OUR NETWORK

Selebriti Hollywood yang Enggan Berfoto Bersama Fans

Publik Indonesia tengah heboh berkasak-kusuk membicarakan Dian Sastrowardoyo. Aktris yang mendapat banyak cinta dari publik berkat peran ikoniknya dalam film “Ada Apa Dengan Cinta?” ini mendapatkan banyak hujatan atas tindakannya yang dianggap menyakiti penggemarnya. Berkat skandal ini lah, sikap Dian Sastro yang enggan berfoto bersama penggemarnya diungkit-ungkit. Kehebohan ini sampai membuat sang sutradara, Hanung Bramantyo, turun tangan dan meminta maaf di akun Instagram-nya, disusul klarifikasi dari sang aktris sendiri melalui caption foto di Instagram-nya.

Lalu, apakah memang benar tindakan Dian Sastro itu menunjukkan sifat keangkuhan?

“Lebih banyak kita maklum, lebih kurang rasa dendam dalam hati kita. Semakin adil pertimbangan kita dan semakin kokoh dasar rasa kasih sayang. Tiada mendendam, itulah bahagia.”-R.A. Kartini. Ini adalah kutipan dari Raden Ajeng Kartini yang sangat menginspirasi saya saat ini. ———————————————– Penggemar. Adalah elemen penting bagi karir saya. Karena merekalah yang ikut menghidupkan industri film.Tanpa penonton, tanpa penggemar, saya dan kami semua dalam dunia film tak akan ada artinya. Berfoto bersama. Dian Sastro adalah sama seperti perempuan-perempuan lainnya. Saya berusaha membagi waktu antara bekerja dan menjalani peran saya sebagai pribadi, istri, dan ibu anak-anak saya. Saat bekerja, saya mencoba total sebagai figur publik, termasuk melayani permintaan foto. Sedangkan saat menjalani kehidupan pribadi, terutama saat bersama anak dan suami, saya pun mencoba mencurahkan perhatian saya sepenuhnya untuk mereka. Saya pun melihat situasi, kalo memang saya sedang santai dan ada waktu, saya akan melayani permintaan foto. Terkadang bila ada penggemar yang karena begitu bersemangat, sehingga lupa membedakan saya sedang bekerja atau sedang mengasuh anak-anak saya, dan minta foto ketika saya sedang bersama keluarga saya, maaf bila terpaksa saya tolak dengan sopan. Saya paham itu risiko sebagai pekerja seni, tetapi saya juga mencoba sebisa saya mempunyai kehidupan pribadi, berkomitmen pada peran saya sebagai ibu & seorang istri Mengenai insiden tempo hari. Sejujurnya itu hal yang tak disengaja. Ada seseorang dari belakang yang tiba-tiba memegang badan saya, dan karena kaget serta refleks, saya menepis dan menghindar. Saya tidak bermaksud tidak ramah atau tidak sopan. Memang video tersebut kemudian saya hapus agar tidak menimbulkan kesan yang tidak sesuai dengan yg sebenarnya terjadi. Saya dapat memahami semua respon dan bahwa di dunia social media ini benar adanya bahwa kita tidak bisa mengontrol apa yg orang pikirkan atas apa yg terjadi. Apa yg bisa kita buat hanyalah bagaimana meresponnya di waktu yg tepat dan dengan cara yg baik ? Terima kasih buat semuanya. Saya menerima semua kritik & dukungan dengan lapang dada.

A post shared by Dian Sastrowardoyo (@therealdisastr) on

Foto: hello-pet.com

Sebenarnya Dian Sastro sudah pernah menjelaskan prinsipnya untuk tidak berfoto bersama fans jika ia sedang tidak bekerja.

Dalam wawancara maupun talkshow, ibu dari dua anak ini menegaskan bahwa saat ia sedang berkumpul bersama keluarganya, ia ingin benar-benar fokus pada keluarganya. Prinsipnya ini mengundang cibiran dari beberapa kalangan yang berkata, “Aktris harus melayani fans karena tanpa fans, mereka bukan apa-apa.”

Analoginya begini, Ladies…

Jika ladies sedang berjalan-jalan santai di mall atau tempat hiburan lainnya, lalu ladies bertemu dengan atasan, apakah ladies akan senang jika bos ladies tiba-tiba membahas pekerjaan dan bahkan meminta ladies untuk bekerja? Atau misalnya ladies bertemu dengan dosen di restoran, lalu tiba-tiba sang dosen membahas skripsi yang sedang ladies garap? Pasti ladies akan menjerit dalam hati, “Ini waktu istirahat, bisa nggak sih bahas pekerjaan/skripsinya nanti aja kalau di kantor/kampus?” Loh, tapi kan itu atasan ladies loh, yang memberi ladies gaji. Atau, itu kan dosen loh, nasib kelulusan ladies ada di tangan beliau. Masa mau dilawan sih?

Nah, kira-kira begitulah kondisi Dian Sastro, maupun selebriti lainnya.

Mereka pun ingin rehat sejenak dari kesibukannya sebagai public figure dan menjadi masyarakat biasa yang memiliki me time. Selebriti pun adalah manusia biasa yang terkadang jengah dengan popularitasnya. Bukan hanya Dian Sastro loh yang enggan berfoto bersama fansnya. Beberapa aktris Hollywood pun bahkan ada yang menolak berfoto bersama fans di waktu-waktu tertentu dan mengemukakan alasannya berikut. Siapa saja? Simak daftarnya di bawah ini ya, Ladies.

1. Emma Watson

Foto: Bustle.com

Bagi aktris pemeran Hermione dan Belle ini, sebagai seorang aktris, ia masih ingin memiliki ‘kehidupan’ yang jauh dari eksploitasi baik oleh media, maupun fansnya. Aktris berusia 27 tahun ini berusaha untuk melindungi informasi mengenai dirinya dari tangan-tangan iseng. Emma menegaskan bahwa dirinya bersedia untuk duduk dan menjawab setiap pertanyaan mengenai Harry Potter, tetapi ia tidak bisa melakukan foto bersama.

2. Justin Bieber

Foto: NME.com

Penyanyi fenomenal ini dengan tegas menyatakan bahwa ia tidak ingin lagi difoto karena merasa dirinya hanya dijadikan objek tontonan seperti di kebun binatang. Justin menambahkan bahwa ia paham bahwa orang-orang, terutama fansnya akan kecewa, tetapi ia tidak merasa ia berhutang foto pada siapapun. Lebih tegas, dan mungkin lucunya lagi, Justin berkata bahwa “Orang-orang bilang “Aku membeli albummu”, ya mereka sudah mendapatkan album musikku. Dalam albumku tidak tertuliskan bahwa jika kamu membeli album, maka kamu bebas berfoto bersamaku setiap kali melihatku.” Eh… iya juga sih.

3. Jennifer Lawrence

Foto: affinitymagazine.us

Aktris peraih Oscar ini tidak takut untuk mengatakan penolakannya untuk berfoto di berbagai wawancara. Menurutnya, “Orang-orang asing berpikir bahwa mereka adalah temanku dan mengenalku karena aku terkenal, tetapi aku tidak mengenal mereka. Aku harus melindungi diriku sendiri.”

4. Amy Schumer

Foto: chattsportsnet.com

Keputusan Amy Schumer untuk berhenti berfoto beersama fans dipicu oleh tindakan seorang penggemarnya. Amy menyatakan bahwa pada suatu waktu, ada seorang pria yang berlari ke arahnya dan menakutinya di hadapan keluarga si pria itu sendiri. Pria itu menghadapkan kamera ke wajahnya untuk berfoto, Amy lalu meminta pria itu untuk berhenti. Namun pria itu berkata, “Tidak, ini adalah Amerika dan kami membayarmu!” di hadapan puterinya sendiri. Menakutkan! Tentu saja berfoto adalah tindakan legal, tetapi saat orang yang dimintai foto meminta untuk berhenti, maka berhentilah.

5. Maisie Williams

Foto: independent.co.uk

Pemeran Arya Stark di series terkenal Game of Thrones ini menegaskan bahwa dirinya merasa tidak memiliki hutang apapun pada siapapun, termasuk hutang berfoto kepada fans. Dalam wawancaranya bersama Nylon ia menyatakan, “Aku tahu beberapa orang akan menganggapku kejam dan jahat, tetapi jika aku benar-benar menyukai seseorang, aku tidak akan hanya meminta berfoto. Aku akan meminta hang out bersamanya.”

6. Louis CK

Foto: lifesitenews.com

Biasanya, komedian akan dengan senang hati berfoto bersama fansnya, tetapi tidak dengan Louis CK. Alasan Louis CK enggan berfoto bersama adalah karena ia lebih memilih untuk menghabiskan waktu berbicara bersama fansnya karena menurutnya, “everyone’s interesting.

Ada selebriti yang bersedia berfoto bersama fansnya, ada juga selebriti yang menolak berfoto di waktu-waktu tertentu dengan berbagai alasan. Namun sebagai fans, tentu saja kita harus menghargai privasi dan keinginan para idola. Jika ladies tidak ingin diganggu di saat-saat me time, selebriti pun sama karena bagaimanapun, mereka tetaplah manusia biasa. Kalau kamu mengaku fans beratnya, pasti kamu bisa mengerti alasannya. ?

Sumber: Teen.com

Comments

Loading...