OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Pelatihan Digital dalam Program Flores Go Digital 1.0 Hasil Kolaborasi SOS Children’s Villages dan Allianz

Program Flores Go Digital 1.0 merupakan hasil kolaborasi SOS Children’s Villages dan Allianz untuk memberikan kegiatan pelatihan terkait dunia digital. Program ini akan dilaksanakan selama setahun penuh di SOS Children’s Villages Flores mulai dari Juni 2022 hingga Juni 2023. Program ini memiliki tujuan untuk menutup kesenjangan digital dan mempersiapkan anak serta remaja dalam pemanfaatan media digital.

Kegiatan pelatihan ini akan diisi dengan sesi mentoring tematik oleh sukarelawan Allianz Indonesia. Dengan mengkhususkan pemberian pelatihan kepada anak usia 6-14 tahun, remaja usia 15-24 tahun, dan para pengasuh yang mendampingi perkembangan anak. Sehingga, program ini akan dapat mengedukasi untuk memanfaatkan dunia digital ke depannya.

Baca juga: 5 Skill Penting Yang Harus Kamu Persiapkan di Masa Yang Akan Datang

Program Flores Go Digital 1.0 sebagai bekal dalam dunia digital

Persiapan Program Flores Go Digital1.0Pademi COVID-19 telah membawa dampak bagi banyak siswa dan guru yang berpenghasilan rendah. Ini akibat sulitnya memiliki akses perangkat dan keterampilan dalam dunia digital. Bahkan, menurut data SOS Children’s Village Flores, hanya 10-15% dari seluruh anak yang memiliki kemampuan dasar ilmu teknologi.

Kurangnya sarana dan prasarana di daerah ini, juga menjadi penyebab rendahnya pengetahuan teknologi di masyarakat. Sehingga, SOS Children’s Villages dan Allianz berkolaborasi untuk memberikan akses berupa pelatihan keterampilan terkait dunia digital yang dibutuhkan dalam era digital saat ini.

Seperti yang dikatakan oleh Project Manager Flores Go Digital 1.0., Antonius Sugihartono mengatakan, “Dengan terbatasnya sumber daya pelatihan di Flores, kolaborasi dengan Allianz ini seperti angin segar bagi kami dalam mendapatkan ilmu baru. Harapan kami setelah berakhirnya program ini, anak-anak kami dapat mengaplikasikan ketrampilan digital mereka untuk meraih masa depan impiannya.”

Pelatihan yang diberikan dalam program ini yaitu pelatihan komputer dasar, pelatihan multimedia komputer, edukasi pengelolaan keuangan, dan cara menghindari kejahatan siber. Selain itu, pengadaan dan pemasangan infrastruktur juga diberikan dalam program ini. Bahkan, terdapat sesi mentoring dengan sukarelawan dari Allianz Indonesia.

Harapan SOS Children’s Villages dan Allianz untuk Program Flores Go Digital 1.0

potong pita Program Flores Go Digital1.0
Gregor Hadi Nitihardjo (National Director SOS Children’s Villages) dan Mike Sutton (Chief Information Officer Allianz Life Indonesia)

Program Flores Go Digital 1.0 yang didukung oleh Allianz ini merupakan bagian dari program Digital Village. Sebelumnya, beberapa daerah yang telah dilengkapi dengan Digital Village dan fasilitas laboratorium komputer yaitu Banda Aceh, Meulaboh, Medan, Semarang, Jakarta, Lembang, dan Bali. Kegiatan program yang dilakukan di Flores ini diharapkan dapat memberi pembekalan dalam memanfaatkan digital di dunia modern saat ini.

Seperti yang dikatakan oleh National Director SOS Children’s Villages, Gregor Hadi Nitihardjo mengatakan, “Semoga dengan hadirnya program Flores Go Digital 1.0, anak-anak kami dapat memahami dan memanfaatkan dunia digital dengan potensi terbaik untuk meraih masa depan dan cita-cita yang mereka inginkan.”

Mike Sutton sambutan di acara Program Flores Go Digital 1.0
Mike Sutton, Chief Information Officer Allianz Life Indonesia

Selain itu, Mike Sutton sebagai Chief Information Officer Allianz Life Indonesia juga mengatakan, “Dukungan Allianz pada program Flores Go Digital 1.0 merupakan bagian dari komitmen kami untuk menghadirkan pendidikan yang berkualitas dan lapangan kerja yang layak bagi generasi muda Indonesia dalam pemanfaatan teknologi digital.”

Must Read

Related Articles