OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

13 Jenis Bau Badan yang Tidak Boleh Kamu Abaikan (Bagian 2)

Bau badan memang tidak menyenangkan. Namun jangan hanya sebal saat bau badan menyerang, segera waspadai aroma tak sedap dari tubuhmu. Ternyata oh ternyata, bau badanmu bisa jadi menjadi penanda dari adanya masalah kesehatan, bahkan kanker. Bau apa sajakah yang harus Ladies waspadai? Cari tahu di bawah ini! 

1. Feses lebih bau dari biasanya

13 Jenis Bau Badan yang Tidak Boleh Kamu Abaikan (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Ya, feses memang tidak akan pernah berbau harum. Namun jika Ladies terus-menerus mengeluarkan tinja yang encer, diare dengan volume tinggi, diare berdarah, atau terutama tinja yang sangat bau, segeralah periksakan diri. 

Menurut Daniel Freedberg, MD, asisten profesor kedokteran dan epidemiologi di Columbia University Medical Center, pola makanmu dapat mengubah bau feses dari hari ke hari, tetapi beberapa orang dengan intoleransi laktosa atau C. difficile, infeksi usus besar, cenderung buang air besar. yang lebih bau dari biasanya.

2. Tubuh berbau ikan busuk

13 Jenis Bau Badan yang Tidak Boleh Kamu Abaikan (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Trimethylaminuria adalah istilah lain untuk “sindrom bau ikan.” Dalam kelainan genetik langka ini, enzim dalam tubuh (disebut FMO3) gagal melakukan tugasnya untuk memecah trimetilamina, bahan kimia yang ditemukan dalam makanan seperti susu, telur, kacang-kacangan, dan daging organ, menurut National Institutes of Health. 

Senyawa kimia ini memiliki bau belerang yang menyengat yang dapat berbau seperti ikan atau telur yang membusuk; pada tingkat yang lebih tinggi, Ladies mungkin mengeluarkan bau urin atau sampah busuk. Meskipun tidak ada obatnya, Ladies dapat meminimalkan masalah dengan menghindari makanan yang mengandung trimetilamina.

3. Napas berbau apek

13 Jenis Bau Badan yang Tidak Boleh Kamu Abaikan (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Nafas yang berbau apek atau mirip bawang putih dan telur busuk memang mengganggu. Namun kondisi tersebut berubah menjadi mengkhawatirkan apabila Ladies belum benar-benar makan bawang putih atau telur tetapi memiliki bau tersebut. 

Marc S. Rabinowitz, MD, dari Prevention First Healthcare mengatakan bahwa jika hati mulai gagal dalam tugasnya mendetoksifikasi darah—ini bisa terjadi pada sirosis, misalnya—napas Ladies bisa menjadi asam. Jika memiliki gejala ini, penting untuk segera menemui doktermu, Ladies. Sebuah studi di Journal of Chromatography B mengungkapkan bahwa sirosis hati sebenarnya bisa tanpa gejala; bau mulut mungkin merupakan tanda peringatan terbaik dan paling awal.

4. Bau amis di area kewanitaan

Bau amis, bersama dengan peningkatan keputihan, adalah ciri khas dari infeksi yang disebut vaginosis bakteri, kata Sherry Ross, MD, seorang OB/GYN dan penulis She-ology. 

Semua wanita memiliki bakteri di vagina, tetapi terkadang keseimbangan alaminya menjadi rusak. Paling umum, ini bisa terjadi selama masa menstruasi, dari praktik douching, atau setelah banyak berhubungan seks atau berhubungan seks dengan pasangan baru. Penting untuk tidak terburu-buru membeli produk perawatan vagina tanpa menghubungi dokter kandungan terlebih dahulu, katanya. Untuk mengatasi kondisiini biasanya memerlukan resep antibiotik untuk mengobati infeksi dan bau amis.

5. Napas yang berbau seperti kencing

13 Jenis Bau Badan yang Tidak Boleh Kamu Abaikan (Bagian 2)
Foto: pexels.com

“Seseorang dengan gagal ginjal mungkin memiliki napas yang berbau seperti amonia atau urin,” kata Dr. Rabinowitz. Kondisi ini terjadi karena ginjalmu gagal menyaring produk limbah dari tubuh. Gagal ginjal terjadi secara perlahan: jika Ladies juga mengalami kram otot atau pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki, atau jika kebiasaan mandi telah berubah, segera periksakan diri.

6. Bau mulut terus menerus

13 Jenis Bau Badan yang Tidak Boleh Kamu Abaikan (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Jika teman dan rekan kerja tampak sangat murah hati berbagi permen padamu, mereka mungkin memberi tahu secara halus bahwa kamu memiliki bau mulut yang terus-menerus. Ladies mungkin memiliki beberapa masalah dengan gusimu yang menghasilkan bau mulut. “Bau di mulut adalah produk sampingan dari bakteri, plak, dan endapan keras yang dikenal sebagai kalkulus (tartar) yang tertinggal di gigi,” kata Scott Eisen, DDS, dari Catonsville Dental Care. 

Ketika Ladies melewatkan pembersihan gigi dan malas melakukan flossing dan menyikat gigi, plak menumpuk di sekitar gigi dan mulai menginfeksi gusi, yang menyebabkan penyakit periodontal. Gusi kemudian mulai menarik diri dari gigi, menyebabkan kantong yang dalam di mana makanan terperangkap—dan itu akan segera membuat mulut Anda bau. Segera temui dokter gigimu sekarang, ladies!

Kalau tubuhmu mengeluarkan 13 bau di atas, maka segeralah periksakan dirimu ke dokter ya, Ladies!

 

Sumber: thehealthy.com

Must Read

Related Articles