OUR NETWORK

Ingin Hemat Listrik? Lakukan 4 Tips Sederhana Ini

Membayar tagihan listrik bulanan sudah jadi rutinitas sekaligus pengeluaran wajib tiap bulannya. Yang bikin senewen adalah kalau tiba-tiba saja tagihan listrik membludak. Padahal, kita sudah berusaha berhemat. Memang bikin kesal. Makanya tak jarang, orang memilih menggunakan kapasitor untuk menurunkan tagihan listrik yang membengkak. Wait, ladies! Jangan terburu-buru pasang alat ini ya. Kalian bisa menghemat tanpa menggunakan alat, cukup dengan lakukan hal-hal sederhana berikut ini!

1. Cabut segala colokan kabel dari saklar jika tak digunakan

Kebiasaan membiarkan colokan charger hape atau charger laptop menancap di saklar rupanya kebiasaan buruk yang bisa bikin tagihan listrik bulanan kalian membengkak. Pasalnya, listrik akan tetap mengalir meskipun tidak sedang digunakan. Lisrik pun akhirnya terbuang sia-sia dan alhasil kepala pening karena listrik membludak. Sebuah studi di tahun 2012 menyebutkan kalau charger yang sedang nggak dipakai tapi terhubung ke listrik tetap menyedot daya 0,26 watt loh. Jadi, jangan lupa mencabut colokan charger, laptop, dan colokan kabel lainnya jika sudah tak digunakan ya, ladies.

2. Matikan lampu di saat-saat tertentu

Salah satu alat elektronik yang banyak menghabiskan penggunaan aliran listrik adalah lampu, apalagi dengan penggunaan lampu yang tidak efisien. Salah satu kebiasaan pemborosan listrik adalah dengan menyalakan lampu di siang hari. Sebisa mungkin matikan lampu di siang hari dan di saat kalian tak menggunakannya. Jangan lupa pula matikan lampu saat kalian bepergian, nyalakan yang perlu saja. Selain itu, mematikan 2 lampu antara pukul 17.00 hingga 22.00 juga terbukti bisa mengurangi tagihan loh. Misalnya di jam segitu, aktivitas di dapur sudah berkurang. Paling bolak-balik ambil cemilan dan minum. Jadi, bisa dimatikan aja lampunya.

3. Pilih setrika dengan pengaturan panas otomatis

Kalian juga bisa berhemat dengan menggunakan setrika dengan pengaturan panas otomatis. Jika aliran listrik yang masuk sudah cukup membuat setrika panas, maka ia akan mati sendiri dan otomatis listrik tidak akan mengalir. Jadi, tak ada salahnya jika sekarang Anda mulai membeli barang-barang dengan prinsip kerja otomatis seperti setrika tersebut. Lumayan bisa hemat listrik kan, ladies?

4. Matikan alat elektronik yang tak diperlukan sebelum tidur

Kebiasaan baik yang bisa kalian lakukan di rumah untuk menghemat pengeluaran akibat listrik membengkak adalah dengan mematikan barang-barang elektronik yang tak dibutuhkan sebelum tidur. Selain bisa menghemat listrik, cara ini juga bisa menjaga kalian agar tetap aman dari risiko arus pendek atau korslet listrik yang bisa menyebabkan kebakaran.

Jadi, jangan ada lagi yang namanya charging hape sambil ditinggal tidur dan baru dicabut esok paginya, ya…

 

Sumber: bchydro.com, cnet.com

 

Comments

Loading...