OUR NETWORK

Penuhi Kebutuhan Cahaya Matahari dengan Jendela Artifisial

Penuhi Kebutuhan Cahaya Matahari dengan Jendela Artifisial
Foto: madebymood.com

Hidup di perkotaan memang banyak suka dukanya. Sukanya, moda transportasi dan fasilitas sangat memadai. Sementara salah satunya adalah banyak pemukiman padat sehingga untuk melihat mendapatkan sinar matahari dari jendela saja sudah cukup menyusahkan. Apalagi pada pandemi seperti sekarang ini, mendapatkan sinar matahari yang cukup sangat penting untuk tingkatkan kekebalan tubuh.

Bagi kamu yang tinggal di hunian yang cukup sulit mendapatkan sinar matahari dari jendela, tenang saja, Ladies. Saat ini ada sebuah gadget baru yang menjadi solusinya. Gadget canggih ini bisa memenuhi kebutuhan vitamin D yang diperlukan oleh tubuh tanpa mengalami sunburn. Ada artificial window yang diciptakan oleh sebuah startup bernama SunnyFive, yang berada di bawah program inkubator C-Labs Samsung.

Baca juga: Etika Meeting via Zoom yang Perlu Kamu Tahu

Artificial window atau jendela tiruan buatan SunnyFive ini dirancang khusus meniru spektrum cahaya alami yang dimiliki matahari. Meski belum hadir lengkap dengan panorama atau pemandangan, namun saat dipasang di kamar, seolah-olah cahaya matahari merambat ke ruangan. Cahaya ini lengkap dengan berbagai bayangan, mirip dengan aslinya.

Penuhi Kebutuhan Cahaya Matahari dengan Jendela Artifisial
Foto: apartmenttherapy.com

Tidak hanya cahaya saja, ada fitur lainnya yang bisa dicoba, mulai dari mengubah suhu sampai dengan kecerahan warna.

Contohnya saja, jika kamu menginginkan vibes fajar saat matahari terbit, bisa memberikan efek warna orange agak hangat. Sementara saat siang hari bisa memberikan cahaya putih yang sangat kuat. Menarik sekali, bukan? 

Tidak hanya manusia saja yang mendapatkan manfaatnya, bahkan tumbuhan juga bisa berkembang dengan baik. Oh iya, gadget ini akan diintegrasikan dengan perusahaan smart home ecosystem yang bernama SmartThings. Tapi sampai saat ini belum jelas berapa harga dan kapan akan diluncurkan ke pasar. Bahkan belum ada pula website untuk mengetahui perkembangannya.

Baca juga: 12 Tipe Depresi yang Perlu Kamu Ketahui

Hanya Samsung yang memberikan pengumuman jika startup yang mengembangkan produk tersebut telah menerima berbagai dukungan, dan mungkin akan segera diluncurkan sebagai startup independen dalam waktu dekat. Apakah kamu berminat untuk memiliki jendela artifisial seperti ini, Ladies? 

 

 

Sumber: Apartment Therapy, The Verge

Comments

Loading...