OUR NETWORK

6 Cara Agar Orang yang Tertutup Jadi Terbuka Denganmu

6 Cara Agar Orang yang Tertutup Jadi Terbuka Denganmu

Ada berbagai faktor yang menyebabkan seseorang menjadi tertutup, Ladies. Tapi alasan utamanya adalah karena mereka merasa tidak aman untuk membagikan keadaan emosional mereka pada saat itu. Jadi jika kamu ingin dekat dengan seseorang yang tertutup, kamu perlu membuat dia aman. 

Ada seseorang yang ingin kamu dekati tapi orang itu memiliki pribadi tertutup? Lakukan cara berikut Ladies untuk membuka hatinya padamu.

1. Konsisten

Jika orang tersebut mengalami trauma masa lalu dan kesulitan untuk memproses emosi mereka, kamu perlu konsisten untuk meraih kepercayaan mereka. Pastikan kamu selalu sejalan dengan perkataanmu, telpon jika kamu memang berencana ingin menelpon dan lain sebagainya.

2. Berlatih sebagai pendengar aktif

6 Cara Agar Orang yang Tertutup Jadi Terbuka Denganmu
Foto: unsplash.com

Setiap orang punya keinginan untuk diperhatikan dan dimengerti. Begitupun dengan orang yang tertutup. Menjadi pendengar aktif adalah langkah terbaik untuk membuat mereka merasa nyaman denganmu. Bagian terpenting sebagai pendengar aktif adalah kamu tidak menghakimi keadaannya, melainkan memahaminya. Dengan begitu mereka akan merasa nyaman untuk mengungkapkan isi hatinya.

3. Berikan pertanyaan, tapi jangan terlalu banyak

Kamu perlu berlatih untuk menyeimbangkan antara memberikan pertanyaan sensitif atau tidak. jika kamu bertanya berlebihan, kamu justru akan terlihat mengancam dan membuat mereka kabur. Tanyakan pertanyaan sesuai kebutuhan sembari menjadi pendengar aktif.

Baca juga: Ini Nih Alasan Kenapa Kita Para Cewek Perlu Curhat Kepada Sahabat

4. Bagikan sesuatu yang terjadi di dirimu dan tanya keadaan mereka juga

6 Cara Agar Orang yang Tertutup Jadi Terbuka Denganmu
Foto:  unsplash.com

Kamu bisa membagikan apa yang terjadi di diri kamu tanpa membuat seluruh topic pembicaraan tentang diri kamu. Misal, “aku lagi jenuh sama keadaan karantina gini, ngerasa sendirian dan anxiety juga. Kalau kamu gimana?”. Dengan membagikan sedikit kesulitan dan kerentanan kamu, mereka akan merasa dihargai oleh kalian.

5. Berlatih gesture

Berlatih gesture yang baik saat berkomunikasi orang akan bermanfaat dalam jangka panjang lho. hal-hal seperti kontak mata, ekspresi tulus dan hangat, nada bicara dan gesture tubuh lainnya menjadi faktor yang penting. Kamu bisa membaca seseorang tulus atau tidak dari gerak-geriknya. Jadi ingat-ingat ya, Ladies.

6. Pastikan mereka tau kamu menghargai hubungan ini dan tanyakan cara membuat mereka nyaman 

Jika mereka masih terlihat tidak nyaman denganmu, tidak ada salahnya untuk bertanya. Kamu bisa bertanya seperti ini.

6 Cara Agar Orang yang Tertutup Jadi Terbuka Denganmu
Foto: unsplash.com

“Aku peduli denganmu dan ingin mengenal kamu lebih dalam. Tapi aku merasa kamu setiap kali [masukkan topik] dibahas, kamu selalu mengalihkan pembicaraan. Aku paham kalau kamu tidak mau membahas hal tersebut dan tidak akan bertanya lagi jika kamu ingin demikian. Tapi aku ingin kamu bisa merasa nyaman saat bicara denganku. Apakah ada hal yang perlu aku lakukan agar membuat kamu merasa aman?”

Jika kamu berhasil membuka hati orang tersebut, penting untuk menjaga kepercayaan mereka. Jangan kaget juga jika terkadang mereka mundur sejenak. Semua ada waktunya Ladies jadi take it slow aja ya.

 

 

Sumber: mindbodygreen

Comments

Loading...