OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Kenali Fenomena Citayam Fashion Week di Sudirman

Citayam fashion week banyak diperbincangkan belakangan ini. Ini karena banyak remaja ataupun ABG yang berasal dari daerah luar Jakarta berkumpul di Kawasan stasiun BNI City, Dukuh Atas. Bukan hanya sekedar kumpul, mereka berlomba-lomba untuk memamerkan style fashion terbaik yang mereka miliki.

Menariknya, kumpulan remaja dan ABG ini berasal dari daerah luar Jakarta seperti seperti Citayam, Bojong Gede, Depok dan Sekitarnya. Fenomena yang sedang viral di sosial media ini menuai banyak perhatian masyarakat. Jadi apa sih Citayam fashion week ini?

Apa sih Citayam Fashion Week?

Sesuai dengan namanya, Citayam fashion week ini merupakan kumpulan remaja dan ABG mayoritas Citayam, yang mengubah trotoar kawasan stasiun BNI City, Dukuh Atas menjadi tempat ajang pamer fashion.  Para remaja dan ABG ini, beradu style fashion terbaik yang mereka miliki.

Baca juga: 9 Item Fashion Ini Sebaiknya Ada di Lemarimu, Ladies!

Kebanyakan dari mereka akan mengenakan pakaian yang nyentrik untuk dipamerkan di daerah Sudirman ini. Mereka sangat senang dapat menunjukkan ala-ala street style dengan banyak mata tertuju kepada mereka. Bahkan, mereka merasa seperti layaknya sedang melakukan fashion show. Inilah mengapa akhirnya muncul istilah seperti ini.

Tidak hanya sampai disitu, selain untuk adu fashion, para remaja dan ABG ini juga menjadikan kesempatan ini sebagai ajang mencari jodoh. Tak sedikit pula yang rela datang jauh hanya untuk mencari pacar. Bahkan, inilah awal bagaimana fenomena ini bisa menjadi sangat viral di sosial media. Seperti konten yang diunggah oleh salah satu akun TikTok @bara_ze yang telah banyak mengunggah konten mengenai fenomena ini.

@bara_zeJOMBLO KALAH SAING♬ BARA Ze – BARA Ze

Namun, sayangnya fenomena ini juga menuai kontra dari berbagai kalangan. Hal ini karena para remaja dan ABG yang nongkrong di kawasan Sudirman ini banyak yang duduk sembarangan di sepanjang trotoar. Ini membuat para pekerja merasa terganggu dan risih akan keberadaan dari para remaja dan ABG tersebut.

Mendapat Tanggapan dari Anies Baswedan

Citayam fashion week ini banyak menarik perhatian masyarakat hingga Anies Baswedan. Hal ini karena kawasan Sudirman yang terkenal elit dan identic dengan orang-orang berekonomi menengah ke atas ini, sekarang sudah mulai digandrungi sebagai tempat hangout dari berbagai kalangan. Bahkan, hingga  muncul istilah lain seperti SCBD (Sudirman, Citayam, Bojong Gede, dan Depok).

Anies Baswedan saat menghadiri pembukaan TOD Forum 2022 and Groundbreaking of Dukuh Atas BNI MRT Station kemarin di Jakarta Pusat, juga menanggapi mengenai fenomena hal ini. Menurut Anies Baswedan bahwa fenomena ini sebagai bentuk menunjukkan ekspresi kalangan muda dan Sudirman menjadi tempat yang bebas untuk dinikmati oleh siapapun.

Beliau mengatakan,  “Sudirman menjadi tempat ruang ketiga yang menyetarakan, mereka yang datang dengan memiliki pengalaman baru dan boleh datang dari mana saja, tempat ini tidak harus mereka yang secara sosial ekonomi tengah-atas. Justru demokratisasi yang terjadi di tempat ini, siapa saja bisa menikmati.”

Selain itu Anies juga menambahkan, “Biarlah mereka semua menikmati tempat ini dengan caranya masing-masing. Jangan cara itu seakan-akan diklaim. Hanya cara A boleh di jalan sudirman, hanya cara B, bukan. Ini adalah milik kita, ini kita nikmati sama-sama.”

Dengan adanya Citayam fashion week ini juga memberikan banyak keuntungan dari berbagai kalangan. Salah satunya adalah para pedagang kaki lima, yang mendapat rejeki nomplok karena banyaknya pelanggan yang membeli dagangan mereka. Namun, perlu diperhatikan karena ini merupakan ruang publik yang bisa dinikmati oleh siapapun, maka dari itu kita harus menjaga dalam kebersihan dan ketertibannya. Bagaimana menurut kamu, Ladies?

Must Read

Related Articles