OUR NETWORK

Peggy Withson: Pecahkan Rekor sebagai Astronot Terlama yang Tinggal di Antariksa

Perempuan bisa mencetak prestasi setinggi angkasa, literally!

Perkenalkan, seorang astronot veteran bernama Peggy Whitson, atau yang kerap disapa Dr. Whitson ini resmi menjadi pemegang rekor untuk astronot yang paling lama ‘berjalan-jalan’ di luar angkasa, dan pemegang rekor astronot perempuan pertama yang bertugas di International Space Station (ISS) sebanyak dua kali dalam hidupnya. Dr. Whitson memiliki telah melampaui rekor milik astronot sebelumnya, Jeff Williams yang telah hidup di luar angkasa dengan total 534 hari. Jadi saat ini, Dr. Whitson telah ‘hidup’ di luar angkasa selama 534 hari, dan masih akan terus berlanjut.

Pencapaian luar biasa ini pun mendapatkan apresiasi dari Presiden Donald Trump dan putrinya, Ivanka Trump, yang secara langsung menghubungi Dr. Whitson melalui video call. Menurut President Donald Trump, pencapaian Dr. Whitson adalah “glorious day in the history of space flight.”

Pasti Ladies penasaran, siapa sih Dr. Peggy Whitson ini.

Foto: nustem.uk

Astronot berusia 57 tahun ini juga adalah perempuan tertua yang pernah terbang ke luar angkasa. Dr. Whitson lahir di Iowa, Amerika Serikat, dan memiliki gelar doktor di bidang biokimia. Karirnya di NASA dimulai pada tahun 1988, yaitu menjadi supervisor di Biochemistry Research Grup di KRUG Internationa, yaitu kontraktor ilmu pengetahuan medis di NASA-JSC. Pada tahun 1996, Dr. Whitson terpilih menjadi kandidat astronot dan pada tahun 2002, karir astronotnya dimulai. Pada tahun 2007, Dr. Whitson dipercaya untuk memimpin ISS.

Foto: BBC

Gantungkan mimpimu setinggi langit ya ladies karena saat ini, perempuan bebas bercita-cita untuk menjadi apapun!

Sumber: BBC

Comments