OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Cara Katakan Tidak dengan Sopan bagi Kamu Orang Enggak Enakan

Katakan tidak pada orang lain adalah hal yang sulit dilakukan oleh kamu orang yang enggak enakan. Tanpa sadar kamu akan terus mengatakan iya pada orang lain karena takut mengecewakan mereka. Terlebih kalau mereka merupakan orang terdekat kita. Sehingga, ini akan membuat kamu terus memenuhi permintaan mereka tanpa memikirkan kepentingan diri kamu sendiri.

Bahkan, lama kelamaan ini akan menjadi suatu kebiasaan untuk kamu loh. Nah, hal inilah yang harus dirubah ya, Ladies. Ketika kamu tidak bisa atau tidak mau memenuhi permintaan orang lain, kamu bisa mengatakan tidak dan menolaknya dengan sopan ya. Untuk itu, yuk simak bagaimana sih membuat diri dapat mengatakan tidak tanpa merasa gak enak?

Kapan kamu harus katakan tidak pada orang lain?

Cobalah katakan tidak
Sumber: pexel.com

Ini sangatlah penting untuk diperhatikan bagi kamu orang yang enggak enakan. Untuk menolak atau mengatakan tidak merupakan kekhawatiran tersendiri karena takut akan mengecewakan orang lain. Untuk itu, kamu harus mengetahui saat yang tepat untuk menolak permintaan dari orang lain.

Kamu harus mempertimbangkan dahulu apakah permintaan itu sulit untuk dilakukan atau tidak. lalu, apakah permintaan tersebut akan banyak menyita waktumu, sehingga membuatmu mengabaikan urusan kamu sendiri. Ketika hal itu akan terjadi, kamu bisa katakan tidak dengan sopan kepada mereka. Orang lain akan menerimanya ketika kamu memiliki alasan yang jelas ya, Ladies.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui peluang seperti apa ketika kamu menolaknya. Karena hal ini bisa saja merupakan kesempatan yang penting bagi kamu kedepannya. Namun, tentu saja kamu tetap harus memprioritaskan kepentingan diri kamu terlebih dahulu ya Ladies.

Cara katakan tidak dengan sopan

Katakan tidak pada orang lain
Sumber: istockphoto.com

Ketika menolak orang lain, kamu harus melakukannya dengan hati-hati untuk mencegah mereka tersinggung dan kecewa. Nah, ada berikut adalah cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk katakan tidak dengan sopan.

Baca juga: 5 Cara Elegan dan Sopan Menolak Ajakan Buka Bersama

1. Katakan maaf dan tolak dengan jelas

Jika kamu harus telah memutuskan untuk menolak, kamu bisa melakukannya dengan mengatakan maaf terlebih dahulu. Setelah itu, kamu harus mengatakan tidak atau menolak mereka secara jelas. Gunakanlah nada yang lembut untuk mencegah mereka tersinggung akan penolakanmu.

2. Berikan alasan yang jelas dan jujur 

Berilah alasan yang jelas dan jujur ketika kamu menolak. Sehingga, hal ini akan membuat mereka memahami mengapa kamu tidak bisa memenuhi permintaan mereka. Namun, hindari membuat alasan yang berbelit-belit ya Ladies, karena hal ini akan membuat mereka curiga bahwa kamu sengaja berbohong untuk menolak. Cukup ajukan alasan yang jelas dan sederhana agar mereka mudah mengerti.

3. Akhiri dengan sopan saat katakan tidak pada orang lain

“Terima kasih telah memikirkanku” atau “itu adalah proyek yang hebat”, ini adalah contoh beberapa kata yang dapat kamu gunakan untuk terlihat lebih sopan. Sehingga, ketika mengatakan tidak dan menolak mereka, kamu tidak terlihat kasar dan enggan untuk membantu.

4. Ajukan alternatif lain

Ketika tidak bisa memenuhi permintaan mereka, kamu bisa memberi opsi waktu lain saat kamu senggang. Sehingga, hal tersebut tidak mengganggu kepentingan dan aktivitas kamu. Cobalah untuk berkompromi dalam mencari alternatif lain.

5. Pahami strategi orang lain

Terkadang, tak jarang pula kita menemukan orang yang memaksa. Jika empat poin di atas tidak berhasil, yang harus kamu lakukan adalah memahami strategi orang tersebut. terdapat beberapa strategi paling umum untuk membuat kamu mengatakan ya, yaitu:

  • Mengatakan bahwa ini urgensi
  • Memberikan tekanan sosial, yaitu membandingkan dengan orang lain
  • Mengatakan hanya kamu satu-satunya yang bisa membantu
  • Memberikan penawaran dengan hal yang membuatmu tergiur

Beberapa contoh tersebut yang kamu harus analisa sebelum mengambil keputusan untuk katakan tidak pada orang lain. Kamu harus memahami apa yang benar-benar bermanfaat bagi kita. Sehingga, kamu tidak mengabaikan kepentingan dan urusan kamu sendiri ya Ladies.

 

Sumber: flowrite

Must Read

Related Articles