OUR NETWORK

Aktor Pemeran ‘Slumdog Millionaire’ dan ‘Life of Pi’, Irrfan Khan Meninggal Dunia

Aktor Pemeran 'Slumdog Millionaire' dan 'Life of Pi', Irrfan Khan Meninggal Dunia
Foto: timesofindia.indiatimes.com

Aktor papan atas Bollywood dan Hollywood, Irrfan Khan meninggal dunia di usia 54 tahun. Irrfan Khan dikenal dengan sederet perannya di berbagai film Bollywood. Selain itu ia juga menjadi bintang di film box office Hollywood seperti Slumdog Millionaire, Jurassic World, The Amazing Spider-Man, dan Life of Pi.

Irrfan Khan meninggal dunia pada Rabu (29/4) setelah mengalami infeksi usus besar. Sebelumnya di tahun 2018, sang aktor papan atas didiagnosis dengan kanker neuroendokrin langka. Ia sempat menjalani perawatan selama beberapa bulan di Inggris.

Sebelum meninggal dunia kemarin, Irrfan Khan sempat dibawa ke rumah sakit Kokilaben Dhirubhai Amban di Mumbai.

“Irrfan adalah jiwa yang kuat, seseorang yang berjuang sampai akhir dan selalu menginspirasi semua orang yang dekat dengannya,” sebuah pernyataan yang dirilis oleh tim aktor.

Sang aktor debut di layar kaca melalui drama Salaam Bombay!, yang mengisahkan mengenai anak-anak jalanand di Mumbai. Drama tersebut menjadi nominasi di Academy Award 1988. Dia kemudian bekerja dengan sutradara Mira Nair, Wes Anderson dan Ang Lee.

Sederet penghargaan sukses dibawa pulang oleh Khan sepanjang karirnya di Bollywood dan Hollywood. Termasuk penghargaan Independent Spirit Award di tahun 2006 dengan perannya sebagai aktor pendukung di drama India-Amerika The Namesake. Selain itu ia juga mengantongi penghargaan viewers’ choice award di Cannes festival 2013 untuk perannya di drama romantis India, The Lunchbox.

Film Bollywood terakhir Khan, Angrezi Medium, sekuel dari salah satu hit terbesarnya, Hindi Medium (2017). Film ini dirilis sebelum India memasuki lock-down pada bulan Maret karena pandemi coronavirus.

Tak lama setelah pemberitaan mengenai Irrfan Khan meninggal dunia, sederet aktor dari Bollywood memberikan penghormatan terakhir. Salah satunya bintang veteran dari India, Amitabh Bachchan yang menulis di akun Twitter pribadinya.

Banchan mengatakan Khan adalah “bakat luar biasa” dan “kontributor produktif untuk Dunia Sinema.” Selain itu juga menuliskan bahwa Khan “meninggalkan kita terlalu cepat,” tulis Bachchan di Twitter.

Irrfan Khan meninggalkan seorang istri, penulis televisi dan produser Sutapa Sikdar, dan putra-putranya, Babil dan Ayan.

Selamat jalan, Irrfan Khan.

 

 

Sumber: time.com

Comments

Loading...