OUR NETWORK

Kejadian Seru dan Daftar Pemenang di Ajang Oscars 2017

Penghargaan tertinggi untuk insan perfilman dunia telah selesai dihelat pada hari Minggu malam waktu Amerika setempat (27/2/2017). Seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan Oscars selalu berhasil berlangsung secara meriah dengan menampilkan berbagai bintang tamu kelas atas.

Salah satu bintang yang cukup menyita perhatian adalah Justin Timberlake. Dengan membawakan lagu Can’t Stop the Feeling, Justin Timberlake membuat semua orang yang berada di Dolby Theatre, Los Angeles, California menari. Dan di akhir penampilannya, ada reuni yang tidak terduga antara Justin dan Ryan Gosling. FYI, mereka dulu tergabung di The Mickey Mouse Club bersama Britney Spears, Christina Aguilera, dan masih banyak lagi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Oscar ini juga memecahkan banyak rekor dan memberikan kejutan kepada semuanya. Salah satu rekor yang dipecahkan adalah banyaknya jumlah nominasi dan penghargaan yang disabet oleh La La Land.

inilah-daftar-pemenang-di-oscar-2017-a
Viola Davis, Best Supporting Actress.

Film La La Land ini sebelumnya telah memboyong 7 trofi dari kategori Golden Globe Award, dan kali ini di Oscar ia kembali memecahkan rekor.

La La Land berhasil menyabet 14 nominasi. Bahkan, keberhasilan dari film musikal ini menyamai rekor All about Eve di tahun 1950 dan Titanic di 1997.

Film hasil tulisan dan besutan Damien Chazelle yang sebelumnya sukses dengan Whiplash ini akhirnya meraih 6 Oscar di Academy Awards 2017 ini. Perolehan ini termasuk, kategori sinematografi, sutradara terbaik, produksi, penata musik, soundtrack, dan aktris terbaik untuk Emma Stone.

inilah-daftar-pemenang-di-oscar-2017-b
Cassey Affeck. Via ABC Net

Dalam gelaran, Academy Awards 2017, sempat diwarnai kebingungan saat dua presenter yakni Warren Beatty dan Faye Dunaway menyebutkan La La Land merupakan pemenang kategori film terbaik. Namun ternyata itu merupakan kesalahan. Amplop yang mereka terima tertulis kategori Aktris terbaik yang sebelumnya telah diterima Emma Stone. Parahnya lagi, kru film La La Land sudah naik ke panggung untuk merayakan kemenangan mereka. Salah satu produsernya pun menyadari kesalahan ini dan segera mengklarifikasi dan mempersilakan kru film Moonlight untuk menggantikan tempat mereka.

Yep, kategori Best Picture yang sebenarny dimenangkan oleh film Moonlight. Duh, ada-ada saja ya. Beberapa orang jadi menyalahkan Warren Beatty dan menyebutnya sebagai Steve Harvey-nya ajang Oscars. Tapi, sebenarnya siapa coba yang memberikan amplop yang salah? ? Terlepas dari itu, ajang Oscars jadi perbaikan signifikan setelah ajang sebelumnya diwarnai hashtag #OscarsSoWhite karena hanya sedikit pelaku film non-kulit putih yang diapresiasi. Di tahun ini sendiri aktor dan aktris kulit hitam Mahershala Ali (yang juga seorang Muslim pertama yang berhasil memenangkan Oscar) dan Viola Davis.

inilah-daftar-pemenang-di-oscar-2017-c
Emma Stone, Best Actress. Via ABC Net.
Mahershala Ali, Best Supporting Actor. (Photo by Chris Pizzello/Invision/AP)

Lalu siapa saja pemenang kategori utama di gelaran Academy Awards atau Oscar 2017? Berikut ini daftarnya.

  • Best Picture (Film Terbaik): Moonlight
  • Best Actor (Aktor Terbaik): Casey Afflect (Manchester by the Sea)
  • Best Actress (Aktris Terbaik): Emma Stone (La La Land)
  • Best Supporting Actor (Aktor Pendukung Terbaik): Mahershala Ali (Moonlight)
  • Best Supporting Actress (Aktris Pendukung Terbaik): Viola Davis (Fences)
  • Best Director (Sutradara Terbaik): Damien Chazelle (La La Land)
  • Best Animated Featured (Film Animasi Terbaik): Zootopia
  • Best Adapted Screenplay (Adaptasi Terbaik): Moonlight
  • Best Original Screenplay (Skenario Asli Terbaik): Manchester by the Sea
  • Cinematography (Sinematografi Terbaik): La La Land
  • Best Documentary Feature (Dokumenter Terbaik): O.J.: Made in America
  • Best Film Editing (Film Editing Terbaik): Hacksaw Ridge
  • Best Foreign Language Film (Film Berbahasa Asing Terbaik: The Salesman
  • Best Original Score (Original Score): La La Land
  • Best Original Score (Soundtrack Terbaik): La La Land

Nah, apakah jagoan kamu termasuk sebagai pemenangnya? Semoga ya, ladies. Kalau enggak ya nggak apa-apa, mungkin masih bisa menang di tahun-tahun mendatang. 

Sumber: ABC News, ABC Net, Sindo News

Comments

Loading...