OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Desa Wisata Tipang Pesonanya Membuat Semua Orang Malas Pulang

Desa Wisata Tipang menjadi destinasi wajib bagi kamu yang akan mudik ke Sumatera atau lebih tepatnya di Kabupaten Humbang Hasundutan. Di sini wisatawan bisa menikmati berbagai keindahan, mulai dari sisi sejarah sampai alam.

Menurut cerita rakyat yang berkembang, kawasan ini sendiri merupakan peninggalan dari Suku Batak. Hal itu dapat dibuktikan dengan hadirnya sebuah rumah adat, sarkofagus, hingga Batu Marbonggar yang letaknya ada di perkampungan tua.

Sarkofagus ini sendiri memang cukup unik, karena bisa dihias dengan berbagai macam ornamen. Masyarakat sekitar percaya bila peti mati ini merupakan sebuah pelindung bagi jasad yang sudah mati terutama dari gangguan roh jahat.

Menikmati menu khas Desa Wisata Tipang

Desa Wisata Tipang Pesonanya Membuat Semua Orang Malas Pulang
Sumber: goodnewsfromindonesia.com

Lelah melihat berbagai macam benda bersejarah yang masih terus dipelihara di sini, saatnya untuk menikmati berbagai menu makanan khas yang rasanya sayang sekali jika dilewatkan. Ada Naniura atau orang modern menyebutnya sebagai sashimi khas Batak.

Komponen utamanya adalah ikan mentah, dari sini saja sudah mirip dengan makanan Jepang tersebut, bukan? Selanjutnya, ditambahkan beberapa bumbu seperti unte jungga atau asam batak, andaliman, jeruk, cabai merah, ketumbar, bawang merah, kemiri, kunyit, bawang putih, kecombrang atau bunga rias, dan kacang tanah.

Sebelum dilumuri semua bumbu tersebut di haluskan terlebih dulu. Satu alasan mengapa Naniura menjadi spesial di Desa Wisata Tipang adalah menu ini tidak bisa kamu temui di warung nasi. Jadi, ketika berkunjung ke rumah warga dan disuguhkan makanan ini beruntunglah kamu.

Karena Naniura memang seenak itu. Cita rasa rempah khas yang digunakan seakan terserap sempurna ke dalam ikan. Tidak cukup sampai di situ saja, penduduk sekitar juga sudah mengembangkan produk camilan sebagai oleh-oleh seperti keripik diva, kopi, sampai beras merah.

Pengunjung juga bisa membeli beberapa produk dari UMKM setempat yang mampu berkarya sehingga bisa menciptakan produk anyaman berasal dari daun pandan, ada tikat, keranjang dan masih banyak lagi. Dari segi harga cukup terjangkau, jadi tidak ada salahnya untuk membeli.

Keindahan alam yang cantik dan menawan

Desa Wisata Tipang Pesonanya Membuat Semua Orang Malas Pulang
Sumber: travelkompas.com

Bukan hanya sektor kuliner saja, kawasan ini juga mempunyai pemandangan alam yang tidak kalah mengesankan. Hamparan sawah hijau bisa kamu nikmati, apalagi kawasan ini berada di atas ketinggian. Tidak heran bila suasananya sangat sejuk dan tenang sepanjang waktu. Jangan lupa membawa jaket bila datang ke sini, karena kalau pagi suhunya sangat dingin, terutama saat musim kemarau datang, bisa sampai minus.

Pesona alam yang harus kamu nikmati saat berkunjung ke sini adalah Danau Toba, Air Terjun Sigota-gota. Pulau Sirungkungon, terasering sawah sibara-bara. Dan Pulau Simamora yang jadi salah satu primadona.

Harus diakui Pulau Simamora sendiri merupakan favorit, setiap pengunjung wajib datang dan menikmati pesonanya. Daya tariknya adalah bentuk yang hampir menyerupai seperti kura-kura. Satu kawasan lagi yang tidak boleh dilewatkan adalah air terjun Sipultak Hoda yang tidak kalah menawannya.

Fasilitas lengkap dan terjamin

Desa Wisata Tipang Pesonanya Membuat Semua Orang Malas Pulang
Sumber: travelkompas.com

Desa Wisata Tipang menjadi salah satu lokasi yang paling tepat apalagi, datang bersama keluarga di momen lebaran nanti. Tidak hanya menawarkan keindahan dan kenikmatan makanannya saja, melainkan fasilitasnya cukup lengkap.

Mulai dari akomodasi, tersedia berbagai pilihan hotel dan homestay sehingga tidak perlu takut kalau berkunjung ke sini. Setidaknya menikmati pemandangannya butuh waktu minimal 3 hari, agar puas eksplore seluruh potensinya, apalagi penduduk sekitar juga sangat ramah.

Mereka seakan senang bila ada orang luar mau berkunjung apalagi menginap. Tertarik berkunjung ke tempat ini? Lokasinya ada di Kecamatan Bakti Raja, menuju ke sini cukup mudah, arahkan langsung kendaraan ke kawasan Danau Toba.

Desa Wisata Tipang ini sudah cukup terkenal, jadi bisa mengikuti beberapa papan petunjuk yang ada di jalan raya, atau bertanya orang sekitar. Bisa juga mengaksesnya melalui aplikasi maps di smartphone, jadi, tidak ada alasan lagi untuk menolak pergi ke sini bukan?

Sebenarnya menggunakan transportasi umum juga sudah tersedia, bisa dari Medan menuju ke Bakti raja, atau ke Dolok Sanggul. Sudah tersedia bus dan ojek yang akan mengantarkan kamu menuju lokasi.

Keindahan Desa Wisata Tipang memang sempurna dan lengkap. Tidak heran bila Kemenparekraf Sandiaga Uno mengaku kagum ketika melakukan kunjungannya ke sini. Bagaimana sudah siap menikmati desa di pinggir Danau Toba?

Must Read

Related Articles