OUR NETWORK

Diner En Blanc, Makan Malam Rahasia Serba Putih yang Misterius

Diner En Blanc, Makan Malam Rahasia Serba Putih yang Misterius

Ladies pernah mendengar tentang makan malam VVIP serba putih dengan undangan khusus dan rahasia di dunia? Yup, ‘Diner En Blanc’ atau ‘Dinner in White’, adalah makan malam rahasia paling viral sedunia. Duh, gagal rahasia-rahasiaan dong ya. Hehehe… Berawal dari tahun 1988, Diner En Blanc masih terus dilakukan tiap tahunnya dan merayakan peringatan ke 30 tahun pada bulan Juni 2018 lalu di Prancis.

Baca juga: Pilihan Tempat Lumpia di Semarang, Legendaris dengan Rasa Nendang

Diner En Blanc, Makan Malam Rahasia Serba Putih yang Misterius
Foto: forbes.com

Diner En Blanc dimulai pada tahun 1988 oleh Francois Pasquier, entrepreneur berkebangsaan Perancis yang kembali ke kampung halamannya setelah tinggal lama di Tahiti. Pasquier ingin mengadakan reunian dengan teman-temannya di Perancis dan meminta setiap temannya untuk membawa orang baru agar acara lebih meriah. Akhirnya terdapat 200 tamu undangan untuk acara tersebut.

Acara yang awalnya hanya makan malam sederhana berubah menjadi piknik karna jumlah undangan yang besar.

Halaman rumah Pasquier terlalu kecil untuk acara tersebut, sehingga ia memutuskan untuk memindah tempat makan malam ke Bois de Boulogne, salah satu tempat terkenal di Perancis tanpa izin. Pakaian warna putih menjadi ciri khas tamu undangan sehingga mereka bisa mengenali satu sama lain. Mereka juga diminta untuk membawa apapun yang ingin mereka makan. Tanpa sengaja Pasquier membuat fenomena baru yang akan berlanjut sampai 30 tahun mendatang.

Diner En Blanc, Makan Malam Rahasia Serba Putih yang Misterius
Foto: forbes.com

Diner En Blanc menjadi fenomena global dan diselenggarakan oleh berbagai negara tidak hanya di Paris, Perancis. Lebih dari 80 kota di dunia seperti New York, Washington, Los Angeles, Las Vegas, San Francisco, Chicago Bombay, Copenhagen, Rio, Montreal, Panama, Buenos Aires, Zagreb, Kuala Lumpur dan Bangkok juga menyelenggarakan Dinner In White tersebut.

Untuk bisa mengikuti makan malam bergengsi ini, kalian harus diundang oleh Mr. dan Mrs. White, host dari Diner En Blanc di negara tempat Diner En Blanc diselenggarakan. Terdapat dua cara agar kalian diundang. Pertama, kalian memiliki kolega atau sponsor yang telah diundang ke Diner En Blanc dan mengundang kalian untuk ikut serta bersama mereka. Kedua, kalian juga bisa mendaftar dalam daftar tunggu undangan di website mereka. Jadi sangat menguntungkan jika Ladies sudah memiliki kenalan di acara tersebut. Supaya tidak perlu harap-harap cemas menunggu dalam daftar waiting list. Hehehe…

Diner En Blanc, Makan Malam Rahasia Serba Putih yang Misterius
Foto: forbes.com

Diner En Blanc memiliki peraturan yang tergolong sederhana untuk sebuah acara golongan VVIP. Para tamu undangan diminta untuk bergaya stylish dengan warna serba putih. Mereka juga diminta untuk membawa perlengkapan piknik mereka sendiri dan dilarang membawa bir dan minuman yang berkadar alkohol tinggi.

Baca juga: Kuliner Khas yang Wajib Dicoba di Pulau Dewata

Acara dimulai jam 8 malam waktu setempat dan tempat acara diselenggarakan tidak akan diberitahukan sampai detik-detik terakhir. Ketika jam menunjukkan angka 8, para undangan akan menerima pesan di telepon genggam mereka mengenai tempat acara berlangsung dan diminta untuk menuju ke kesana. Acara selesai ketika tengah malam dan setiap tamu diminta untuk meninggalkan tempat acara dengan tertib dan tidak meninggalkan barang bawaanya. Gimana? Tertarik untuk ikut serta dalam makan malam unik ini?

 

Sumber: Forbes, France24, Foto cover: france34.com

Comments

Loading...