OUR NETWORK

Tanpa Disadari Bantal Kotormu Pengaruhi Kecantikan Rambut dan Kulit

Karena memiliki banyak pekerjaan di luar rumah, tanpa disadari kita seringkali mengabaikan kebersihan bantal dan guling yang digunakan setiap hari. Keringat, air liur, minyak, atau bahkan kotoran yang menempel bisa membawa pengaruh buruk untuk kulit dan rambut. Jika kamu memiliki cadangan bantal, ada baiknya untuk mengganti secara rutin ya. Jika tidak, hal-hal inilah yang akan terjadi pada kulit dan rambutmu.

Bisa Menyumbat Pori-Pori di Wajah

Berbagai kotoran yang menempel di bantal, jika terpapar di wajah akan menyumbat pori-pori. Kemungkinan besar terjadi karena kamu tidur dalam jangka waktu yang lama, 7-8 jam per hari atau 210-240 jam sebulan. Bayangkan jika wajahmu terpapar berbagai mikroorganisme dan bahan-bahan lainnya, pori-pori bisa tersumbat dan menyebabkan berbagai masalah lain di wajah. Mulai dari breakout, jerawat, komedo, dan lain-lain. 

Menyebabkan Breakout di Wajah dan Tubuh Bagian Belakang

Tanpa Disadari Bantal Kotormu Pengaruhi Kecantikan Rambut dan Kulit
Foto: simpliwow.com

Jika kamu tidur dengan menggunakan bantal kotor, bisa menyebabkan breakout yang parah pada wajah dan bagian belakang tubuh. Kotoran dan minyak yang terkumpul di sarung bantal akan bisa berpindah ke kulit. Jadi, meskipun kamu rutin mengenakan skincare tapi masih menggunakan bantal yang kotor, percuma saja… 

Baca juga: Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

Bisa Menyebabkan Kerutan

Kamu tidur dengan bantal kotor dan berbahan dasar katun? Siap-siap keriput segera menyergap. Kain yang kasar bisa menarik kulit dan membuatnya dalam kondisi yang tak sehat. Apa gunanya krim dan serum mahal pencegah keriput jika kamu masih meneruskan kebiasaan seperti ini? Ganti sarung bantal yang lebih lembut dari bahan satin ataupun sutra. Satu hal lagi, cucilah secara rutin.

Merusak Kelembapan Rambut

Tanpa Disadari Bantal Kotormu Pengaruhi Kecantikan Rambut dan Kulit
Foto: insider.com

Bahkan bantal yang bersih saja bisa sangat merusak kelembapan rambut. Saat proses tidur, kita tidak sadar bantal dan rambut saling tarik dan menekan. Keesokan harinya langsung membuat rambut jadi berantakan. Jika hal ini terus dibiarkan, rambut akan bercabang dan kering. Sarung bantal yang bahan kasar bisa merusak kealamian rambut dan menyedot kelembapannya. Hasilnya, rambut jadi kering dan rusak. Bayangkan jika bantal ini malah kotor? Bisa membuat ketombe dan masalah lainnya.

Baca juga: Waktu yang Tepat Mengganti dan Membersihkan Peralatan Tidurmu

Jangan sampai skincare mahalmu sia-sia ya, Ladies. Jaga kebersihan bantal dan rutin mengganti sarungnya. Cantik juga butuh usaha, bukan?

 

Sumber: annmariegianni, insider.com

Must Read

Related Articles