OUR NETWORK

Legenda NBA Kobe Bryant dan Putrinya Tutup Usia dalam Kecelakaan Helikopter

Legenda NBA Kobe Bryant dan Putrinya Tutup Usia dalam Kecelakaan Helikopter
Foto: AP Photo/Jae C. Hong via HollywoodNews.com

Senin pagi di penghujung Januari 2020 ini diwarnai oleh kabar mengejutkan dari California. Sebuah helikopter mengalami kecelakaan di Calabasas, California Selatan pada hari Minggu pagi (26/1)waktu setempat. Satu pilot dan 8 penumpang termasuk Kobe Bryant (41) dan putrinya, Gianna Maria-Onore Bryant (13).

Tribut dan ungkapan bela sungkawa berlimpah dari seluruh dunia untuk Bryant dan keluarga yang ditinggalkan.

Dilansir dari CNN, Los Angeles County Sheriff Alex Villanueva mengatakan dalam konferensi pers bahwa lokasi kecelakaan di lereng bukit cukup sulit diakses. Ia menambahkan bahwa proses investigasi akan cukup panjang. Saat ini, kepolisian juga sudah bekerja sama dengan National Transportation Safety Board dan Federal Aviation Administration untuk menyelidiki penyebab kecelakaan. Sementara proses evakuasi jenazah kemungkinan besar akan membutuhkan beberapa hari karena kondisi di lokasi. 

Bryant saat itu sedang dalam perjalanan ke pertandingan basket sang putri. Gianna dijadwalkan akan bertanding pada Minggu siang. Di antara korban, terdapat juga John Altobelli, beserta istri dan anaknya, Keri dan Alyssa. Altobelli adalah seorang pelatih baseball di Orange Coast College (OCC). Sejauh ini cuaca buruk diduga menjadi penyebab utama kecelakaan. Cuaca di Los Angeles pada Minggu pagi itu berawan dan berkabut, sehingga jarak pandang terbatas.

Sosok Berprestasi dan Berpengaruh

Sebagai shooting guard, Kobe menghabiskan karirnya selama 20 musim di NBA bersama Los Angeles Lakers. Ia bergabung dengan NBA segera setelah lulus sekolah dan sejak saat itu mengukir banyak prestasi. Tujuh kali berhasil menembus NBA Finals, ia membantu mengantarkan Los Angeles Lakers menjadi NBA Champion sebanyak 5 kali (2000, 2001, 2002, 2009, 2010). Bahkan sejak awal karirnya, ia berhasil menjadi pemain termuda yang memenangkan NBA Slam Dunk Championship, dan pemain termuda yang ikut dalam All-Star game. Kobe Bryant termasuk dalam daftar pemain elit NBA yang mencetak lebih dari 30.000 poin sepanjang karirnya. Prestasinya ini baru saja dilewati oleh LeBron James yang disebut-sebut sebagai penerusnya dan Michael Jordan.

Legenda NBA Kobe Bryant dan Putrinya Tutup Usia dalam Kecelakaan Helikopter
Foto: CNNIndonesia.com

Lama mengidolakannya, LeBron dan Kobe tidak sempat bermain dalam satu tim. Kobe pensiun di tahun 2016, sementara LeBron baru saja bergabung dengan Lakers pada 2018. Sabtu (25/1) waktu setempat, LeBron baru saja melewati rekor milik Kobe. Saat ini ia mengantongi 33.655 poin, sehingga Kobe yang memiliki 33.644 pun tergeser. Namun, Kobe bahkan mengucapkan selamat dan memberikan semangat untuk LeBron melalui tweet terakhirnya. 

Kobe Bryant dikenal sebagai ambassador bagi olahraga basket yang amat dicintainya. Selain di dunia olahraga, ia juga aktif di berbagai kegiatan sosial. Ia pernah menjadi ambassador After-School All Stars, sebuah organisasi non-profit yang menyediakan kegiatan after-school untuk anak-anak di 13 kota di Amerika Serikat. Ia juga membuat Kobe Bryant China Fund, bekerja sama dengan Soong Ching Ling Foundation, dan dibantu oleh pemerintah China. Organisasi ini dibuatnya demi menggalang dana untuk pendidikan dan kesehatan. Ia juga sukses sebagai pebisnis dengan mendirikan Kobe Inc. Bersama partner bisnisnya, Jeff Stibel, ia juga meluncurkan Bryant-Stibel, di antara beragam investasi lainnya. Di tahun 2018, ia meluncurkan biografi The Mamba Mentality: How I Play yang merefleksikan kembali karirnya. Di tahun yang sama, ia menjadi orang African-American pertama yang memenangkan Academy Award for Best Animated Short Film untuk film Dear Basketball. Ia juga menjadi mantan atlet pro pertama yang mendapat nominasi dan memenangkan trofi Oscar.

Family Man

Semua prestasi yang diraihnya bukan tanpa kontroversi. Di tahun 2003, Kobe Bryant dituduh melakukan pelecehan seksual. Walaupun akhirnya diselesaikan secara private, kasus ini sempat membuatnya dihujat. Ia dan istrinya, Vanessa Laine Bryant juga hampir bercerai pada tahun 2011. Untungnya, mereka memutuskan untuk rujuk kembali pada tahun 2013. Bersama, mereka memiliki 4 orang putri; Natalia, Gianna, Bianka, dan Capri yang baru saja lahir pada pertengahan tahun lalu.

Setelah pensiun, Kobe Bryant mendedikasikan waktunya untuk keluarga dan juga sebagai pelatih untuk tim putrinya. Dalam wawancara dengan People di tahun 2017, ia mengatakan bahwa ia menikmati perannya sebagai pelatih dan juga sebagai ayah. “A valuable lesson that I can teach them is what it means to pursue excellence and the commitment level that comes with that.” 

Gianna atau Gigi ingin menjadi pemain basket profesional seperti sang ayah. Kobe pun memastikan bahwa ia turut serta dalam perkembangan sang putri. Selain melatih Gianna dan rekan satu timnya, Kobe juga kerap membagikan momen saat Gianna berlatih atau saat mereka bermain basket bersama. Kobe melihat Gianna sebagai sosok penerusnya. 

Selama karirnya, Kobe menggunakan jersey Lakers nomor 8 dan 24. Di tahun 2017, kedua jersey itu dipensiunkan. Dalam halftime ceremony saat itu, presiden Lakers Jeannie Buss mengatakan alasan memensiunkan dua nomor itu. “Kami akan pensiunkan kedua angka Anda, karena jika Anda memisahkan masing-masing pencapaian di bawah angka-angka itu, masing-masing pemain akan tetap memenuhi syarat untuk Hall of Fame.”

Sebagai penghargaan bagi Kobe, Dallas Mavericks pun memutuskan untuk memensiunkan nomor jersey 24 mereka. Di hari Minggu, para pemain di berbagai tim NBA bertanding dengan diliputi duka. Mereka memberikan tribut dengan melakukan 8-seconds dan 24-second violations di awal pertandingan.

Legenda NBA Kobe Bryant dan Putrinya Tutup Usia dalam Kecelakaan Helikopter
Foto: Allen Berezovsky/Getty Images via People.com

Thank you and rest in peace, Mamba and Gigi. 

 

Sumber: CNN, Detik Sport, Washington Post

Comments

Loading...