OUR NETWORK
DIY Pembersih dan Pengharum Lubang Toilet

Menjaga agar toilet tetap wangi dan bersih memang sangat mungkin dilakukan, tetapi cukup sulit. Ladies mungkin harus membersihkan toilet setidaknya tiga hari sekali. Jika lebih lama dari itu, kemungkinan besar toilet sudah mengeluarkan bau-bauan khasnya. Namun, jika Ladies ingin menyikat toilet menjadi lebih mudah, ada triknya loh. Salah satunya adalah dengan membuat pembersih toilet sendiri alias DIY.

“Duh, ribet dong ..”

“Duh, bahaya dong karena banyak produk kimia berbahayanya …”

Berita gembiranya, DIY ini tidak sulit dilakukan dan bahan-bahannya pun cukup mudah ditemukan dan aman bagi lingkungan. Dua bahan inti dari DIY ini adalah cuka dan baking soda. Dengan mencampurkan kedua bahan tersebut, dan bisa juga ditambahkan bahan lain, Ladies bisa mengurangi “pekerjaan kotor” Ladies hihihi. Penasaran? Yuk intip cara pembuatannya!

Alat dan bahan.

  1. 170 gram/ ½ cup baking soda
  2. 60 ml / ¼ cup sabun castile cair (sabun minyak zaitun)
  3. 10 tetes minyak esensial (opsional)
  4. 60 ml / ¼ cup  hidrogen peroksida
  5. 240 ml / 1 cup air panas
  6. 60 ml / ¼ cup cuka
  7. Mangkuk besar
  8. Alat ukur (bisa gelas ukur ataupun timbangan)
  9. Whisk
  10. Corong
  11. Botol pencet

Langkah pembuatan.

  1. Saran dari Mera Muda, sebaiknya Ladies sudah memiliki measurement cup-nya terlebih dahulu agar proses pembuatan DIY ini dapat lebih mudah dilakukan. Ada dua jenis alat ukur, untuk yang cair dan kering. Alat ukur ini sangat berguna loh jadi hitung-hitung berinvestasi.

Sendok ukur untuk bahan kering

Foto: amazon.com

Gelas ukur untuk bahan cair

Foto: pinterest.com

Ukur jumlah baking soda, dan sabun castile cair, lalu masukkan ke dalam mangkuk besar.

Foto: popsugar.com

1. Jika Ladies ingin menambah wewangian sesuai selera, tambahkan 10 tetes minyak esensial. Eucalyptus, lemon, jeruk dan rosemary akan memberikan wangi yang harum, juga membantu sebagai antibakteri. Ukur jumlah takaran hidrogen peroksida, kemudian tambahkan ke dalam mangkuk. Hidrogen peroksida adalah bahan pemutih alami.

Foto: popsugar.com

2. Peringatan: langkah ini harus dilakukan dengan perlahan dan hati-hati!

Takar jumlah air panas, kemudian masukkan perlahan-lahan dan sedikit demi sedikit ke dalam mangkuk. Lalu, aduk secara lembut hingga semua bahan tercampur rata. Berikutnya, ukur lalu tambahkan cuka. Aduk perlahan hingga berhenti berbusa.

Foto: popsugar.com

3. Dengan menggunakan corong, tuangkan ramuan ke dalam botol pencet. Selesai deh!

Foto: popsugar.com

4. Untuk cara penggunaannya, cukup pencet botol dan biarkan ramuan tersebar merata di permukaan lubang toilet, lalu diamkan selama 10-15 menit. Sikat sikat sikat, kemudan tinggal siram atau pencet flush.

Selamat mencoba, Ladies!

Sumber: Pop Sugar, Foto cover: popsugar.com

Comments

Loading...