuk kulitmu jika kamu terbiasa tidur telentang, Ladies.

7. Mandi air panas yang lama

“Menjaga air pancuran Anda terlalu panas bisa membuat kulit dehidrasi,” kata Svendsen. Sebagai gantinya, pertahankan suhu pancuran di sisi yang lebih dingin, dan pastikan untuk mengoleskan lotion sesudahnya.

8. Makan junk food sebelum tidur

15 Kebiasaan Malam yang Merusak Kulitmu (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Pikirkan dua kali tentang makan biskuit atau keripik sebelum tidur. Garam ekstra dari camilan sebelum tidur dapat menyebabkan penumpukan cairan berlebih—terutama di sekitar mata. Dan itu berarti tubuhmu akan bengkak di pagi hari. Penangkalnya—camilan yang lebih sehat, seperti buah atau sayuran.

Yuk, hindari kebiasaan-kebiasaan malam yang tidak baik untuk kulit kita ini, Ladies!

 

Sumber: thehealthy.com

Must Read

Related Articles