OUR NETWORK

Inbox Email Tidak Terkendali? Atasi dengan Tips Ini!

Mungkin terdengar sepele, tetapi isi chat messanger dan inbox email yang bersih dan rapi adalah salah satu kemewahan yang tidak dimiliki setiap orang. Coba deh intip email-mu, Ladies, mungkin akan ada ratusan bahkan ribuan pesan yang belum dibaca yang sebetulnya tidak begitu penting. Email-email tidak penting ini, apabila tidak ditangani, akan menenggelamkan email penting, seperti undangan wawancara kerja atau pengumuman kompetisi yang sedang kamu ikuti.

Baca juga: Merasa Email Kamu Sedang Dilacak? Hentikan dengan Cara Ini!

Sebetulnya kondisi inbox email yang berantakan ini termasuk normal alias hampir semua orang mengalaminya. Menurut penelitian perusahaan piranti lunak Workfront, seseorang menerima rata-rata 68 email terkait dengan pekerjaan mereka setiap harinya, dan sebagian besar dari email tersebut perlu untuk ditanggapi. Selain email pekerjaan, jangan lupakan juga email pribadi, email spam, hingga email dari web yang kamu subscribe, yang mungkin mengirimkan email setiap detiknya! Tidak heran deh kalau email-mu akhirnya memiliki ratusan penghuni. Untung saja ada cara untuk melawan dan menghentikan serbuan email tidak penting yang mengancam tersumbatnya kemajuan karier dan kehidupan pribadimu. Tenang, Ladies tidak membutuhkan waktu berjam-jam untuk menandai dan menghapusnya. Penasaran kan? Yuk simak caranya di bawah ini!

1. Gunakan Browser Extensions

Ada beberapa browser yang bisa Ladies pilih. Unroll.me dapat membantumu untuk unsubscribe dari berbagai email dalam satu waktu. Sementara itu Boomerang for Gmail akan mengarsipkan pesan dan membawanya kembali ke kotak masukmu di lain waktu. Checker Plus memungkinkan Ladies untuk menghapus dan merespon email tanpa membuka kotak masuk Gmail, dan membuatmu mendapatkan pop-up yang memuat pratinjau email. Intinya, Ladies tidak perlu menangani kotak masukmu sendiri berkat bantuan mereka. Keren kan!

2. Gunakan filter

Jika Ladies menggunakan Gmail, Ladies dapat membuat filter dengan memilih email yang ingin dihapus. Caranya, klik tiga titik pada inbox toolbar, kemudian pilih Filter Messages Like These. Nah dari situ kemudian Ladies bisa memfilter email berdasarkan subject, attachments, konten, dan pengirim. Selanjutnya, Ladies dapat menghapus semua pesan dari kategori yang sudah dipilih.

3. Unsubscribe alias berhenti berlangganan

Jika Ladies termasuk ke dalam orang yang dengan ringannya men-subscribe newsletter dari berbagai web, sebaiknya segera unsubscribe web-web yang tidak relevan dengan kehidupanmu. Memang tips ini tidak langsung membersihkan inbox-mu, tetapi percayalah, hal ini akan membantumu berhenti mendapatkan serbuan email.

4. Tanggapi pesan penting

Membalas email penting memanglah tugas yang tidak mudah, akan tetapi Ladies harus tetap melakukannya untuk melancarkan arus lalu-lintas dalam inbox email. Selain itu, hindari penggunaan email untuk mengirimkan to-do-list atau daftar pekerjaan. Alih-alih, gunakanlah aplikasi manajemen tugas seperti Asana atau Trello yang membantumu melacak perkembangan tugas dengan mudah.

5. Manfaatkan fitur pencarian

Apabila Ladies tidak ingin menggunakan fitur filter untuk menyortir email, gunakanlah search tool. Misalnya saja Ladies ketik “Jobstreet” pada inbox, maka Ladies akan mendapatkan ratusan hasil, dan dapat dengans egera menghapusnya. Cara ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama tetapi lebih fleksibel daripada filter.

Baca juga: Hadiah Ulang Tahun dari Gmail: Fitur Baru Schedule Email

Nah, selamat mencoba tips-tips tadi ya, Ladies!

 

Sumber: Bustle

Must Read

Related Articles