Free Porn
xbporn
OUR NETWORK

Soto Medan Kelezatan yang Autentik dari Sumatera Utara

Soto merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang terkenal di seluruh negeri. Setiap daerah memiliki variasi soto yang berbeda, dan salah satu yang paling terkenal adalah Soto Medan.

Kuliner satu ini adalah hidangan tradisional yang berasal dari Sumatera Utara dan telah menjadi favorit bagi banyak orang karena cita rasanya kaya dan unik. Tidak heran bila direkomendasikan oleh seluruh wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Sejarah Soto Medan

Soto Medan Kelezatan yang Autentik dari Sumatera Utara
Sumber: resep kue renyah

Makanan ini diperkirakan telah ada sejak awal abad ke-20. Namun, asal-usulnya tidak dapat dipastikan dengan pasti. Beberapa sumber mengatakan bahwa kuliner tersebut terinspirasi oleh hidangan Tionghoa yang disebut “Mie Sui”.

Kemudian dalam prosesnya disesuaikan dengan bumbu dan cita rasa Indonesia. Ada juga yang berpendapat bahwa menu ini juga terpengaruh oleh India dan Arab. Terutama dalam penggunaan rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan jintan, sehingga dalam perkembangannya menjadi seperti sekarang ini.

Bagaimana Perbedaan dengan Soto Lainnya?

Soto Medan Kelezatan yang Autentik dari Sumatera Utara
Sumber: sripoku.com

Soto Medan memiliki ciri khas yang membedakannya dari soto-soto lainnya di Indonesia. Salah satu perbedaan paling mencolok adalah kuahnya cukup kental dan kaya akan rempah-rempah selain itu, terbuat dari kaldu tulang sapi.

Saat diolah masih ditambah dengan bumbu-bumbu seperti serai, daun jeruk, lengkuas, bawang merah, dan bawang putih. Ini memberikan rasa yang kuat dan lezat pada sehingga sulit untuk menolaknya.

Selain itu, daging yang digunakan dalam soto Medan juga berbeda. Biasanya menggunakan sapi dipotong tipis atau menggunakan campuran jeroan seperti usus, hati, atau babat. Dalam beberapa variasinya, ada yang menggunakan daging babi.

Tambahan lainnya yang membuat kuliner khas ini terasa istimewa adalah penggunaan mie kuning sebagai komponen utama dalam hidangannya. Mie kuning yang digunakan terbuat dari tepung terigu dan telur.

Baca juga: Rekomendasi Soto Tangkar Legendaris di Jakarta, Asli Betawi Punya!

Harus diakui, kehadirannya memberikan tekstur yang kenyal dan lezat saat dicampur dengan kuah soto yang kaya. Perpaduan luar biasa, dan kalau sudah masuk ke mulut rasanya benar-benar sulit untuk berhenti.

Rekomendasi Tempat Untuk Mencobanya

Soto Medan Kelezatan yang Autentik dari Sumatera Utara
Sumber: herstory.com

Melihat dari apa yang sudah disampaikan di atas, rasanya ingin mencoba untuk menikmatinya. Tetapi, pedagang di Kota Medan cukup banyak menjual kuliner khas ini, berikut akan kami rekomendasikan agar tidak salah pilih.

  1. Soto Kesawan, terletak di Jalan Ahmad Yani No. 92, salah satu tempat makan terkenal untuk menikmati kuliner ini. Mereka menyajikannya dengan kuah kental dan beraroma, serta daging yang empuk.
  2. Soto Medan Bang Haji, terletak di Jalan Sumatera No. 5, tempat ini juga layak dicoba. Mereka menawarkan menu dengan kuah segar dan daging empuk. Selain itu, mereka juga memiliki variasi pilihan seperti daging, babat, atau mie saja.
  3. Soto Bang Anto berada di Jalan Negara, dengan cita rasanya lezat, daging empuk, kuah kental, pasti ingin nambah. Jangan berpikir harganya mahal ya, karena cukup terjangkau dan cenderung murah bila dibandingkan dengan cita rasa serta isinya melimpah.
  4. Rumah makan Sinar Pagi di Jalan Sei Deli nomor 2D/1. Harus diakui kawasan ini sangat terkenal karena, hampir semua kalangan termasuk artis selalu mengunjunginya. Buka setiap hari jam 7 pagi sampai 2 siang. Merupakan salah satu yang legendaris karena sudah ada sejak tahun 1962, harganya mulai dari Rp35.000.

Pastikan untuk mencicipi soto Medan dengan tambahan bawang goreng, irisan daun bawang, dan kerupuk sebagai pelengkapnya. Bagaimana sudah penasaran dengan cita rasa? Ayo ke Medan dan nikmati cita rasa yang membuat kamu pasti ketagihan!

Must Read

Related Articles