Memiliki rambut cantik dan terawatt merupakan keinginan semua wanita ya, Ladies. Ditambah lagi rambut panjang dan lurus, sepertinya banyak digilai dan dijadikan tolak ukur. Namun sayangnya, ada beberapa hal yang mungkin tanpa kamu sadari menjadi pemicu rusaknya rambut. Contohnya saja kebiasan-kebiasaan buruk saat mejelang tidur. Berikut ini kebiasaan-kebiasaan tidur yang perlu kamu hindari agar rambut senantiasa sehat dan tak rusak.

Kuncir Kuda Saat Tidur

Hindari Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur Ini Agar Rambut Tak Rusak-e
Foto: popsugar.com

Idealnya rambut perlu digerai saat tidur agar bisa bernafas sampai ke akar-akarnya. Bayangkan saya sudah seharian penuh rambut dikuncir atau ditata sedemikian rupa, rambut juga butuh waktu istirahat. Bayangkan saja jika masih tidur saja juga dikuncir, lama kelamaan akan datang banyak masalah. Awalnya kerontokan, namun lama kelamaan akan merambat ke masalah yang lainnya.

Tidur Saat Rambut Basah

Hindari Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur Ini Agar Rambut Tak Rusak-e
Foto: mysleepcoach.com

Saat basah, rambut dalam kondisi yang sangat rapuh. Dan gesekan dengan sarung bantal ataupun juga sprei bisa saja menjadi pemicu kerontokan. Selain itu gesekan sarung bantal juga menyebabkan minyak alami rambut jadi terkikis, oleh sebab itulah selalu usahakan agar rambut tetap kering sebelum tidur.

Tidak Menyisir Rambut

Hindari Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur Ini Agar Rambut Tak Rusak-e
Foto: rd.com

Karena saking lelahnya, terkadang kita tidur tanpa menyisir rambut terlebih dahulu ya, Ladies. Jika sesekali sih nggak akan jadi masalah ya. Tapi, jika kebiasaan buruk ini berlarut-larut jangan kaget jika nanti rambut akan mulai bercabang dan kusam. Nah, usahakan buat selalu sisir rambut sebelum tidur ya.

Pakai Alas Bantal Berbahan Katun

Hindari Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur Ini Agar Rambut Tak Rusak-e
Foto: goodhousekeeping.co.uk

Bahan katun akan mengikis kelembaban rambut dan membuatnya kering sehingga rentan dengan kerusakan. Dan lebih buruknya lagi, kamu berguling-guling di atas sarung bantal yang terbuat dari katun yang menyebabkan banyak gesekan yang semakin membuat rambut rusak. Dibanding menggunakan sarung bantal berbahan katun, pilihlah yang terbuat dari sutra ataupun juga satin. Atau setidaknya yang tidak 100% berbahan katun.

Malas Mengganti Sarung Bantal

Hindari Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur Ini Agar Rambut Tak Rusak-e
Foto: saludmovil.com

Bagi Ladies yang saat ini masih malas untuk mengganti sarung bantal, duh kurang-kurangin ya malesnya. Karena tak bisa dipungkiri jika penggunaan sarung bantal yang kotor ini merupakan penyebab munculnya ketombe. Dan pastinya ini akan sangat menggangu yang mengurangi kepercayaan diri kamu ya. Maka dari itu, rutin ganti sarung bantal ya, cantik…

Nah, jika sudah tahu kebiasaan-kebiasaan buruk sebelum tidur yang bisa menyebabkan rambut rusak, jangan dilakukan lagi ya, Ladies. Hal itu dilakukan semata-mata agar rambut bisa sehat cantik dan berkilau alami. Tentunya diiringi dengan perawatan yang tepat juga.

Sumber: Bustle, Foto cover: goodhousekeeping.com

Komentar Kamu