OUR NETWORK

Panduan Lengkap Mengenakan Dress Code yang Tepat

Panduan Lengkap Mengenakan Dress Code yang Tepat
Foto: livingly.com

Sepertinya nggak ada yang lebih memusingkan dibandingkan dengan mempersiapkan diri untuk menghadiri sebuah pesta baik itu pernikahan teman maupun pesta lainnya. Apalagi, kalau di undangan sudah tercantum jelas bahwa Ladies harus mengenakan dress code tertentu. Pusing juga kan Ladies buat memikirkan harus pakai pakaian seperti apa meski di undangan sudah tertera “semi formal”, “kasual”, dan lain-lain. Ketakutan kalau-kalau kita sampai salah kostum pun menghantui. Uuugh jangan sampai ya, Ladies… 

Baca juga: Cantiknya Para Aktris Senior Ini di Red Carpet Emmy Awards

Nah, untuk menjawab kesulitan kamu yang sedang menebak-nebak makna apa dibalik ketentuan dress code pada setiap undangan, berikut ini ada panduan untuk beberapa dress code yang paling umum yang bisa kamu jadikan inspirasi, Ladies.

1. Dress Code Black Tie

Panduan Lengkap Mengenakan Dress Code yang Tepat
Foto: Andres Otero/WENN.com via stylecaster

Yang satu ini sih mungkin sudah jelas buat kaum pria ya, Ladies. Artinya doi disuruh mengenakan tuksedo. Nah, buat wanita ketentuan ini sedikit lebih rumit, yang secara teknis bisa mengenakan apa saja dari gaun panjang hingga gaun koktail formal. Cara terbaik untuk mengetahui apa yang akan dikenakan adalah berpakaian sesuai dengan apa yang kamu harapkan akan dikenakan oleh tuan rumah. Misalnya saja, untuk menghadiri pernikahan kelas atas, kamu bisa mengenakan gaun. Jika undangan pesta yang berkaitan dengan pekerjaan, maka pilihan gaun hitam simpel dengan perhiasan sepertinya lebih tepat untuk kamu kenakan. Intinya, gunakan gaun panjang untuk wanita dan tuksedo hitam untuk pria.

2. Dress Code Black Tie Optional

Panduan Lengkap Mengenakan Dress Code yang Tepat
Foto: gettyimage via stylecaster

Salah satu kode berpakaian yang lebih ‘samar’ nih, Ladies. Pria diberi pilihan untuk mengenakan tuksedo atau jas hitam dan dasi karena pria diberi pilihan berpakaian dengan cara yang lebih kasual. Aturan berpakaian juga lebih terbuka untuk wanita yang bisa mengenakan apa saja dari gaun panjang hingga gaun koktail formal. Intinya adalah dress code ini seolah meminta kamu untuk tidak terlihat seolah-olah sedang dalam perjalanan menuju Oscar, tetapi juga tetap harus berusaha dengan pakaian formal. Untuk Ladies, kamu bisa mengenakan gaun dengan perhiasan dan pria bisa mengenakan jas hitam dengan dasi kupu-kupu.

3. Dress Code Creative Black Tie

Panduan Lengkap Mengenakan Dress Code yang Tepat
Foto: gettyimage via stylecaster

Kode ini memungkinkan kamu mengenakan apa yang kamu senangi, Ladies. Pria, misalnya, harus merasa bebas untuk mengenakan kemeja hitam atau dasi kupu-kupu merah. Sementara itu, wanita juga didorong untuk tidak tampil terlalu serius. Masih bingung? Pikirkan dasi hitam kreatif sebagai dasi hitam trendi. Seringkali, dasi hitam kreatif adalah harapan di pesta-pesta tema dengan kode berpakaian seperti “1920-an Black Tie” atau “Texas Black Tie”, dan dalam kasus tersebut, pilihlah tampilan bergaya yang sesuai dengan tema tersebut. Misalnya, dengan kode berpakaian yang menyebut Texas Black Tie, seorang pria akan mengenakan tuksedo, dasi bolo, dan sepatu bot koboi, dan seorang wanita bisa mengenakan gaun dan topi koboi. Intinya, kamu bisa mengenakan gaun formal tapi trendi dan tuksedo dengan kemeja hitam untuk pria. Sebisa mungkin buat inovasi dan kreasi pada kedua jenis pakaian itu ya, Ladies.

4. Dress Code Cocktail

Panduan Lengkap Mengenakan Dress Code yang Tepat
Foto: gettyimage via stylecaster

Untuk pria, kode berpakaian ini menuntut setelan gelap dengan dasi. Tapi, untuk wanita, gaun pendek dengan perhiasan yang kamu senangi jauh lebih mengesankan, Ladies. Jika ragu, kenakan gaun hitam pendek dengan perhiasan yang berkilau, atau buat kamu yang lebih suka memakai pakaian berwarna, pilihlah sesuatu yang cerah dan feminin.

5. Dress Code Festive

Panduan Lengkap Mengenakan Dress Code yang Tepat
Foto: pinkpeonies via stylecaster

Kode berpakaian ini lebih bebas Ladies, karena biasanya muncul dalam undangan yang berbau liburan atau pesta koktail. Gaun payet gemerlap atau rok satin merah sangat cocok untuk dress code ini. Sementara itu, pria bisa mengenakan jas dan dasi bertema liburan.

6. Dress Code Business Formal

Panduan Lengkap Mengenakan Dress Code yang Tepat
Foto: theglamorai via stylecaster

Inilah kode berpakaian di banyak acara semi formal di siang hari (terutama makan siang dan konferensi kerja). Kode berpakaian ini menuntut setelan jas dan dasi untuk para lelaki dan gaun khusus atau setelan jas untuk wanita.

7. Dress Code Business Casual

Panduan Lengkap Mengenakan Dress Code yang Tepat
Foto: camille over the rainbow via stylecaster

Sebagian besar perusahaan memiliki kode berpakaian yang menyerukan pakaian bisnis bernuansa kasual. Untuk wanita, kamu bisa mengenakan celana dan blazer,  atau rok pensil dan blus. Untuk pria, kamu bisa memakai celana panjang atau celana chino dan kemeja berkerah. Meski bernuansa kasual tapi kamu tetap nggak boleh pakai jeans atau sepatu kets ya.

8. Dress Code Casual Dressy

Panduan Lengkap Mengenakan Dress Code yang Tepat
Foto: what i wore via stylecaster

Kode berpakaian ini menuntut penampilan kasual yang sedikit lebih bergaya, Ladies. Untuk wanita, kamu bisa melengkapi celana kamu dengan sepasang sepatu boot yang asyik. Tambahkan juga sepatu hak untuk meninggikan jeans, atau pasangkan jumpsuit dengan kemeja berkerah. Untuk pria, kamu bisa kenakan jeans favorit kamu dengan blazer.

9. Dress Code Casual

Panduan Lengkap Mengenakan Dress Code yang Tepat
Foto: shout out to you via stylecaster

Nah ini dia Ladies. Kode berpakaian kasual yang satu ini memungkinkan kamu untuk bergaya sesuai dengan apa yang nyaman kamu kenakan. Jeans dan sepatu kets untuk pria dan wanita, atau pilihan dress yang santai dan nyaman.

Baca juga: Gaya Kasual di Red Carpet MTV Movie Awards 2017

Itulah beberapa dress code yang bisa kamu jadikan referensi sebelum pergi ke acara-acara penting kamu, Ladies. Memilih pakaian harus tetap menyenangkan dan nggak boleh bikin kamu stres ya. Hehehe…

 

Sumber: stylecaster

Comments