OUR NETWORK

Kelapa Muda Goreng, Kuliner Unik dari Banyuwangi yang Banyak Penikmat

Kelapa Muda Goreng, Kuliner Unik dari Banyuwangi yang Banyak Penikmat

Kelapa muda selama ini banyak dijadikan sebagai olahan minuman yang menyegarkan. Sebut saja es kelapa muda, jadi campuran es teler dan masih banyak lagi variasi penggunaannya. Tapi bagaimana jika kuliner ini menjadi olahan sebagai kudapan? Nah Ladies, jika kamu jalan-jalan ke Banyuwangi kamu akan menemukan kuliner unik Banyuwangi berupa kudapan enak yang terbuat dari kelapa muda. Tepatnya, kelapa muda goreng. Penasaran?

Baca juga: Oleh-oleh Khas Yogyakarta untuk Dibawa Pulang

Oleh-oleh Khas Yogyakarta untuk Dibawa Pulang

Kelapa muda atau daging degan ini dibuat gorengan yang sangat cocok dinikmati bersama dengan secangkir kopi dan juga teh hangat. Hidangan yang sangat unik ini bisa kamu nikmati saat bepergian ke Gombengsari, Kecamatan Kalipuro yang merupakan salah satu daerah yang terdapat di Banyuwangi, Jawa Timur.

Dilansir dari Kompas.com, ternyata kuliner yang begitu unik ini sudah lama ada di Banyuwangi dan menjadi kuliner khas masyarakat Gombeng. Karena memang di daerah tersebut selama ini banyak ditumbuhi pohon kelapa. Citarasa dari gorengan kelapa muda ini adalah manis dan juga gurih. Cocok buat kamu yang tidak terlalu suka kuliner asin.

Banyuwangi memang belakangan berhasil menjadi salah satu destinasi wisata yang naik daun.

Maka dari itulah, masyarakat Gombeng berinisiatif untuk menjadikan kelapa muda goreng ini sebagai sajian minuman kopi kepada para pengunjung yang datang. Desa Gombeng selama ini juga terkenal sebagai penghasil kopi.

Kelapa Muda Goreng, Kuliner Unik dari Banyuwangi yang Banyak Penikmat
Foto: travel.kompas.com

Jadi wisatawan yang datang tidak hanya memetik kopi saja melainkan juga belajar mengenai pengolahan kopi serta menumbuknya menjadi bubuk kopi. Lebih nikmat lagi saat kelapa muda goreng ini disantap di kebun kopi secara langsung. Bahan-bahan untuk membuat kelapa muda goreng ini sangatlah mudah dicari, hanya kelapa muda, sedikit gula, garam, tepung dan juga sedikit vanili. Semua bahan tersebut dicampur menjadi satu lalu digoreng.

Baca juga: Makin Mblusuk Makin Diburu, Ini Tempat makan Tersembunyi di Yogya

Makin Mblusuk Makin Diburu, Ini Tempat Makan Tersembunyi di Yogya

Khusus untuk wisatawan asing, orang-orang setempat membuat kelapa muda goreng dicetak di teflon lalu dibakar. Karena para bula selama ini tidak suka dengan minyak yang terlalu banyak. Sangat menggiurkan sekali bukan, Ladies? Jika kamu berkunjung ke Banyuwangi, jangan lupa melipir ke Desa Gombeng ya.

 

Sumber: Kompas, Foto cover: travel.kompas.com

Comments

Loading...