OUR NETWORK

Pekan lalu, publik Indonesia dihebohkan dengan kedatangan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama beserta keluarga, dan rombongannya yang berjumlah 14 orang. Kedatangan presiden kulit hitam pertama di Amerika Serikat tersebut bukan dalam rangka kenegaraan ataupun kepentingan politik, melainkan dalam rangka berlibur.

Bali menjadi tempat pilihan keluarga Obama. Selain ingin menikmati keindahan alam, Obama pun ingin bernostalgia masa kecilnya dulu. Seperti yang sudah publik ketahui pula, Obama pernah menghabiskan masa kecilnya di Indonesia.

Foto: harpersbazaar.com
Foto: harpersbazaar.com
Foto: harpersbazaar.com
Foto: harpersbazaar.com
Foto: harpersbazaar.com

Kedatangan Obama tentu saja menjadi ajang promosi wisata Indonesia, terutama Bali, secara gratis dan besar-besaran ke hadapan dunia. Di masa liburannya dari tanggal 23 hingga 28 Juni lalu, ada lima tempat wisata yang dikunjungi oleh Barack Obama, Michelle Obama, Malia Obama, dan Sasha Obama tersebut. Apa saja? Simak daftarnya di bawah ini, Ladies. ?

1. Menginap di Hotel Four Seasons Bali, Desa Sayan, Ubud.

Sebelum memasuki daerah wisata, yuk kita bahas dulu tempat menginap pilihan keluarga Obama, Hotel Four Seasons Bali di Desa Sayan, Ubud. Tidak tanggung-tanggung, kamar yang disewa adalah Royal Villa dengan tarif sekitar Rp 95 juta per malam di high season, alias musim liburan! Glek.

Foto: fourseasons.com

Royal Villa adalah villa dua lantai dengan tiga tempat tidur yang megah, dan dikelilingi pemandangan Sungai Ayung yang menakjubkan, dataran tinggi, dan teras sawah. Di lantai pertama, terdapat teras untuk berjemur, kolam renang luas, ruang tamu, dapur, ruang makan, ruang terbuka, dan kamar tidur utama. Sementara di lantai dua, terdapat ruang tamu kecil, dan dua kamar tidur tambahan.

Foto: fourseasons.com
Foto: fourseasons.com

2. Agung Rai Museum of Art (ARMA)

Foto: armabali.com
Foto: armabali.com
Foto: armabali.com
Foto: armabali.com

Agung Rai Museum of Art (ARMA) atau Museum Seni Agung Rai adalah salah satu museum seni rupa di Bali yang menyimpan berbagai koleksi lukisan buah karya pelukis-pelukis ternama, baik pelukis dalam negeri maupun mancanegara. Selain menjadi museum, ARMA pun menjadi pusat visualisasi dan seni pertunjukan. Para pengunjung diberikan kesempatan untuk menikmati pameran permanen dan temporer karya berbagai seniman, pertunjukan teater, tarian, musik, dan kelas melukis. Museum ini pun dilengkapi dengan toko buku, ruangan baca, perpustakaan, bengkel budaya, program pelatihan dan seminar. Beberapa koleksi lukisan Arma antara lain lukisan Kamasan klasik yang dibuat di atas kulit kayu, masterpieces para seniman batuan dari tahun 1930-an hingga 1940-an, karya-karya Raden Saleh Syarif Bustaman, Walter Spies, I Gusti Nyoman Lempad, Ida Bagus Buat, Anak Agung Gede Sobrat, I Gusti Deblog, Willem Gerald Hofker, dan Adrien le Mayeur De Merpes.

3. Sawah Terasering Jatiluwih, Tabanan, Kabupaten Gianyar.

Foto: pinterest.com
Foto: pinterest.com

Obama sepertinya memiliki ketertarikan pada suasana pedesaan hingga memilih untuk mendatangi Desa Jatiluwih, Tabanan. Desa yang berada pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut ini berdekatan dengan Gubung Batu Karu yang terkenal dengan panorama sawah terasering. Bali memang dikenal dengan sawah terasering, dan Desa Jatiluwih menawarkan pemandangan sawah terasering terbesar di Bali, yaitu sekitar 636 hektar. Sistem pengairan sawah menggunakan sistem subak, yaitu sistem irigasi tradisional Bali. Subak pun memiliki pura yang dibangun untuk memuja dewi kemakmuran atau dewi kesuburan. Selain pemandangan undakan sawah, wisatawan dapat menikmati pemandangan sungai, pura, atau rumah-rumah penduduk yang masih sederhana. Benar-benar alami dan damai! Eco-wisata ini sudah ditetapkan sebagai situs warisan budaya oleh UNESCO pada tahun 2012 silam loh, Ladies.

4. Rafting Sungai Ayung, Badung.

Foto: people.com
Foto: kompas.com

Di hari ketiganya di Bali, Obama, keluarganya serta sejumlah pengawal pribadinya memilih untuk bermain rafting di Sungai Ayung, Desa Bongkasa Pertiwi, Badung. Agar keselamatan mantan orang nomor satu di Negara Paman Sam tersebut terjamin, Desa Rafting selaku operator rafting terpilih, menurunkan guide yang profesional dan berpengalaman.

5. Pura Tirta Empul dan Pura Gunung Kawi, Gianyar.

Foto: harianterbit.com
Foto: sindonews.com

Obama menutup rangkaian liburannya dengan mengunjungi Pura Tirta Empul dan Pura Gunung Kawi di Desa Tampaksiring, Gianyar. Kedua pura tersebut masuk ke dalam daftar objek wisata yang wajib dikunjungi jika Ladies berlibur ke Bali. Selain nuansanya yang tenang dan damai, kedua pura tersebut pun memiliki nilai historis yang tinggi.

Boleh dicoba nih tujuan wisatanya keluarga Obama. Let’s go!

Sumber: Tribun News, Asosiasi Museum Indonesia, Blingurah, Foto cover: foxnews.com

Comments

Loading...