OUR NETWORK

5 Kota Tujuan Wisata Kuliner di Indonesia

Libur panjang memang masih lama, tetapi tidak ada salahnya untuk mulai mencari destinasi wisata. Barangkali bisa ladies kunjungi saat berlibur di akhir pekan atau bisa untuk persiapan dari jauh hari. Nah, bagi ladies yang sangat menggemari wisata kuliner, ada 5 kota tujuan wisata kuliner di Indonesia yang menjadi surganya penikmat kuliner. Apa saja? Yuk simak daftarnya di bawah ini.

1. Bandung

wisata kuliner

Kreativitas warga Bandung dalam menciptakan ragam menu kuliner memang patut diacungi jempol. Tidak salah jika setiap akhir pekan, Bandung pasti dipadati oleh wisatawan dari luar kota seperti Jakarta. Bandung memang jadi salah satu kota tujuan wisata kuliner. Dari mulai kuliner berat seperti ayam dengan aneka sambal, dan soto Bandung, lalu aneka jajanan seperti cuanki, mie kocok, mie ayam, bakso, batagor, siomay. Selain itu jajanan tradisional seperti andrek, bajigur, es goyobod, es cendol, comro, misro, cireng, colenak, dan  surabi pun masih banyak dijual. Tak hanya itu, ada pula oleh-oleh khas Bandung yang sangat terkenal yaitu brownies kukus Amanda, dan pisang bolen Kartika Sari. Di kota Bandung pun kini mula menjamur restoran bergaya Jepang, Korea, maupun barat sebagai pilihan bagi anak muda.

Kalau bertandang ke Bandung, bisa dipastikan ladies akan bingung mau membawa menyantap dan membeli oleh-oleh apa saja karena terlalu banyak pilihan.

2. Daerah Istimewa Yogyakarta

sate-klathak-wisata-kuliner

Kuliner Yogyakarta biasanya memiliki rasa manis dan gurih. Contohnya adalah gudeg, aneka bacek, bakmi Jawa, gulai, tongseng, sate, nasi pecel, ayam geprek, hingga sate klathak. Yogyakarta juga terkenal dengan angkringannya yang menjual ragam menu dan asyik untuk menjadi tempat nongkrong bersama teman-teman. Untuk oleh-oleh, tentu saja bakpia, jenang, getuk, wajik, dan yangko masuk ke dalam daftar wajib dibeli.

3. Makassar

coto-makassar-wisata-kuliner

Kalau ladies ingin menikmati hidangan yang sedikit berminyak, datanglah ke Makassar. Dari mulai coto Makassar, mie titi, pallubasa, ragam olahan iga, otak-otak hingga hidangan penutup mulut seperti es pisang ijo dan es palu butung.

4. Palembang

tekwan-palembang

Pempek Palembang memang telah terkenal ke seluruh penjuru Indonesia. Rasa gurih pempek dipadukan dengan segarnya cuko membuat banyak orang jatuh cinta. Namun ladies harus mencoba pempek langsung di kotanya karena rasanya pasti beda. Selain pempek, Palembang memiliki kuliner lain seperti tekwan, mie celor, es kacang merah, dan tempoyak.

5. Jakarta

bubur-kwang-tung

Ladies ingin mencoba kuliner nasional dan juga internasional? Jakarta lah tempatnya. Dengan statusnya sebagai ibu kota, Jakarta menjadi pilihan utama bagi perantau dari daerah lain, juga pemilik restoran luar negeri untuk memperkenalkan masakannya ke khalayak umum Indonesia. Hidangan nasional seperti kuliner Betawi, Padang, Sunda, hingga ke hidangan internasional seperti Hongkong, Prancis, Jepang, Italia, Korea Selatan maupun negara lainnya tersedia di Jakarta. Tinggal pilih sesuai budget dan juga jarak tempuhnya, maklum ke mana-mana macet…

Itu di 5 kota tujuan wisata kuliner di Indonesia. Kota kamu termasuk nggak? Atau malah nggak termasuk, padaha kulinernya nggak kalah enak? Kasih tau kita dong, ladies. Kulineran bareng yuk!

Referensi: ulinulin, Detik Travel

Comments

Loading...