Dalam pergaulan, nggak semua orang mudah mendapatkan teman. Ada beberapa yang sulit mendapatkan teman dengan berbagai alasan. Karena memang wajar sih, sifat manusia yang berbeda-beda menjadi penyebabnya. Tapi tentu saja kita semua mau di kelilingi banyak teman yang baik dan loyal pastinya. Ternyata Ladies, ada trik psikologis yang bisa kamu coba untuk menambah teman lho. Yuk, ikuti tipsnya seperti di bawah ini.

1. Tiru lawan bicara

Ternyata Ada Trik Psikologis yang Bisa Kamu Coba untuk Menambah Teman
Foto: greatist.com

Cara mudah untuk mendapatkan teman yang pertama dalah dengan strategi mirroring atau meniru lawan bicara. Ketika berbicara dengan seseorang, cobalah untuk meniru body language, gesture, sampai dengan ekpresi wajah.  

Di tahun 1999, seorang perneliti dari Universitas New York mendokumentasikan ‘chameleon effect’ yang terjadi saat orang-orang tanpa sadar meniru perilaku masing-masing. Peneliti mengambil sampel 72 pria dan wanita yang bekerjasama mengerjakan tugas. Di akhir interaksi, para peneliti mendapatkan hasil para peserta cenderung menyukai pasangan ketika meniru perilaku mereka. Tentunya dengan taraf yang wajar ya, Ladies.

2. Luangkan waktu lebih banyak dengannya

Psikolog dari University of Pittsburgh melakukan penelitian dengan kesimpulan jika seseorang akan lebih mudah mengingat orang lain yang sering dilihat walapun mereka tidak pernah saling berinteraksi sama lain. Dan dengan kata lain orang-orang ini akan cenderung menyukai orang lain yang akrab dengan mereka.

3. Jangan segan puji orang lain

Ternyata Ada Trik Psikologis yang Bisa Kamu Coba untuk Menambah Teman
Foto: bellabeat.com

Menurut penulis buku The Happiness Project, Gretchen Rubin, apapun yang kamu katakana tentang orang lain memengaruhi bagaimana orang melihat dirimu. Jika kamu menggambarkan orang lain baik, orang juga akan menghubungkan kamu dengan kualitas itu. Oleh sebab itu Ladies, supaya kamu memiliki banyak teman, jangan segan memuji jika memang harus dipuji. Misalnya kamu memang menyukai penampilannya hari itu. Jangan segan untuk mengutarakannya. Tapi jangan sampai berlebihan, nanti dikira penjilat lho.

4. Hangat dan kompeten

Psikolog dari Princeton University menyebutkan jika orang-orang seringkali menilai orang lain dari kehangatan dan kompetensi mereka. Jika kamu bersikap hangat makan akan ditafsirkan jika kamu adalah orang yang ramah dan mereka akan mudah menjalin pertemanan denganmu. Jika kompeten, itu akan menjadi hal yang membuat orang-orang menghormati kamu tanpa perlu merasa sungkan berlebihan.

5. Sikap positif

Ternyata Ada Trik Psikologis yang Bisa Kamu Coba untuk Menambah Teman
Foto: snacknation.com

Sifat positif ini sangat baik untuk diterapkan karena tak bisa dipungkiri jika orang-orang akan cenderung menggambarkan sikap dan kepribadianmu sebagaimana sikapmu dalam berhubungan dengan orang lain. Jika bersikap positif yakni jujur, ramah, easy going dan lain sebagainya, maka orang-orang akan dengan senang hati berkawan bahkan bersahabat denganmu.

6. Memiliki kesaman pemikiran dan juga hobi

Ladies pernahkah kamu bertemu dengan seseorang mungkin di taman atau di lokasi lainnya kemudian terlibat pembicaraan yang intens karena membahas topik yang disukai? Nah, inilah yang juga bisa membuat seseorang mudah berteman dengan kamu. Memiliki pemikiran atau gagasan yang sama, sehingga nantinya di kemudian hari jika ngobrol itu akan nyambung.

7. Lakukan Skinship secara Lembut

Ternyata Ada Trik Psikologis yang Bisa Kamu Coba untuk Menambah Teman
Foto: media.buzzle.com

Sentuhan lembut, baik itu di pergelangan tangan ataupun juga lengan juga perlu sesekali kamu lakukan. Memang itu ringan namun ternyata memiliki pengaruh yang cukup besar bagi kamu yang akan menjalin pertemanan. Orang-orang akan merasa lebih dekat saat melakukan skinship, tapi pastikan dulu itu tidak masalah dilakukan, ya.

8. Tebar senyuman

Sebuah studi dari University Wyoming menghasilkan senyuman akan membuat orang mudah berbaur dengan kamu. Bahkan, studi lainnya menyebutkan ketika kamu tersenyum saat bertemu orang pertama kali, itu akan membuat mereka lebih mudah mengingatmu. Tersenyum juga akan membuat kamu terlihat ramah dan terbuka dengan hal-hal baru. Maka dari itu Ladies, jangan malas untuk selalu tebar senyuman ya.

9. Tunjukkan bahwa kamu bisa pegang rahasia

Ternyata Ada Trik Psikologis yang Bisa Kamu Coba untuk Menambah Teman
Bisik-bisik tetangga. Foto: theatlantic.com

Siapa sih yang nggak mau memiliki teman atau sahabat yang bisa jaga rahasia dengan baik? Nah, ini merupakan salah satu trik yang bisa kamu lakukan. Jika seseorang sudah percaya denganmu, menjalin hubungan pertemanan atau  hubungan yang lebih dalam akan jauh lebih mudah.

10. Memiliki selera humor yang baik

Sebuah penelitian dari Illinois State University dan California State University menyebutkan jika, saat orang-orang memikirkan pasangan atau teman ideal, selera humor juga merupakan salah satu hal yang tak bisa diabaikan. Lebih jauh lagi dengan humor orang akan lebih menghargai dan senang dengan kamu.

Bagaimana Ladies, apakah kamu sudah siap buat menambah teman hari ini?

Sumber: Science Alert, Foto cover: psychologies.co.uk

Komentar Kamu
Loading...