OUR NETWORK

Ketahui Fitur Terbaru di iOS 13

Ketahui Fitur Terbaru di iOS 13
Foto: makemac.grid.id

Bagi Ladies pengguna produk Apple, iOS 13 pasti menjadi hal yang ditunggu-tunggu dong di bulan September ini. Kabarnya iOS 13 akan dirilis pada 17 September mendatang lho. Tapi kamu tau nggak apa aja yang bakalan berubah dari iOS pendahulunya yaitu iOS 12? Mari kita telisik bersama-sama.

Baca juga: Ini Dia 5 Fitur Baru yang akan Hadir di iOS 12

iPhone apa aja yang bakal kompatibel dengan iOS 13?

iPhone yang bakal kompatibel dengan iOS 13 dimulai dari iPhone 6s, berikut adalah listnya:

  • iPhone 6s
  • iPhone 6s Plus
  • iPhone SE
  • iPhone 7
  • iPhone 7 Plus
  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone X 
  • iPhone XR
  • iPhone XS
  • iPhone XS Max
  • iPod Touch 7 gen

Kabarnya iPhone terbaru yang akan keluar di akhir 2019 ini juga menggunakan iOS 13 yang sudah langsung ter-install. 

Lalu apa saja fitur-fitur terbaru yang berbeda dari iOS pendahulunya?

Performa

Craig Federighi, Senior Vice President perangkat lunaknya Apple, mengatakan iOS 13 akan:

  • 30% lebih cepat membuka lock screen dengan Face ID
  • 50% lebih kecil ukuran mengunduh aplikasi 
  • 60% lebih kecil ukuran memperbaharui aplikasi
  • 2x lebih cepat membuka aplikasi

Ia mengatakan, performa maksimal tetap tergantung dari device yang digunakan, tapi semua device tetap akan mendapatkan keuntungan itu. 

Mode Gelap

Ketahui Fitur Terbaru di iOS 13
Foto: macworld.co.uk

Fitur terbaru yang paling menonjol adalah mode gelap (dark mode) seluruh sistem, yang nggak bakal kamu jumpai di operating system lainnya. Sayangnya mode gelap belum berfungsi secara otomatis untuk aplikasi pihak ketiga. Jadi tergantung dari si developer aplikasi tersebut ingin mengembangkan aplikasinya agar bisa otomatis mode gelap atau tidak. Namun, Craig sendiri percaya para pemain besar itu bakalan melakukan, jadi tidak perlu dikhawatirkan. 

Keuntungan lebih bagi pengguna iPhone X, XS, XS Max dengan tampilan layar OLED dengan menggunakan mode gelap maka secara aktif akan menghemat baterai. Karena tampilan OLED bekerja dengan menyalakan pixel, maka bagian gelap layar berarti penggunaan lebih sedikit energi. 

Keamanan & Privasi

Yang menarik dari fitur keamanan dan privasi di iOS 13 adalah kamu bisa memilih apakah ingin membagikan alamat email kamu atau nggak ketika masuk dalam sebuah aplikasi. Kalau kamu memilih nggak, Apple akan membuat alamat email acak unik yang ditugaskan untuk kamu tutupi. Hal ini merupakan privasi positif dan berita bagus buat kamu. 

Sejak pengumuman pada Juni lalu, Apple juga telah menambahkan fitur utama yang berfokus pada privasi ke gudang senjata iOS 13. Panggilan telepon digital melalui aplikasi seperti Facebook dan WhatsApp akan dibatasi dengan cara aplikasi dapat tetap berjalan di latar belakang untuk mencegah mereka mengumpulkan data pengguna tanpa alasan atau izin.

Keyboard

Ketahui Fitur Terbaru di iOS 13
Foto: macworld.co.uk

Keyboard di iOS 13 kini dapat melakukan pengetikan gesek (swipe typing).

Safari

Safari akan mendapat pembaharuan kecil untuk dapat mengubah ukuran teks secara cepat dan dapat menyesuaikan pilihan untuk situs web tertentu. 

Musik

Pemutaran lirik pada saat yang bersamaan ketika musik menyala juga menjadi salah satu keunggulan iOS 13. Liriknya juga akan muncul secara otomatis baik kamu mendengarkan musik secara streaming ataupun sudah di-download ke library.

Mail

Aplikasi Mail Apple juga kini didukung oleh pilihan font yang beragam.

Notes

Notes akan memiliki tampilan yang lebih baik pada iOS 13 serta opsi yang lebih baik juga tentunya. Dengan fitur-cahaya yang membuat tampilan galeri menjadi lebih bagus dan penandaan pada sistem folder yang tepat membantu pengarsipan yang lebih baik.

Pengingat

Ketahui Fitur Terbaru di iOS 13
Foto: macworld.co.uk

Aplikasi Pengingat (Reminder) telah dirombak penuh dengan smart list (daftar pintar), tata letak yang lebih baik dan opsi organisasi. Jadi kamu bisa menandai orang-orang, yang kemudian bisa disinkronisasi dengan pesan untuk berkolaborasi. 

Maps

Maps di Apple pada versi pertama memang sangat buruk, sehingga Apple pun melakukan perombakan besar-besaran di aplikasi petanya pada iOS 13. Apple mengklaim kalau mereka sudah melakukan perjalanan sejauh 4 juta mil hanya untuk mengumpulkan data jalan, medan, dan bangunan yang lebih baik. 

Pesan

Selain mendapatkan sentuhan gelap, aplikasi Pesan (Messages) mendapat perbaruan untuk memasukkan sesuatu yang sedikit lebih menyenangkan (atau malah menyebalkan) dalam integrasi Memoji dan Animoji. 

Kamera

Fitur Portrait Lighting di iOS 13 mendapatkan pembaruan fitur yang bisa melakukan penyesuaian secara langsung dalam mode jepret di aplikasi Camera jika diperlukan. Juga ada tambahan efek High-Key Mono di mode Portrait Lighting.

Photos

Apple mengatakan mereka menambahkan fitur-fitur untuk mengedit foto tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Snapseed dan VSCO. 

Bagian menariknya adalah pengeditan video yang akan lebih mudah dilakukan di aplikasi Foto. Dengan pembaharuan tools yang bisa merotasi, memotong video bahkan menambahkan filter secara langsung, sangat memberi kemudahan sekali. Serta kemudahan untuk melihat foto berdasarkan tahun, bulan atau hari, semua dengan pemutaran otomatis dan presentasi yang lebih baik yang menghidupkan galerimu, juga memori yang seharusnya muncul lebih baik. 

Lokasi

Layanan Lokasi di iOS 13 kini akan hadir lebih terperinci. Kamu bakalan bisa membagikan lokasimu hanya dengan sekali pengaturan kalau kamu mau. Dan aplikasi akan selalu meminta izin kepada kamu untuk dibagikan setiap saat setelahnya. Tentu tersedia juga opsi untuk menolak. 

Airpods

Beberapa fitur baru akan muncul di Airpods pada iOS 13. Yang pertama, Siri akan membacakan pesan masuk untuk kamu. Yang kedua, kamu bisa berbagi audio antara perangkat iOS 13 lainnya dengan satu ketukan, memutar audio ke dua pasang Airpods. 

Baca juga: Benarkah AirPods dapat Memicu Kanker?

Oia, iOS 13 ini sebenarnya sudah tersedia versi betanya. Namun, karena takut corrupt atau nge-hang hapenya, jadi mending sabar aja nunggu versi resminya rilis. 

 

Sumber: Mac World

Comments

Loading...