OUR NETWORK

Gigi Hadid Dituntut Fotografer

Gigi Hadid Dituntut Fotografer

Baru-baru ini Gigi Hadid dituntut atas foto dirinya yang ia unggah di akun Instagram pribadinya. Adapun, tuntutan ini berasal dari paparazzi yang mengambil foto tersebut. Dilansir dari People, perselisihan ini dimulai ketika Hadid me-repost postingan foto dirinya yang diambil oleh paparazzi (kini foto tersebut telah dihapus) di akun Instagram pribadinya diiringi dengan caption bertuliskan “Hai! Lihat aku, melakukan pekerjaanku!” Foto ini diakui Hadid diambil dari Twitter dengan keadaan uncredited photo.

Baca juga: Dianggap Terlalu Kurus, Gigi Hadid Ternyata Mengidap Penyakit Ini

Sehari setelah Hadid mem-posting foto tersebut, ia menghapusnya dan mengunggah foto berisi teks yang menginformasikan kepada 43,8 juta followers-nya bahwa dirinya tengah dituntut karena telah mem-posting gambar berhak cipta.

Gigi Hadid Dituntut Fotografer
Foto: kapanlagi.com

“Foto yang diambil oleh paparazzi itu adalah aku yang tengah berada di pinggir jalan minggu lalu. Aku bepose dan tersenyum di foto tersebut karena aku menganggap, itu adalah bagian dari pekerjaanku,” jelasnya melalui teks dalam postingannya. Ia pun menambahkan bahwa sikapnya tersebut merupakan bentuk empati terhadap profesi fotografer paparazzi yang memperoleh nafkah dari pengambilan foto tersebut.

Hadid mengaku kesal atas gugatan terhadap dirinya yang mem-posting foto tersebut. Menurutnya, peristiwa ini merugikan dirinya, di mana, ia mengaku di saat dirinya bersikap terbuka, ia justru dituntut atas foto tak berketerangan di Twitter yang di-repost-nya.

Gigi Hadid Dituntut Fotografer
Foto: akun Instagram @gigihadid

“Seseorang memanfaatkan situasi saya, di mana ketika saya mencoba untuk terbuka, saya justru dituntut atas foto tak berketerangan yang saya temukan di Twitter, dan ia (fotografer) telah dibayar atas foto yang saya posting di online, ini tidak masuk akal,” tulisnya.

Hadid juga menyatakan ketidakterimaannya akan cara pengambilan foto paparazzi yang tidak mengenal ruang publik dan privasi. “Kebanyakan foto saya diambil ketika saya tidak dalam keadaan bekerja, seperti ketika saya meninggalkan apartemen atau kapan saja. Saya merasa bahwa privasi saya begitu saja diterobos, hal ini membuat saya kesulitan melakukan kegiatan saya sehari-hari,” jelasnya.

Gigi Hadid Dituntut Fotografer
Foto: akun instagram @gigihadid

Ia melanjutkan, dirinya terkadang merasa ketakutan ketika berhadapan dengan para fotografer. “Mereka menempatkan masyarakat umum dalam bahaya ketika sedang mengejar sebuah foto,” tulisnya.

Meski tindakan tersebut dilakukan atas dasar pekerjaan dan untuk mempertahankan hidupnya, Hadid berpendapat bahwa tetap perlu diberlakukan pembatasan. “Saya mengerti bahwa ini adalah cara Anda mempertahankan hidup Anda, dan saya menghormati bahwa ini adalah sesuatu yang harus saya terima dengan pekerjaan saya. Tapi tetap saja ada batasan,” tegasnya.

Baca juga: Fotografer Ini Berhasil Memotret Hewan yang Berpose seperti Model Profesional

Waduh, ngeri juga yah kalau ternyata seleb yang jadi objek foto juga bisa dituntut karena sang fotografer sudah memiliki lisensi atas foto tersebut.

 

Sumber: refinery29.com , Foto cover: deccanchronicle.com

Comments

Loading...