OUR NETWORK

Perayaan International Women’s Day di Beberapa Negara di Dunia

Ladies, tau gak kalo hari ini tanggal 8 Maret setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Perempuan internasional atau yang lebih familiar dengan International Women’s Day. Nah, peringatan Hari Perempuan Internasional ini di tahun 2017 merupakan perayaan ke-106 dan kali ini mengusung tema #BeBoldForChange atau berani untuk perubahan. Meski perayaan Internasional Women’s Day ini berbeda di setiap negara, namun hakikatnya tetap sama kok, Ladies. Yaitu merangkul masyarakat untuk membantu gerakan kesetaraan gender dan melindungi hak-hal yang dimiliki oleh wanita. Pesan ini disampaikan dengan berbagai cara yang berbeda di setiap negara. Cara-cara yang terbilang unik dan patut untuk ditelisik.

Ada banyak sekali negara yang merayakan ‘harinya wanita’ ini dengan turun ke jalan. Contohnya saja di Amerika yang kabarnya menggelar aksi mogok massal para wanita dengan tema ‘A Day Without Woman’.

Aksi tersebut merupakan kelanjutan dari aksi 21 Januari, banyak orang menghadiri Women’s March di Amerika dengan beberapa tujuan. Mereka yang hadir memprotes ketidaksetaraan perempuan dan diangkatnya Donald Trump sebagai presiden, serta kebijakan-kebijakannya yang dianggap merugikan kaum wanita. Selain itu, orang-orang Amerika kabarnya juga bakal turut serta dalam gerak jalan massal yang diadakan di 60 negara berbeda.

Lalu bagaimana ya, negara lainnya merayakan International Woman’s Day?

Melbourne, Australia

Di Melbourne, Australia, para wanita akan merayakan hari yang sangat spesial ini dengan unik dan penuh semangat. The Women’s Property Initiatives akan menjadi tuan rumah dalam pemutaran ‘Hidden Figures’ menjelang hari International Women’s Day, pada 7 Maret 2017.

Dalam acara tersebut akan ada choc-top yang lezat, popcorn, dan satu botol minuman untuk para peserta yang datang. Keesokan harinya tepat pada tanggal 8 Maret 2017 juga akan digelar acara Virgin Australia Melbourne Fashion Week.

London, Inggris

Sedangkan untuk warga London, akan merayakan International Women’s Day ini pada pagi hari sekitar pukul 08:00 pagi waktu setempat. Orang-orang akan berkumpul di Trafalgar Circle yang merupakan bagian dari kampanye #BeBoldForChange.

Selain mengkampanyekan hal itu, mereka juga punya agenda sendiri yaitu menumbuhkan kesadaran untuk seksisme dalam dunia seni. Bagi kamu yang saat in berada di London dan tertarik buat ikut, bisa join di sini #ArtWorldSexism. Atau bisa juga bergabung di Women of the World festival yang bakal digelar di Southbank Center pada 10-12 Maret 2017.

Dubai, Uni Emirat Arab


Sedangkan di Dubai, Emirates Airline Literature Festival akan dihelat untuk mengobarkan semangat #BeBoldForChange di tahun 2017 ini. Di dalam perayaan ini, akan ada diskusi-diskusi yang menginspirasi para wanita untuk terus menjalani hidupnya, dengan penuh semangat dan kebahagiaan.

Tokyo, Jepang

Via Bustle

Tokyo juga akan ikut serta dalam riuhnya perayaan International Women’s Days. Mereka juga ingin menghidupkan spirit kesetaraan gender di Jepang. Dengan bertemakan Spotlight on Japan 2017, acara ini dirayakan pada 7 Maret 2017. Acara ini diselengarakan berkat kerjasama antara Mums in Business Tokyo dan The Penisula Tokyo.

Florianopolis, Brazil

Sedangkan untuk penduduk di Florianopolis, Brazil mereka merayakan dengan bergabung ke Vital Voices Global Mentoring Walk. Acara ini bakal berlangsung pada 11 maret 2017. Acara ini termasuk ke dalam 134 gerak jalan yang dihelat di 60 negara berbeda di seluruh dunia. Dengan adanya acara ini, diharapkan akan menghubungkan para pemimpin wanita dan bisa menginspirasi yang lainnya.

Kuala Lumpur, Malaysia

Via Bustle

Kuala Lumpur juga termasuk ke dalam salah satu negara yang ikut Vital Voices Global Mentoring Walk yang bakal diadakan pada 11 Maret 2017.

Milan, Italia

Via Bustle

Lalu di Milan Italia, akan diadakan acara morning tea pada perhelatan International Women’s Day. Acara ini dihetal pada 8 Maret 2017 di Milan, Italia. Orang-orang yang hadir akan bisa bersantai dan membicarakan hal-hal yang menyangkut tentang perubahan-perubahan yang dibuat oleh para wanita.

Tapi sayangnya, di Indonesia sendiri International Women’s Day belum terlalu populer ya, tapi tetap diperingati dengan Jakarta Women’s March pada Sabtu (4/3) lalu. Nah, bagaimana dengan kamu hari ini, merayakan dengan cara apa?

Sumber: Bustle, Fortune

 

Comments

Loading...