OUR NETWORK

Ini Alasan Traveling Sangat Bagus untuk Kesehatan Mental

Ini Alasan Traveling Sangat Bagus untuk Kesehatan Mental
Foto: dewimagazine.com

Ladies, manfaat yang yang bisa didapatkan dari traveling tidak hanya membuat kenangan dan bertemu dengan orang baru. Keluar dari zona nyaman dan menjelajahi berbagai hal-hal yang belum pernah kamu temui sebelumnya benar-benar memberikan dampak yang bagus. Termasuk juga dengan meningkatkan kesehatan mental. Yuk, mari kita ulas apa saja manfaat traveling untuk kesehatan mental.

Memberimu Pandangan Berbeda

Ini Alasan Traveling Sangat Bagus untuk Kesehatan Mental
Foto: travelwireasia.com

Jika kamu berada di tempat yang sama terus menerus, kamu tidak akan banyak memiliki pandangan dalam berbagai hal. Dan traveling ke tempat dengan kultur yang berbeda akan membuka mata mengenai hal-hal baru. Hal-hal sederhana ini ternyata memiliki efek yang cukup dramatis pada kesejahteraanmu. Perjalanan akan mengajarkan banyak hal, mulai dari mempertanyakan kehidupan sampai menentang berbagai norma-norma yang selama ini kamu yakini kebenarannya. Hal-hal ini bisa memberikan dampak yang positif.

Bisa Membuat Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Aktivitas fisik diketahui meningkatkan kesehatan mental, dan traveling membuat kamu tetap aktif. Mulai dari bermain kayak, berenang, berkeliling pasar, berfoto di tempat yang Instagramable, aktivitas-aktivitas ini akan bisa meningkatkan level energi di tubuh serta memperbaiki mood. Berbaur dengan alam merupakan salah satu kunci untuk mengurangi gejala stress, kecemasan, dan juga depresi. Di kota pun sebenarnya bisa, tapi usahakan untuk bersentuhan langsung dengan alam.

Meningkatkan Kreativitas

Ini Alasan Traveling Sangat Bagus untuk Kesehatan Mental
Foto: happyamoeba.com

Telah terbukti secara ilmiah jika merasakan pengalaman baru, terutama yang bersinggungan dengan perbedaan kebudayaan meningkatkan neuroplastisitas otak dan meningkatkan kreativitas dalam prosesnya. Hal ini juga dialami oleh Erica Buist, pemilik website thisisnotajourney.com yang berkeliling dunia an mengambil bagian dari 7 festival untuk orang mati. Dan ia membuktikan jika traveling benar-benar meningkatkan kreativitas.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Ternyata, traveling juga bisa meningkatkan rasa percaya diri. Bertemu dengan orang-orang baru, terlebih lagi berinteraksi dengan mereka tentu saja memerlukan keberanian dan kepercayaan diri. Saat traveling inilah, kepercayaan diri diasah sedemikian rupa. Sehingga nantinya jika bertemu dengan orang-orang baru dalam kehidupan sehari-hari menjadi hal yang sangat biasa.

Menurunkan Tingkat Kecemasan

Ini Alasan Traveling Sangat Bagus untuk Kesehatan Mental
Foto: freepik.com

Dewasa ini, stres dan kecemasan merupakan isu yang banyak sekali dibahas. Dan tidak bisa dipungkiri, media sosial ikut andil di dalamnya. Salah satu cara untuk mengurai kecemasan adalah melakukan traveling. Pergi ke pantai dengan paparan sinar matahari yang mengandung vitamin D bisa meningkatkan suasana hati seseorang dan meningkatkan pelepasan serotonin di otak. Serotonin sendiri disebut sebagai hormon bahagia. Jadi, ambillah satu sampai beberapa hari untuk lepas dari pekerjaan dan melakukan traveling.

Kamu bisa melakukan traveling solo ataupun dengan rombongan. Jadi, destinasi mana lagi yang belum kamu datangi?

 

Sumber: lonelyplanet

Comments

Loading...