Tubuh Fit Sepanjang Hari dengan Melakukan 4 Langkah Ini Setiap Pagi

Sekilas tampak sederhana, tapi ternyata, beberapa jam pertama yang terjadi setiap pagi tepat saat kamu terbangun, akan mempengaruhi suasana hatimu sepanjang hari. Oleh karena itu, penting untuk melakukan rutinitas yang dapat mendukung kesehatan mental dan fisikmu untuk memulai hari. Dalam hal ini, para ahli merekomendasikanmu untuk melakukan beberapa rutinitas yang memusatkan pada peningkatan kesehatan usus setiap pagi, seperti yang dilansir dari Mind Body Green berikut ini, Ladies.

1. Hidrasi tubuh dengan mengonsumsi air

Alih-alih segera meraih handphone, ahli diet Jess Cording, menyarankanmu untuk menghidrasi tubuh dengan mengonsumsi air tepat setelah bangun tidur. Tindakan ini dapat membantu mencegah sembelit. Apalagi jika air yang kamu minum ialah air hangat, pencernaanmu akan lebih lancar. Di samping itu, Cording juga menyarankanmu untuk meminum segelas air setiap kali makan dan satu di antaranya agar tingkat hidrasi tubuhmu tetap terjaga sepanjang hari.

2. Libatkan konsumsi probiotik

Sebagaimana fungsinya, probiotik berfungsi untuk mengatasi kembung, ketidaknyamanan perut, dan pencernaan. Dengan mengonsumsinya setiap pagi didampingi segelas air pertama akan mendukung kesehatan usus. Rutinitas ini dinilai ahli diet, Maggie Michalczyk, sangat penting. Mengingat, pencernaan dan sistem kekebalan tubuh yang sehat dapat mempengaruhi suasana hati.

Meminumnya tepat saat bangun tidur ketika perut kosong, juga dinilai sebagai saat yang tepat untuk mengoptimalkan efektivitas dari probiotik. Hal ini telah terbukti dari salah satu studi yang menunjukkan, probiotik dapat bertahan jika diminum 30 menit atau langsung sebelum makan.

Baca juga: Kenali Probiotik dan Manfaatnya Lebih Dalam, Yuk!

3. Kelola stres

Tubuh Fit Sepanjang Hari dengan Melakukan 4 Langkah Ini Setiap Pagi
Foto: 1life.co.za

Otak merupakan pusat kendali tubuh, maka, begitu tubuh merasa stres, hal itu akan langsung memengaruhi kesehatan usus dan pencernaan. So, kamu perlu melatih tubuhmu untuk mengelola stres. Luangkan waktu pagimu selama beberapa menit untuk melakukan meditasi, yoga, atau berdiam diri menikmati me time-mu sejenak. Ini berguna untuk mengelola kecemasan yang mungkin muncul ketika kamu baru saja bangun.

Setelah itu, untuk mencegah stres muncul saat kamu akan memulai kegiatan, Mizhalczyk merekomendasikanmu untuk membuat to-do list tugas-tugas terpenting yang perlu kamu lakukan hari itu. Hal ini dinilai dapat mengurangi beban tanggung jawabmu di kemudian hari yang secara langsung akan berdampak baik pada pikiran dan mencegah munculnya stres yang biasanya ditandai dari kacaunya sistem gastrointestinal.

4. Jangan lupa banyak mengonsumsi serat

Konsumsi serat yang banyak dapat membantu menjaga kadar gula darah, menjaga tubuh tetap merasa kenyang, dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Cording menyarankan untuk mengonsumsi sekitar 7-10 gram serat untuk sarapan pagimu. Kamu bisa memulainya dengan mengonsumsi campuran sisa sayuran dan telur, atau smoothie dengan kembang kol beku, sayuran hijau, setengah buah alpukat, setengah pisang beku, dan biji chia.

Baca juga: Enak, Segar, dan Menyehatkan! Ini 7 Manfaat Green Smoothies

Well, memang memulai rutinitas di pagi hari akan menjadi hal yang sulit bila belum terbiasa melakukannya. Namun, hanya dengan empat langkah sederhana dari ulasan di atas ini dapat membantu meningkatkan kesehatan usus sekaligus tubuhmu fit sepanjang hari, sehingga kegiatan apapun yang perlu kamu lakukan hari itu dapat berjalan lancar tanpa terganggu dengan kondisi tubuh dan mood yang buruk. So, selamat mencoba, Ladies.

 

 

Sumber: Mind Body Green

Must Read

Related Articles