OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Meghan Markle dan Prince Harry Resmi Putuskan Hubungan Dengan 4 Media Besar Inggris

Meghan Markle dan Prince Harry merilis surat pernyataan di mana dengan resmi memutuskan hubungan dengan media. Tak tanggung-tanggung, The Sussex memastikan mereka tidak akan berkaitan dan berhubungan dengan 4 media besar di Inggris sekaligus.

Melalui surat pernyataannya, Meghan Markle dan Prince Harry memastikan mereka tak akan berkolaborasi atau pun memberikan engagement untuk 4 media ternama dari Inggris. Media tersebut yaitu The Sun, The Daily Mail, The Mirror, dan The Express.

Surat yang diunggah pada pekan kemarin tersebut dirilis secara publik. Dan dalam suratnya, Duke dan Duchess of Sussex juga menyatakan rasa enggan mereka dengan cara tabloid mendapatkan keuntungan melalui gosip. “Duke dan Duchess of Sussex telah menyaksikan orang-orang yang mereka kenal — dan juga orang asing — memiliki kehidupan mereka yang benar-benar terpisah tanpa alasan yang jelas, selain fakta bahwa gosip cabul meningkatkan pendapatan iklan. Dengan itu, harap dicatat bahwa The Duke dan Duchess of Sussex tidak akan terlibat dengan outlet Anda. Tidak akan ada bukti yang menguatkan dan tidak ada keterlibatan. Ini juga merupakan kebijakan yang diterapkan oleh tim komunikasi mereka, untuk melindungi tim itu dari sisi industri yang tidak pernah dilihat pembaca.”

Meghan Markle dan Prince Harry memastikan bahwa aturan tersebut bukan untuk mereka menghentikan kebebasan pers atau pun kritikan yang diberikan.

“Kebijakan ini bukan tentang menghindari kritik. Ini bukan tentang menutup percakapan publik atau menyensor pelaporan yang akurat,” baca surat itu. “Media memiliki hak untuk melaporkan dan memang memiliki opini tentang Duke dan Duchess of Sussex, baik atau buruk. Tapi itu tidak bisa didasarkan pada kebohongan. Mereka juga ingin menjadi sangat jelas: Ini sama sekali bukan kebijakan selimut untuk semua media.”

Mereka menyimpulkan dengan, “Apa yang tidak akan mereka lakukan adalah menawarkan diri mereka sebagai mata uang untuk ekonomi clickbait dan distorsi. Kami didorong bahwa pendekatan baru ini akan didengar dan dihormati.”

Seperti disadur dari People, berikut ini merupakan isi lengkap dari surat terbuka Meghan Markle dan Prince Harry:

“Karena Duke dan Duchess of Sussex sekarang menetap di bab selanjutnya dalam kehidupan mereka dan tidak lagi menerima dukungan yang didanai publik, kami menulis untuk menetapkan kebijakan hubungan media baru, khususnya yang berkaitan dengan organisasi Anda.

Seperti Anda, Duke dan Duchess of Sussex percaya bahwa pers yang bebas adalah landasan bagi demokrasi mana pun — terutama di saat krisis. Pada kondisi terbaiknya, pers bebas ini menyinari tempat-tempat gelap, menceritakan kisah-kisah yang kalau tidak akan terjadi, membela apa yang benar, kekuatan yang menantang, dan membuat mereka yang menyalahgunakan sistem bertanggung jawab.

Dikatakan bahwa kewajiban pertama jurnalisme adalah kebenaran. Duke dan Duchess of Sussex setuju dengan sepenuh hati.

Sangat memprihatinkan bahwa sepotong media yang berpengaruh, selama bertahun-tahun, telah berusaha untuk melindungi diri dari mengambil tanggung jawab atas apa yang mereka katakan atau cetak — bahkan ketika mereka tahu itu akan terdistorsi, salah, atau invasif tanpa alasan. Ketika kekuasaan dinikmati tanpa tanggung jawab, kepercayaan yang kita semua tempatkan pada industri yang sangat dibutuhkan ini rusak.

Ada biaya manusia yang nyata dalam cara berbisnis ini dan ini memengaruhi setiap sudut masyarakat.

“Duke dan Duchess of Sussex telah menyaksikan orang-orang yang mereka kenal — dan juga orang asing sama sekali — menjalani hidup mereka sepenuhnya tanpa alasan yang jelas, selain fakta bahwa gosip cabul meningkatkan pendapatan iklan.

Dengan itu, harap dicatat bahwa The Duke dan Duchess of Sussex tidak akan terlibat dengan outlet Anda. Tidak akan ada bukti yang menguatkan dan tidak ada keterlibatan. Ini juga merupakan kebijakan yang diterapkan oleh tim komunikasi mereka, untuk melindungi tim tersebut dari sisi industri yang tidak pernah dilihat pembaca.

Kebijakan ini bukan tentang menghindari kritik. Ini bukan tentang menutup percakapan publik atau menyensor pelaporan yang akurat. Media memiliki hak untuk melaporkan dan memang memiliki opini tentang Duke dan Duchess of Sussex, baik atau buruk. Tapi itu tidak bisa didasarkan pada kebohongan. Mereka juga ingin menjadi sangat jelas: Ini sama sekali bukan kebijakan selimut untuk semua media.

Duke dan Duchess of Sussex berharap dapat bekerja sama dengan jurnalis dan organisasi media di seluruh dunia, terlibat dengan media akar rumput, media regional dan lokal, dan jurnalis muda, yang sedang naik daun, untuk menyoroti masalah dan sebab-sebab yang begitu putus asa perlu diakui. Dan mereka berharap untuk melakukan apa pun yang mereka bisa untuk membantu peluang lebih lanjut untuk suara yang lebih beragam dan kurang terwakili, yang sekarang dibutuhkan lebih dari sebelumnya.

Apa yang tidak akan mereka lakukan adalah menawarkan diri mereka sebagai mata uang untuk ekonomi clickbait dan distorsi.

Kami didorong bahwa pendekatan baru ini akan didengar dan dihormati.”

Well… kita simak bagaimana kelanjutannya nanti ya, Ladies.

 

 

Sumber: Cosmopolitan.com

Must Read

Related Articles