OUR NETWORK

Ini Alasan Twitter Mendesain Ulang Tampilan Websitenya

Ini Alasan Twitter Mendesain Ulang Tampilan Websitenya
Foto: cnet.com

Ladies, apakah kamu merupakan salah satu pengguna Twitter? Jika ya, tentunya kamu sudah menyadari bukan sejak Senin, 15 Juli, salah satu media sosial yang dikenal dengan ikon burungnya telah mendesain ulang tampilan websitenya.

Baca juga: Ssst, Ini Bocoran Fitur Tersembunyi yang Dimiliki Twitter

Berdasarkan informasi dari Wired yang dilansir dari Elite Daily, sepanjang 7 tahun sebelumnya, website ini tidak pernah melakukan perubahan besar pada desainnya. Berbeda dengan apa yang dilakukannya sekarang dengan mengubah estetika dan berbagai fungsional dalam Twitter.com. Tentunya, ini akan mempengaruhi cara para pengguna berinteraksi dengan situs web tersebut. Hal ini kemudian menimbulkan berbagai pertanyaan dari para penggunanya. Apa yang menjadi alasan perubahan yang dilakukan website yang didirikan tahun 2006 ini?

Merespon pertanyaan dari para penggunanya tersebut, pihak Twitter menyatakan, perubahan ini ditujukan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik pada para penggunanya. Tampilan desktop yang telah diperbarui kini telah lebih sejalan dengan versi selulernya. Pengguna tidak perlu lagi membuang banyak waktu untuk memeriksa notifikasi dari ponselnya. Karena situs barunya kini dengan mudah dapat menavigasinya dan menampilkannya di layar komputer/laptop.

Ini Alasan Twitter Mendesain Ulang Tampilan Websitenya
Foto: ciobulletin.com

“Desain ulang ini dilakukan karena kami ingin membangun kembali Twitter.com dari awal agar lebih sesuai dengan Twitter yang kami inginkan di masa depan, yakni lebih cepat, lebih dipersonalisasi dan konsisten dengan semua cara orang-orang menggunakan Twitter. Kami tidak ingin orang harus mempelajari ulang cara penggunaan Twitter setiap kali mereka mengubah perangkat mereka,” jelas juru bicara pihak Twitter.

Dalam desain baru ini ada berbagai fitur baru yang tersedia, salah satunya ialah fungsi Explore yang dibawa dari versi aplikasi di ponsel.

Dengan Explore, pengguna dapat melihat lebih banyak video dan momen lokal. Pembaruan lainnya ialah pada bagian navigasi samping di sebelah kiri. Kini navigasi ini menaungi Bookmark, Lists, dan tautan ke Profile pengguna, sehingga pengguna dapat langsung berpindah antar tab. Untuk pengguna yang memiliki dua akun atau lebih juga dapat dengan mudah beralih antar akun melalui navigasi samping. Siapa yang biasanya memberi Like ke suatu tweet supaya gampang mengaksesnya lagi? Nah, sekarang kamu menggunakan fitur ini. Kalau menemukan tweet yang ingin kamu simpan ke Bookmarks, tinggal klik tombol Share (paling kanan, setelah tombol Like). Terus pilih ‘Add Tweet to Bookmarks’.

Baca juga: Kita Semua Begini di Sosial Media Kalau Lagi Naksir Seseorang

Selain fitur-fitur fungsi utamanya, pembaharuan pun dilakukan terhadap kemampuan mempersonalisasi tata letak akun dengan tema Dark Mode, sebuah tema yang baru saja diluncurkan oleh perusahaan tersebut. Tema ini memberikan tampilan berwarna hitam dengan paduan tulisan berwarna putih yang tepat untuk digunakan saat menikmati hiburan berbagai meme pada malam hari. Adapun, kedua tema yang tersedia ini disebut dengan Dim dan Lights Out. Ada juga lima pilihan warna selain warna biru khas Twitter yang bisa menjadi pilihan display di tampilan profile kamu, Ladies.

Ini Alasan Twitter Mendesain Ulang Tampilan Websitenya

Juru bicara Twitter mengaku, pembaharuan dari perusahaan tersebut tidak akan berhenti sampai di situ. Berangkat dari fondasinya saat ini, mereka berencana untuk terus melakukan inovasi berikutnya secara bertahap. “Sekarang dengan pembangunan kembali ini, kami telah mengatur ulang fondasi untuk beralih, membangun, dan menyediakan fitur yang dibutuhkan orang lebih cepat dari sebelumnya untuk memberikan pengalaman terbaik ketika menggunakan Twitter,” jelasnya.

 

Sumber: Elite Daily

Comments

Loading...