OUR NETWORK

Simlish, Sejarah Bahasa Random The Sims

Simlish, Sejarah Bahasa Random The Sims
Foto: youtube.com

Nggak kerasa lho Ladies series games The Sims sudah mencapai umur 20 tahun, wow udah lama juga ya. Games besutan EA (Electronics Art) ini ketika pertama kali dirilis di tanggal 4 Februari 2000 menjadi primadona karena gameplay-nya. Kamu diberi kebebasan sebebas-bebasnya untuk mengatur Sims kamu. Mulai dari mengatur perabotan rumah, penampilan karakter sims, hingga alur cerita kehidupannya sendiri.

The Sims gak akan lengkap tanpa bahasa random mereka nih ladies, Simlish. Bahasa The Sims yang kesannya cuman omongan random aja ternyata mengandung arti dan punya pola tersendiri layaknya bahasa pada umumnya. Jadi karakter kamu nggak cuman asal bunyi aja lho.

Simlish, Sejarah Bahasa Random The Sims
Foto: youtube.com

Will Wright, pencipta The Sims, dan timnya membutuhkan waktu 6 bulan untuk menciptakan Simlish.

Robi Kauker, audio direktor The Sims, mengatakan Wright ingin membuat bahasa yang menggambarkan emosi tanpa membuat si karakter mengatakannya langsung. Jadi si karakter tidak mengacaukan cerita yang dibuat pemain dengan perkataannya.

Nyusahin banget pastinya Ladies kalau kita sebagai pemain mesti mengatur semua omongan The Sims setiap saat. Apalagi jika kita membuat karakter The Sims berupa satu keluarga, ayah, ibu, dan anak.

Simlish, Sejarah Bahasa Random The Sims
Foto: youtube.com

Awalnya Wright dan tim berniat untuk mengisi suara The Sims dengan instrumen musik. Namun mereka tersadar bahwa tidak mungkin membuat games yang imersif ketika suara ‘orang’ yang mereka buat berbunyi seperti terompet fals. Akhirnya mereka memutuskan menggunakan suara manusia dan menciptakan bahasa sendiri.

Salah satu pengisi suara The Sims, Stephen Kearin, diberikan teks gabungan antara bahasa Ukranian dan Navajo “Khtosʹ bachyv moyu sobaku?”. Kalimat The Sims tersebut diartikan “ada yang melihat anjing saya?”. Sayangnya Wright masih kurang puas dengan bahasa tersebut karena tidak bisa menggambarkan makna artinya. Balik lagi Ladies, Simlish harus mampu menggambarkan apa yang terjadi tanpa benar-benar mengatakannya langsung.

Simlish, Sejarah Bahasa Random The Sims
Foto: youtube.com

Kearin lalu iseng membacakan puisi bahasa Inggris secara ngasal. Dirinya dan salah satu aktor lain, Gerri Lawlor, kemudian saling berbicara Inggris ngasal. Mereka kadang memanjangkan huruf vokal, menambahkan huruf, atau menghilangkan beberapa konsonan. Wright kemudian merekam percakapan random tersebut dan terciptalah Simlish.

Baca juga: Kostumisasi Tangga di Update Sims 4 Terbaru Menghebohkan Penggemarnya

Dr. Angela Carpenter dari universitas Wellesley, mengatakan bahwa Simlish lebih seperti bahasa bayi. Bayi belum mengerti cara menyatakan sesuatu dengan jelas dan terkesan random. Misal ‘sul-sul’ dalam Simlish yang berarti ‘Aloha’, ucapan selamat datang atau selamat tinggal. Seperti ‘Ciao’ dalam bahasa Italia mungkin ya. Ada juga ‘nooboo’ yang berarti bayi.

Simlish akan terus berkembang nih Ladies seiring dengan perkembangan series The Sims. seperti apa ya Simlish nantinya? Sul-sul!

 

 

Sumber: The Verge

Comments

Loading...