OUR NETWORK

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Traveling Ke Luar Negeri Saat Masih Muda

Sudah seberapa jauhkah Ladies keluar dari zona nyaman? Sudah berapa banyakkah kota dan negara yang Ladies kunjungi?

Jika Ladies mengira bahwa traveling ke sana, ke sini, ke negara ini, ke negara anu itu hanyalah buang-buang uang untuk jalan-jalan, maka segera ubah pandangan tersebut karena traveling menyimpan banyak manfaat .

“Iya deh nanti aku traveling-nya kalau udah pensiun, pas udah terkumpul banyak uang.”

Mungkin Ladies pernah juga berpikir demikian, atau mungkin pernah merasa malas traveling karena ribet, dan melelahkan. Jika demikian adanya, Ladies sebaiknya keep scrolling untuk mengetahui 7 alasan mengapa kita harus traveling sejak masih muda! Usia ternyata begitu penting loh dalam traveling. Ingin tahu mengapa? Simak ulasannya di bawah ini, Ladies. ? Traveling ternyata menyimpan manfaat besar, apalagi untuk anak-anak muda seusia kita.

1. Traveling mengubah pandanganmu tentang dunia.

Foto: transom.org

Saat ini, mungkin Ladies sudah betah di zona nyaman. Untuk keluar dari zona nyaman, memang dibutuhkan motivasi yang kuat sebab rasanya malas sekali harus melalui tektek-bengek proses traveling yang merepotkan, dari mulai packing, perjalanan, mencari tempat makan dan tempat menginap, kemudian packing untuk pulang, dan beres-beres di rumah sepulang travel. Rempong cyiinnttt ~  

Namun tahukah Ladies, saat Ladies keluar dari zona nyaman, Ladies akan memiliki kesempatan untuk melihat kondisi serta keindahan negara lain, misalnya sunset yang indah, binatang-binatang endemik, atau makanan khas negara tersebut. Mengapa sangat penting untuk menikmati keindahan tersebut sejak muda? Sebab saat masih muda, Ladies masih memiliki keinginan kuat untuk berpetualang. Memasuki usia semakin dewasa, maka semakin layu juga jiwa petualang Ladies. Jika demikian, Ladies tidak akan mengetahui apa saja sih yang dimiliki dunia, dan lebih parahnya lagi, Ladies tidak akan tahu apa yang Ladies lewatkan. Semakin dalam dan semakin banyak Ladies mengenal dunia, maka Ladies akan semakin menghargai kehidupan.

2. Traveling mengubah cara pandangmu terhadap sesama manusia.

Foto: tripadvisor.com

Akhir-akhir ini, isu rasialisme kembali memanas, bukan hanya di Indonesia tetapi juga di belahan dunia lain. Pandangan seseorang terhadap yang liyan (others) ternyata dapat dipengaruhi dari seberapa sering “piknik”-nya orang tersebut. Saat berpetualang ke tempat asing, Ladies akan mempelajari budaya dan norma yang berbeda dan asing pula. Memahami perbedaan dan menjalin hubungan pertemanan dengan orang-orang yang mungkin berbeda 1800 dengan Ladies sangatlah penting loh sebab, ternyata, orang yang berbeda dari Ladies itu banyaaaakkkk sekali. Nah dengan pertemanan ini, Ladies belajar untuk “merangkul”, bukan takut, orang-orang yang berbeda baik dari segi suku, ras, budaya, dan agama. Hasil akhirnya adalah pengertian dan pemahaman akan perbedaan satu sama lain. Bila sudah saling memahami, maka akan lebih mudah untuk saling menghargai.

3. Traveling membuatmu rendah hati.

Foto: hostelworld.com

Semakin tahu banyak, Ladies akan semakin paham bahwa kita hanya mengetahui sedikit hal. Saat ini mungkin Ladies berada di posisi yang cukup terhormat, mahasiswa yang cerdas dan pintar, atau karyawan teladan, dan pujian-pujian tersebut biasanya akan membuat Ladies melambung tinggi. Traveling akan membantu Ladies keluar dari zona nyaman tersebut dan membuat Ladies sadar bahwa dunia ternyata jauh lebih besar dari yang dikira. Lambat-laun ladies menyadari bahwa dunia tidak berpusat pada diri kita sendiri. Ladies pun akan memahami bahwa Ladies bukanlah ikan besar di lautan, melainkan hanya ikan teri di dalam ember. Akan tetapi, bukan berarti kamu tidak penting atau tidak berharga ya. Poinnya adalah, Ladies harus belajar menghargai situasi dan orang lain. Traveling mengajari Ladies untuk mengendalikan diri, dan melepaskan kendali atas pihak di luar Ladies.

4. Traveling mendorongmu untuk bersedia mengambil tantangan baru.

Foto: smartertravel.com

Selain membuatmu menjadi lebih rendah hati, traveling pun membantumu untuk memotivasi diri. Saat traveling, Ladies akan menyadari bahwa ternyata Ladies mampu melakukan hal yang Ladies pikir tidak mungkin untuk dilakukan. Traveling tidak selalu berjalan lancar, ada kalanya banyak kendala yang menyulitkan. Ladies tentu saja akan ketakutan karena terkena musibah di tempat asing. Namun saat Ladies berhasil mengatasi ketakutan dan masalah tersebut, Ladies akan menyadari bahwa Ladies mampu untuk menaklukkan masalah apapun. Pelajaran hidup ini sangat baik jika dilakukan secepat mungkin karena akan sangat bermanfaat di kemudian hari.

5. Traveling membuatmu mampu berempati pada penderitaan global.

Foto: AFP PHOTO/Prakash SINGH via dosed.in

Saat mengunjungi daerah-daerah lain, Ladies berkesempatan untuk melihat kondisi masyarakat yang mungkin tidak seberuntung Ladies. Apalagi jika Ladies mengunjungi daerah konflik, atau daerah yang masih dianggap belum maju. Dijamin deh, Ladies akan kehilangan rasa egois dan sikap tidak peduli pada sesama, yang mungkin saat ini masih menjangkiti hati. Dengan melihat pemandangan menyakitkan tersebut, Ladies akan mampu mensyukuri segala yang Ladies miliki, dan menghargai apapun yang Ladies terima.

6. Traveling memperluas wawasan pengetahuanmu.

Sumber: hotelcluster.com

Ada banyak pelajaran, yang tidak diajarkan di sekolah, yang akan Ladies dapatkan melalui traveling. Ladies akan mempelajari sejarah, budaya, geografi, arsitektur, filsafat, dan sastra secara langsung, tanpa melalui ceramah-ceramah perkuliahan yang membosankan. Ladies pun pasti akan lebih bisa mengingatnya karena pelajaran ini Ladies dapatkan melalui cara yang sangat menyenangkan.

7. Umur siapa yang tahu, jadi, nikmati hidup mulai saat ini!

Foto: smallbiztrends.com

Kebanyakan orang mengesampingkan traveling karena mereka terkendala berbagai tanggung jawab, seperti perkuliahan, pekerjaan, ataupun permasalahan keluarga. Tentu saja hal tersebut sangat bisa dipahami. Namun jangan sampai Ladies berpikir “Traveling-nya nanti aja ah kalau udah sukses, udah pensiun, udah nggak kerja lagi.” Sebab Ladies tidak tahu apa yang akan terjadi dalam hidup Ladies. Apabila sesuatu hal yang buruk terjadi, dan Ladies tidak mencapai usia yang dicita-citakan, Ladies tidak bisa berbuat apa-apa kan ☹ Oleh sebab itu, luangkanlah waktu untuk traveling dan lihatlah keindahan dunia selagi bisa!

Yuk ah, siapin bucket list tujuan traveling!

Sumber: lifehack, Foto cover: theodysseyonline.com

Comments

Loading...