OUR NETWORK

Kulit Mulus dan Sehat dengan DIY Sugar Wax Alami

Kulit Mulus dan Sehat dengan DIY Sugar Wax Alami
Foto: pinterest.com

Untuk memaksimalkan penampilanmu, tak jarang kamu ingin menunjukkan penampilan mulus tanpa bulu, bukan? Seperti salah satunya, kaki mulus tanpa bulu saat mengenakan rok. Berbagai cara pun dilakukan, mulai dari mencukur, hingga waxing. Namun, waktu sempit yang tersita oleh beragam aktivitas, tentunya, membutuhkan metode perawatan yang dapat menjaga kulitmu mulus tanpa bulu dalam jangka waktu panjang. Hal inilah yang kemudian ditawarkan oleh metode waxing.

Meski saat ini sudah banyak layanan jasa waxing, ternyata waxing lebih aman dilakukan di rumah, Ladies! Dengan melakukan waxing di rumah, kamu bisa memperkecil kemungkinan infeksi daripada di salon. Hal ini dikarenakan, kamu dapat mengendalikan kebersihan tangan dan ruangan tempat kamu akan melakukan wax.

Baca juga: Hal-hal yang Wajib Diketahui Sebelum Hilangkan Bulu dengan Metode Laser

Dermatolog dan asisten professor di Departemen Dermatologi Ronald O. Perelman NYC, Ladan Shahabi, menyarankan, sebelum memulai waxing, kamu perlu mencuci tanganmu untuk menghindari infeksi yang kemungkinan terjadi ketika ada robekan kecil muncul di kulitmu. Kamu juga disarankan untuk membersihkan seluruh peralatan yang akan digunakan dengan alkohol untuk mencegah pembunuhan bakteri, Ladies.

Selain itu, dengan melakukan waxing di rumah, kamu pun dapat memilih produk yang akan digunakan secara lebih bebas, sehingga kamu dapat menggunakan produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu untuk mendapatkan hasil terbaik. Namun, jika kamu masih merasa ragu atas kecocokan kulitmu dengan berbagai bahan kimia yang terkandung dalam produk-produk yang ada, kamu bisa membuat wax sendiri dengan bahan alami yang ada di sekitarmu, Ladies! Salah satunya ialah sugar wax.

Wax ini merupakan wax yang paling mudah dibuat, tapi memberikan banyak manfaat pada kulitmu. Karena ia larut dalam air, sisa pemakaian wax ini sangat mudah dibersihkan! Cukup bilas sisa wax dengan air sabun. Wax ini juga dapat digunakan oleh kulit sensitif, Ladies. Dikutip dari hellosehat.com, berikut ini salah satu tips pembuatan sugar wax yang bisa kamu lakukan di rumah. Check it out!

Bahan-bahan:

  • Gula pasir 250 gr
  • Madu 250 gr
  • Sari Lemon 125 gr

Cara Membuat:

  1. Lelehkan gula dengan menggunakan api kecil dalam panci berukuran sedang. Aduk hingga berwarna kecokelatan. Biarkan mencair hingga menjadi caramel.
  2. Masukkan sari lemon dan madu ke dalam panci, kemudian aduk seluruh bahan dengan menggunakan spatula atau sendok kayu. Aduk hingga campuran mencapai kekentalan yang tepat. Jangan sampai terlalu keras. Jika sampai terjadi, campurkan satu sendok makan air untuk mengencerkannya.
  3. Setelah selesai, biarkan hingga campuran wax tersebut hingga agak dingin.

Cara Pemakaian:

  1. Sebelum menggunakan wax, kamu perlu memeriksa panjang bulumu. Jika bulumu memiliki panjang kurang dari 3-6 mm, maka, proses waxing tidak akan mencabut bulu hingga ke akarnya. Namun, jika terlalu panjang, kamu akan mengalami kesakitan yang cukup besar saat waxing. Sebaiknya kamu cukur dulu sampai ke panjang yang ideal untuk waxing.
  2. Siapkan strip wax atau secarik kain.
  3. Taburkan bedak bayi pada daerah yang akan di wax agar bulu menempel pada wax.
  4. Letakkan selembar kain ke daerah yang telah diberi wax, dan tekan dengan lembut ke arah tumbuhnya bulu.
  5. Jika kain telah melekat, tarik tepi bawah dan cabut secara cepat berlawanan dengan arah bulu. Jika kamu melakukan waxing di area berkerut atau berlipat, pastikan untuk meratakan kulitmu terlebih dahulu untuk meminimalisir rasa sakit yang timbul.
  6. Jika masih ada sisa wax yang menempel di kulitmu, kamu dapat membilasnya dengan air hangat atau gunakan larutan satu sendok baking soda dan air yang telah dingin untuk membilas sisa wax.

Cara Menyimpan Sisa Wax:

  • Jika sugar wax yang kamu buat masih tersisa, kamu dapat menyimpannya di kulkas. Sugar wax akan bertahan selama 15 hari. Jika kamu ingin membuat sugar wax tersebut bertahan beberapa bulan, kamu perlu menyimpannya di dalam freezer.

Baca juga: Tweezist, Akun Instagram yang Berdedikasi Penuh pada Pencabutan Ingrown Hair

emakin rutin kamu melakukan waxing, folikel rambut akan melemah sehingga dapat memperlambat produksi rambut. Dengan kata lain, kamu dapat memperoleh kulit mulus tanpa bulu lebih lama. So, selamat mencoba, Ladies!

Sumber: hellosehat , Foto cover: navjits

Comments