OUR NETWORK

Pentingnya Minta Izin Sebelum Curhat Ke Teman Dekat Sekali pun

Pentingnya Minta Ijin Sebelum Curhat Ke Teman Dekat Sekali pun
Foto: unsplash.com

Mungkin kamu lagi stress dan banyak pikiran sehingga butuh banget untuk curhat dan mengeluarkan isi hati kamu. Kamu pun langsung terpikir akan teman dekat kamu yang kamu kenal sebagai pendengar yang baik. Apakah kamu tipe yang langsung mengirim pesan tentang masalah kamu atau kamu tanyakan dulu apakah teman kamu tersebut ada waktu atau tidak?

Kecuali hal-hal urgent yang menyangkut keselamatan diri, sebaiknya kamu minta ijin sebelum curhat ke temen kamu nih, Ladies. Alasan mengapa kamu perlu minta ijin sebelum curhat.

1. Mendengarkan orang lain secara emosional menguras tenaga

Pentingnya Minta Ijin Sebelum Curhat Ke Teman Dekat Sekali pun
Foto: unsplash.com

Di saat kamu curhat, tentunya kamu ingin didengarkan dan ditanggapi kan. Nah ada beban emosional atau emotional labor yang teman kamu akan tanggung. Bukan berarti pertemanan kamu tidak tulus ya, Ladies. Tapi memang seperti itu, Ladies.

Nyatanya mendengarkan orang lain dan memberi respon, tidak peduli seberapa sayangnya kamu pada mereka, pasti akan menguras tenaga, emosi, juga bisa membuat stress. Oleh karena itu ladies, minta ijin dulu ya sebelum kamu curhat.

2. Pentingnya membuat batasan demi kebaikan diri sendiri

Pentingnya Minta Ijin Sebelum Curhat Ke Teman Dekat Sekali pun
Foto: unsplash.com

Teman kamu bukan terapis pribadi kamu. Camkan itu baik-baik, Ladies. Mereka punya kehidupan yang perlu mereka urus. Jadi jika teman dekat kamu sedang ingin sendiri dulu dan tak bisa diganggu, berikan waktu, Ladies. Percaya deh sahabat kamu pasti akan menelpon setelah me-time dan masalah hidup mereka selesai untuk mendengarkan curhat kamu.

3. Batasan tidak berarti kamu egois, justru meningkatkan rasa empati

Pentingnya Minta Ijin Sebelum Curhat Ke Teman Dekat Sekali pun
Foto: unsplash.com

Ketika kamu membatasi diri, bukan berarti kamu egois. Justru itu adalah bentuk empati dan pengertian bahwa hidup manusia kadang berkelompok, kadang individual. Pertemanan berjalan dua arah, kadang kamu memberi bantuan, kadang kamu juga butuh dibantu. Dengan mengerti batasan diantara kalian, kamu bisa memberikan perhatian yang cukup, sesuai dengan kadar yang dibutuhkan teman kamu. Perhatian berlebihan juga nggak baik Ladies, begitu pun jika kamu kurang perhatian dengan teman kamu.

4. Curhat lebih baik saat kedua belah pihak ada di momen tersebut

Pentingnya Minta Ijin Sebelum Curhat Ke Teman Dekat Sekali pun
Foto: unsplash.com

Ketika kamu sedang krisis dan butuh curhat, tentu kamu ingin didengarkan dengan perhatian penuh. Jika teman kamu juga sedang mengalami kesulitan dalam hidupnya, tentu mereka tidak akan fokus mendengarkan curhatan kamu.

Baca juga: Ini Nih Alasan Kenapa Kita Para Cewek Perlu Curhat Kepada Sahabat

Intinya, jika kamu sedang mengalami masalah dan butuh curhat, bukan berarti teman kamu harus saat itu juga ada untuk kamu. Kamu bisa meminta pertolongan mereka tapi jangan paksa mereka selalu ada untuk kamu.

Kamu pun tidak harus selalu ada di hidup mereka, tapi pastikan mereka tahu bahwa kalian bersedia dimintai tolong dan mendengarkan curhat mereka, walaupun tidak di saat itu juga.

 

Sumber: mindbodygreen

Comments

Loading...