OUR NETWORK

Peraturan Baru Family Plan Spotify: Meminta Akses Lokasi Saat Digunakan

Peraturan Baru Family Plan Spotify: Meminta Akses Lokasi Saat Digunakan
Foto: pexels.com

Lagi-lagi Spotify membuat peraturan baru di salah satu paket mereka, Family Plan. Berdasarkan beberapa kalimat baru di Terms and Condition Spotify, pengguna utama Spotify family plan dan anggota keluarga yang terdaftar dalam paket tersebut harus membuktikan bahwa mereka berada di tempat yang sama. Terms and Conditions ini dipublikasi pada akhir Agustus lalu. Oleh karena itu Spotify akan secara berkala meminta usernya untuk mengkonfirmasi lokasinya saat aplikasi tersebut dibuka. 

Baca juga: Alasan Taylor Swift Kembalikan Katalog Musiknya ke Spotify

Ini bukan pertama kalinya Spotify mencoba mengetahui lokasi pengguna Family Plan yang memang sering disalahgunakan. Tahun lalu Spotify sudah memberi peringatan agar penggunanya menyalakan GPS saat menggunakan applikasi tersebut namun hal tersebut berakhir dalam waktu singkat karena terkendala masalah privasi. 

Sekarang Spotify kembali ingin mengetahui akses lokasi penggunanya nih Ladies walaupun tidak terang-terangan seperti sebelumnya. 

Peraturan Baru Family Plan Spotify: Meminta Akses Lokasi Saat Digunakan
Foto: theverge.com

Seperti yang tertulis di website Spotify, Family Plan yang dibanderol $15 atau sekitar Rp210.000 dan  memperbolehkan hingga 6 orang pengguna untuk mengakses Spotify Premium hanya boleh digunakan oleh “anggota keluarga yang tinggal pada lokasi yang sama.”

Akun baru di Spotify akan memerlukan konfirmasi lokasi dengan Google Maps dan dari waktu ke waktu akan muncul pop up yang meminta pengguna untuk memverifikasi lokasi mereka. Jika kamu gagal untuk melakukan verifikasi tersebut, Spotify akan memberikan peringatan kemudian suspend dan terakhir penghapusan paket Family Plan kamu.

Masih belum jelas sampai sejauh mana Spotify saat memverifikasi usernya atau apakah mereka benar-benar akan membatalkan paket family plan dan menghapus akun user tersebut. 

Peraturan Baru Family Plan Spotify: Meminta Akses Lokasi Saat Digunakan
Foto: theverge.com

Memang Family Plan tidak terlalu menguntungkan untuk Spotify. Menurut Billboard, hampir setengah dari pengguna Spotify Premium menggunakan Spotify Family Plan yang lebih murah ketimbang individual plan seharga $10 atau sekitar Rp130.000 untuk satu orang saja.

Baca juga: Kaset Tape Reborn yang Bisa Sesuaikan Berbagai Pemutar Musik

Dengan menggunakan Family Plan, orang-orang yang bukan keluarga dan tidak tinggal bersama bisa menggunakan Family Plan tersebut. Spotify berharap dengan mengetahui akun-akun tersebut, mereka dapat membayar ketimbang memakai family plan yang bukan peruntukan mereka.

Ada kekhawatiran bahwa langkah Spotify ini justru akan membuat penggunanya pindah ke aplikasi lain seperti Apple Music. Apakah ini akan memberikan keuntungan atau justru kerugian untuk Spotify, kita tunggu saja ya, Ladies.

 

Sumber: the verge

Comments

Loading...