OUR NETWORK

Kurangi Stres Persiapan Pernikahanmu dengan 5 Cara Ini

Kurangi Stres Persiapan Pernikahanmu dengan 5 Cara Ini
Foto: pexels.com

Mengurus perencanaan hingga persiapan langsung pernikahanmu memang akan banyak menyita waktu dan tenaga, bahkan dapat membuatmu stres. Mengingat hari itu akan menjadi momen penting dalam hidupmu, tentunya kamu akan bekerja sangat keras dalam persiapannya. Mulai dari menyiapkan daftar undangan, menyewa tempat, mengelola dekorasinya, dan tentu saja seseorang yang akan kamu nikahi. Akan tetapi, dengan kerasnya proses persiapannya, tentunya kamu tidak ingin saat hari H kamu malah berada dalam keadaan kelelahan dan stres berlebihan, bukan? Oleh karena itu, dilansir dari Elitedaily, berikut ini terdapat beberapa tips yang dapat membantu perencanaan persiapan pernikahanmu, Ladies. Tentunya akan mengurangi tingkat stresmu, sehingga kamu dapat menikmati pernikahanmu dengan tenang.

Baca juga: Tips Mempersiapkan Pernikahan di Tengah Kesibukan Pekerjaan

1. Sewa Wedding Planner

Kurangi Stres Persiapan Pernikahanmu dengan 5 Cara Ini
Foto: pexels.com

Menyewa jasa wedding planner atau wedding organizer (WO) dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat kamu pertimbangkan untuk mengurangi beban stresmu dalam mempersiapkan pernikahanmu, Ladies. Pendiri Blackbag Productions, Kim Moss, mengatakan, para professional yang bekerja dalam wedding planner tersebut akan mengelola pernikahanmu dengan baik sehingga kamu dapat tenang pada hari pentingmu tersebut. “Ini adalah tugas di mana profesional dibayar. Merkea akan memberikan sesuatu yang membebaskan stres dan memberikan hasil luar biasa,” jelasnya.

Senada dengan Moss, Pendiri Elegant Occasions, JoAnn Gregoli, mengatakan pada Elite Daily bahwa jasa ini dibutuhkan khususnya jika kamu akan melaksanakan pernikahan di rumah. Menurutnya, para professional akan melakukan perencanaan secara detail, dari acara utama, hingga ke hal-hal detail seperti pembuangan sampah, lokasi septik, penghitung sprinkler, dan lainnya.

2. Pilih Tanggal yang Tepat

Mengingat persiapannya yang panjang, akan lebih menenangkan jika kamu memilih tanggal pernikahan yang cukup jauh dari tanggal pertunanganmu. Begitu juga yang dikatakan oleh pendiri Bravo Production, Greg Jenkins. Menurutnya, tanggal pernikahan yang cukup jauh tidak hanya akan mematangkan persiapan yang dilakukan, tetapi juga menjaga pola tidurmu tanpa harus kehilangannya selama berbulan-bulan. “Bagi mereka yang percaya pekerjaan terbaik harus dilakukan di bawah tekanan dan stres, pernikahan bukanlah kesempatan untuk menguji teori,” ucapnya. Jangka waktu yang cukup panjang ini juga dapat mengurangi kecemasan dan tingkat stres pada tubuh, sehingga kamu dapat bekerja secara lebih maksimal.

3. Sesuaikan dengan Budget

Kurangi Stres Persiapan Pernikahanmu dengan 5 Cara Ini
Foto: pexels.com

Kebanyakan orang menginginkan pernikahan yang mewah karena ini adalah salah satu momen penting yang membahagiakan dalam hidupnya, ia ingin membuat kenangan terbaik. Akan tetapi, kamu perlu menyesuaikannya dengan budget yang kamu dan pasanganmu miliki, Ladies. Tentunya kamu tidak ingin berakhir tidak memiliki uang sepeser pun bahkan berhutang setelah hari pernikahanmu, bukan? Penyesuaian keuangan dengan konsep pernikahan memang seringkali rumit. Namun, hal ini perlu diperhatikan dengan baik, Ladies. Pasalnya, bisa jadi ada beberapa hal dalam paket pernikahan mewah yang sebenarnya tidak begitu kamu perlukan dalam konsep pernikahanmu. Menurut ahli, melakukan penyesuaian anggaran dan realitas secara detail dan baik diyakini dapat mengurangi tingkat stres proses serta pasca pernikahanmu, Ladies.

4. Jangan Bandingkan Pernikahanmu dengan Orang Lain

Salah satu pendorong kuat yang memicu seseorang yang akan menikah ialah membandingkan rencana pernikahannya dengan pernikahan orang lain. Oleh karena itu, Moss menyatakan, ketika mempersiapkan pernikahan, kamu perlu mengingat bahwa ini adalah momen pentingmu, bukan orang lain. Jadi, tidak perlu membandingkan bahkan menyamakannya dengan orang lain. “Pernikahan mencerminkan siapa kalian berdua dan bukan gambaran tentang apa yang kamu pikir pernikahan seharusnya,” ucapnya. Proses ini memang akan sulit diatas, mengingat banyaknya gambaran pernikahan orang lain yang kamu lihat secara langsung maupun via media sosial. Namun, pada akhirnya, yang paling penting dalam sebuah pernikahan ialah menunjukkan secara jujur siapa diri kalian berdua karena hal ini juga akan membantu orang-orang yang diundang merasa familiar dan semakin mengenal kalian berdua.

5. Jujur Kepada Anggota Keluarga

Kurangi Stres Persiapan Pernikahanmu dengan 5 Cara Ini
Foto: moneywise.co.uk

Anggota keluarga ialah beberapa orang yang akan menjalankan peran besar dalam pernikahanmu, tidak hanya pada hari H, melainkan juga pada persiapannya. Tak jarang anggota keluarga akan melibatkan diri secara langsung dalam perencaan pernikahanmu, bahkan mengubah seluruh rencana pernikahan yang telah kamu siapkan. Meski berniat baik, seringkali hal ini justru membuatmu semakin stres.

“Salah satu kesalahan terbesar dalam perencanaan pernikahan ialah memiliki terlalu banyak pendapat yang terlibat dalam proses pengambilan keputusan. Ketika ibu, ayah, nenek, saudara, bibi, mertua mengatakan keinginannya, hal ini akan menjadi semakin rumit dan membuat stres besar bagi pasangan pengantin,” jelas Moss.

Baca juga: Hindari 9 Kesalahan Gaya Rambut Ini Menjelang Pernikahanmu

Jika kamu tengah berada dalam situasi ini, langkah terbaik yang dapat kamu lakukan untuk kenyamanan bersama ialah menghargai setiap pendapat tersebut dan bersikap jujur mengenai rencana pernikahanmu, atau mungkin mendiskusikannya dengan mengutamakan rencana yang telah kamu siapkan. Meski hal ini akan sulit dilakukan, namun, hal ini penting dilakukan, mengingat ini adalah momen penting dalam hidupmu.

Selain memberikan kebahagiaan, pernikahan juga dapat menjadi sumber stres bagi banyak orang, khususnya pada perencanaan pernikahan. Meski begitu, jangan biarkan proses ini membuatmu stres bahkan sampai mengurungkan pelaksanaan pernikahanmu. Dengan menerapkan beberapa tips di atas, tidak menutup kemungkinan kamu dapat menikmati pengalaman perayaan pernikahan yang menyenangkan dan menenangkan hati, Ladies.

 

Sumber: Elite Daily   Foto cover: pexels.com

Comments

Loading...