OUR NETWORK

Cukup Minum Air adalah Kunci dari Menua dengan Sehat

Ladies pasti sudah tahu dong bahwa minum cukup air adalah kunci dari hidup sehat. Hidrasi yang cukup membantu menjaga kulitmu bercahaya, membuat Ladies tetap berenergi, dan membantu pencernaan. Saking banyaknya manfaatnya, pada akhirnya hidrasi yang cukup pun akan membantumu menjalani proses penuaan yang sehat secara keseluruhan. Niti Patel, MS, RD, seorang ahli diet yang berbasis di New York City, menjelaskan bahwa air minum dan penuaan saling terkait.

“Jika Anda mempertahankan gaya hidup aktif, makan berbagai makanan dan minum banyak air, Anda akan memiliki kesehatan yang optimal,” kata Patel. Air ada di semua sel kita, katanya, dan sel-sel itu membutuhkan air untuk bekerja secara efisien. Dari melumasi persendian hingga memompa darah ke otot, Ladies membutuhkan air untuk melakukan hampir semua fungsi tubuh.

Data terbaru dari CDC menunjukkan bahwa antara 2015 dan 2018, jumlah air yang dikonsumsi orang Amerika menurun seiring bertambahnya usia. Air berkontribusi 57% dari total konsumsi minuman harian untuk orang dewasa berusia 20-39 tahun, 50% di antara orang dewasa berusia 40-59 tahun, dan 47% di antara orang dewasa yang lebih tua berusia 60 tahun ke atas. Tergantung pada tingkat aktivitasmu dan kondisi kronismu, kebutuhan asupan airmu dapat menurun seiring bertambahnya usia. Namun, seiring bertambahnya usia juga, Ladies akan kehilangan kemampuan untuk mengalami rasa haus.

“[Orang tua] kadang-kadang bisa kehilangan kemampuan untuk merasa ‘Oh wow, saya harus benar-benar minum seteguk air, atau saya harus makan sesuatu yang mengandung banyak cairan’,” kata Patel. “Saya adalah seorang pengasuh untuk anggota keluarga yang sudah tua dan saya selalu harus sangat memaksa mereka, seperti, ‘Oke, mari kita minum segelas air sekarang. Oke, mari kita minum air.’ Itu adalah sesuatu yang harus Anda lakukan seiring bertambahnya usia.”

Selain itu, dehidrasi adalah masalah umum tetapi sering diabaikan untuk manula. Secara alami, tubuh mereka menahan lebih sedikit air daripada tubuh orang muda. Dan gejala dehidrasi—mulut kering, kelelahan, pusing, dan kram otot—seringkali dapat dikaitkan dengan masalah lain atau efek samping pengobatan, jelas Cleveland Clinic.

Baca juga: 9 Tanda Kamu Terlalu Banyak Minum Air

Untuk mengatasi situasi tak terhindarkan akibat penuaan ini, Ladies dapat membangun kebiasaan minum air yang baik ketika masih muda.

Meskipun Ladies tidak akan merasakan haus dengan cara yang sama, saat Ladies terbiasa minum air putih secara teratur dan makan makanan yang kaya air, mungkin tidak akan sulit untuk mempertahankan rasa hausmu seiring bertambahnya usia.

Patel mengatakan satu hal yang harus dicoba adalah mulai minum air lemon hangat tepat ketika bangun tidur. “Membiasakan minum air hangat dengan sejumput lemon atau jeruk nipis, atau bahkan air hangat pada umumnya, itu bagus. Anda akan merasakan perbedaan karena sepanjang malam, Anda mengalami dehidrasi karena tidak minum apa pun,” dia berkata. “Sekarang Anda meminum segelas air hangat ini dan Anda bisa merasakannya seperti memberi nutrisi pada tubuh Anda. Seperti bunga yang layu, Anda bisa merasakan diri Anda bangkit kembali.”

Juga, Patel merekomendasikan untuk membiasakan diri selalu menyimpan air di dekatmu. “Jangan menunggu sampai Anda haus [minum air,]” katanya. “Selalu baik untuk berlatih menyesap atau minum air atau minuman yang baik untuk Anda sepanjang hari. Cobalah untuk menambahkan cairan sepanjang hari Anda. Dan cairan bisa dikunyah seperti mentimun dan hummus karena mentimun adalah sumber air yang bagus.”

 

Sumber: wellandgood

Must Read

Related Articles