OUR NETWORK

Enak, Segar, dan Menyehatkan! Ini 7 Manfaat Green Smoothies

Enak, Segar, dan Menyehatkan! Ini 7 Manfaat dari Green Smoothies
Sumber: thedailymeal.com

Sudah pernah coba green smoothies? Smoothies dari sayur-sayuran hijau, buah, dan juga berbagai tambahan lain ini sedang menjadi tren tersendiri. Bukan hanya memiliki rasa yang enak dan juga menyegarkan. Smoothies hijau ini juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Terbuat dari sayur-sayuran hijau, mulai dari bayam, kale, sampai selada dan juga parsley alias peterseli. Ditambah dengan berbagai jenis buah-buahan, sepertinya tak meragukan lagi bahwa green smoothies akan menyehatkan. Meski sepertinya, banyak orang tak tahu apa sih sebenarnya manfaat yang akan diberikan dari meminum jus hijau ini secara teratur.

Jus hijau dipercaya memiliki berbagai manfaat berbeda. Tergantung dari komposisi dan percampuran apa yang ditambahkan. Minuman dengan rasa menyegarkan ini dipercaya dapat bekerja mendetoksifikasi tubuh dari racun-racun serta radikal bebas. Selain itu, manfaat lain yang diberikan seperti memperlancar pencernaan, meningkatkan energi tubuh, sampai untuk kulit cerah.

Baca juga: 5 Resep Smoothies yang Punya Khasiat untuk Kulit

Menarik bukan? Nah bila saat ini kamu sudah mulai tergoda untuk mengumpulkan sayuran dan buah di dapur untuk membuat jus, ketahui dulu manfaat lengkap dari green smoothies.

Enak, Segar, dan Menyehatkan! Ini 7 Manfaat dari Green Smoothies
Sumber: thedailymeal.com

1. Menghadirkan nutrisi murni

Selain sayuran hijau, buah-buahan seperti apel, pisang, alpukat, dan mangga juga sering ditambahkan ke dalam jus. Buah-buahan dan juga sayuran yang digunakan dalam green smoothies nyaris semua kaya akan vitamin dan nutrisi. Terutama vitamin C, A, dan juga E.

Kandungan nutrisi yang ada dalam segelas jus hijau memang tergantung dari jenis sayur dan buah yang disertakan. Namun yang pasti, keunggulan dari jus hijau ini salah satunya menghadirkan nutrisi murni.

2. Lebih sehat dari pada jus biasa

Green smoothies bukan hanya menawarkan vitamin serta nutrisi yang ada dalam sayur serta buah. Melainkan juga serat. Kandungan serat ini yang menjadikan smoothies lebih sehat dari pada jus buah atau pun jus sayuran biasa.

3. Cara mudah makan sayur

Untuk kalian yang sulit mengkonsumsi sayuran, meminum jus hijau bisa jadi pilihan. Smoothies memberikan nutrisi dan vitamin lengkap dari sayur, tanpa perlu harus memakan secara langsung. Ini menjadi jawaban paling tepat untuk kalian yang tak suka atau bahkan jarang makan sayur secara rutin.

4. Cepat dan mudah dibuat

Satu-satunya alat yang diperlukan untuk membuat smoothies ini hanya blender. Cara membuat yang mudah dan cepat sepertinya menjadi keunggulan tersendiri. Tinggal campurkan sayur dan buah yang ada kemudian… blender.

Tak ada alasan lagi untuk tidak makan sayur dan buah, bukan?

Enak, Segar, dan Menyehatkan! Ini 7 Manfaat dari Green Smoothies
Sumber: thedailymeal.com

5. Pas untuk anak-anak

Untuk anak-anak yang tak suka makan sayur, smoothies hijau juga akan menjadi jawaban. Meski untuk konsumsi anak-anak, komposisi antara sayur dan buah mungkin perlu ditingkatkan menjadi 70 banding 30. Dari pada komposisi normal 60 banding 40.

Sehingga rasa manis dan segar dari buah akan lebih mendominasi dari rasa sayur di dalam smoothies.

6. Memberikan energi

Banyaknya kandungan nutrisi serta serat dalam smoothies ini memberikan energi tahan lama. Mengkonsumsi buah memang akan memberikan energi. Namun tingginya kandungan gula dalam buah membuat energi cepat hilang.

Keadaan ini dinetralkan dengan campuran sayur di dalam smoothies. Sehingga energi yang didapatkan tubuh lebih tahan lama.

7. Mengenyangkan namun rendah kalori

Green smoothies juga menjadi alternatif makanan diet yang tepat. Rasa yang enak dan menyegarkan, serta kalori rendah membuat smoothies dari sayur-sayuran menjadi menu sarapan pas saat diet. Terutama pula, smoothies ini juga memberi rasa kenyang.

Untuk membuat green smoothies, ada beberapa campuran serta resep yang bisa diikuti. Salah satunya menu Mint Chip Smoothie, yang disebut-sebut sebagai superfood dengan rasa sangat enak.

Enak, Segar, dan Menyehatkan! Ini 7 Manfaat dari Green Smoothies
Sumber: thedailymeal.com

Resep untuk membuat Mint Chip Smoothie:

  • 2 cup bayam beku
  • 2 cup pisang beku
  • 1/4 cup kacang mete
  • 3 sendok makan cokelat bubuk
  • 2 sendok makan daun mint segar yang dicincang
  • 1 sendok teh ekstrak vanila
  • 2 cup susu
  • 1/2 cup air kelapa
  • Pemanis (optional)

Semua bahan dicampur di blender sampai halus. Berikan pemanis sesuai keinginan. Setelah itu, tinggal disajikan dengan choco cips.

Enak dan segar, serta pastinya sih, menyehatkan!

 

 

Resep: vegkitchen.com, vegkitchen.com

Comments

Loading...