OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Citayam Fashion Week Melenggang di Area Zebra Cross

Citayam Fashion Week sedang viral di media sosial. Bukan hanya anak remaja saja, semua kalangan ikut datang dan menikmati apa yang sedang hype tersebut, bahkan beberapa waktu lalu Gubernur Jawa Barat dan Jakarta ikut pula meramaikan. Yang terbaru, Citayam Fashion Week kembali jadi perbincangan karena didaftarkan Hak Kekayaan Intelektual oleh pasangan public figure dan content creator Baim Wong dan Paula Verhoeven.

Hal ini menjadi salah satu poin positif di mana tumbuh satu lagi zona wisata yang menjadi kebanggaan warga ibu kota. Menariknya, saat berjalan di zebra cross beberapa kendaraan ikut berhenti mengambil beberapa gambar, walau beberapa ada juga yang mengeluh karena terjadi kemacetan cukup panjang.

Jika dilihat sebelumnya, kawasan ini sebenarnya hanya berupa jalan biasa yang dipenuhi oleh remaja dalam mencari jodoh. Kemudian cukup terkenal akibat, sebuah interview di TikTok mengenai apa yang mereka lakukan, dan salah satunya adalah mencari pacar.

Citayam Fashion Week dengan outfit nyentrik

Citayam Fashion Week Melenggang di Area Zebra Cross
Sumber: suara.com

Satu hal yang menarik disini sesuai dengan namanya adalah outfit. Harus diakui saat interview salah satu akun yang bertanya kepada pengunjung, apa yang dikenakan tampak lucu dan nyentrik.

Bahkan, setiap kali konten tersebut tayang selalu berbeda-beda. Terkadang mereka menjawab alasan secara spesifik mengapa memakai kostum tersebut, tetapi banyak juga yang hanya mengaku iseng saja. Berawal dari sinilah apa yang disaksikan sekarang ini terjadi.

Citayam Fashion Week dipadati oleh semua orang dari berbagai daerah di Jabodetabek. Mereka biasa datang dengan nak KRL atau bersama dengan teman. Harus diakui hype ini cukup menyenangkan dan sangat seru.

Bagi yang belum bertemu dengan jodoh momen ini bisa dijadikan sebagai tempatnya menemukan pasangan. Bahkan, dari yang awalnya jomblo justru pulang membawa gandengan sangat banyk, bagaimana tertarik? Tetapi, harus pakai outfit kekinian yang menarik perhatian terlebih dulu.

Asal mula nama Citayam Fashion Week

Citayam Fashion Week Melenggang di Area Zebra Cross
Sumber: kompasmoney.com

Pada dasarnya nama ini terinspirasi dari salah satu kegiatan rutin setiap tahunnya di Prancis yaitu Paris Fashion Week, dimana para pesertanya menggunakan panggung dengan pola warna putih hitam atau senada dengan zebra cross.

Dari sini beberapa orang mulai menyebutnya dengan nama seperti sekarang ini. Perlu diketahui pula, area yang digunakan untuk catwalk tersebut sebenarnya tidak termasuk di kawasan Sudirman Centre Bussines Distict.

Hanya saja, anak muda zaman sekarang sudah pasti membelokkan akronim SCBD menjadi Citayam, Depok, Serpong dan Bojonggede hingga akhirnya dikenal dengan sebutan ini. Namanya begitu cepat menyebar ke seluruh remaja di Indonesia.

Semenjak viral kawasan tersebut dipenuhi oleh banyak remaja dari beberapa daerah, mula dari jawa barat sampa dengan Bali. Mereka penasaran dengan suasana dan situasi yang konon seperti berada di jalanan Tokyo Jepang.

Banyak yang berkomentar dari pemerintah hingga media Jepang

Citayam Fashion Week Melenggang di Area Zebra Cross
Sumber: kompasmegapolitan.com

Viralnya fenomena ini ternyata sudah sampai ke negeri Jepang hal itu terbukti dengan hadirnya sebuah Thread yang merespon positif fenomena ini. Harus diakui apa yang sedang terjadi memang menimbulkan pro dan kontra.

Karena, kawasannya sendiri berada di pusat kota Jakarta yang akan menghalangi lalu lintas. Hanya saja, tingkat kreatifitas yang sudah terbentuk sayang sekali untuk dimusnahkan begitu saja, dengan sebuah aturan larangan.

Perlu diketahui, Presiden Jokowi sendiri juga ikut berkomentar mengenai fenomena terseut. Bagi Pak presiden sendiri, apa yang terjadi merupakan bentuk aktivitas remaja yang positif, hanya saja tetap taat kepada aturan yang ada, dan jangan sampai membahayakan diri sendiri dengan mengganggu lalu lintas.

Beberapa media di Jepang lain juga sempat menulis tren Harajuku yang dulu sempat viral disana, bahkan Sandiaga Uno berharap Citayam Fashion Week tidak akan berhenti sampa di sini, melainkan dapat dikembangkan lebih jauh, sehingga mampu seperti Harajuku fashion dengan cita rasa Indonesia.

Jadi, bukan hanya untuk outfit modern saja, melankan tradisional juga bisa masuk didalamnya. Hal itu dapat dijadikan sebagai salah satu edukasi dan pelestarian budaya Indonesia kepada para remaja yang seakan sudah mulai luntur.

Citayam Fashion Week menjadi sebuah fenomena yang sebenarnya menghadirkan peluang besar bagi siapa saja. Asalkan mampu mengelolanya dengan baik dan benar, pasti menjadi salah satu destinasi baru di tengah kota Jakarta, kalau kamu sudah datang ke tempat ini belum?

Must Read

Related Articles