OUR NETWORK

5 Hal Yang Harus Kamu Tanyakan Pada Dirimu Sebelum Mengecat Ruangan

5 Hal Yang Harus Kamu Tanyakan Pada Dirimu Sebelum Mengecat Ruangan
Foto: homeanddecor.com

Ladies, pasti kamu pernah kan ngerasa bosan sama cat ruanganmu yang tiap kamu masuk ke dalamnya, rasanya suasananya gitu-gitu lagi. Secara kamu sadari atau enggak, warna di tembok ruangan itu penting loh untuk memberi kesan personal buatmu si penghuni ruang.

Kalau menurut Nicole Gibbons, seorang interior design dan founder Clare (perusahaan cat yang langsung berhubungan dengan kostumer) mengatakan perasaan yang kamu rasakan ketika masuk ke ruangan itu penting. “Suasana hati di ruangan personal kamu dapat meningkatkan kehidupanmu dalam berbagai cara.”

Baca juga: 5 Desain Interior Yang Terinspirasi Dari Game of Thrones

Memilih warna untuk tembok kamar itu emang nggak mudah, Ladies. Dari banyaknya pilihan gradasi warna, memilih gradasi yang tepat bisa menguras waktu dan energimu banget. Apalagi ketika kamu memutuskan untuk mengecat sendiri tanpa bantuan profesional.

Untuk membantumu, sang maestro desain interior Gibbons memberikan 5 hal yang perlu kamu tanyakan pada dirimu sendiri sebelum kamu menentukan pilihan warnamu.

1. Apa yang akan aku rasakan ketika memasuki ruangan?

5 Hal Yang Harus Kamu Tanyakan Pada Dirimu Sebelum Mengecat Ruangan
Foto: benishop.co

Ladies pasti setuju kan kalau kesan pertama itu penting. Nah… pas pertama kali buka pintu secara otomatis mata kita pasti tertuju pada tembok dan perasaan yang ditimbulkan ruangan itu. Bukan pada meja samping atau barang-barang lain. Jadi warna ruangan itu nentuin banget mood kamu dan tamu yang masuk ke tempatmu.

Pertanyaannya adalah, perasaan apa yang pengen Ladies ciptakan ketika memasuki kamar? “Kalau kamu pengen suasana relax dan peaceful  kamu bisa memilih warna yang kalem atau netral,” kata Gibbons.

Tapi jelas, ruangan lain nggak musti harus selalu berwarna kalem dan menyejukkan juga. Supaya lebih terasa ber semangat, kamu bisa pilih warna yang lebih terang dan tegas pada ruang tamu.

2. Apakah aku akan merasa bosan pada pilihan warna ini dalam 5 tahun ke depan?

5 Hal Yang Harus Kamu Tanyakan Pada Dirimu Sebelum Mengecat Ruangan
Foto: airfreshener.club

Ya… Seperti yang sudah umum terjadi, sebuah tren itu akan terus berganti dari waktu ke waktu, tidak terkecuali dalam desain. Makanya penting banget untuk memastikan apakah warna pilihanmu ini adalah warna yang benar-benar kamu sukai. Kalau iya, apakah kamu yakin kamu tidak akan lelah untuk memandangnya dalam jangka waktu yang lama?

Daripada kamu memilih untuk mengikuti hasrat mendadakmu dengan pilihan warna Millenial Pink atau kuningnya Gen Z, coba deh kamu pikirin lagi dulu. Kamu bisa coba dengan nempelin kain atau wallpaper sesuai warna pilihanmu selama sebulan atau dua bulan, untuk memastikan apakah warna pilihanmu tersebut memberi kesan yang kuat atau malah cuma kenikmatan beberapa saat aja.

3. Bagaimana warna ini akan bermain jika terkena cahaya?

5 Hal Yang Harus Kamu Tanyakan Pada Dirimu Sebelum Mengecat Ruangan
Foto: pinterest.com

Perlu diingat ya Ladies, cahaya  itu ngaruh banget loh ke perubahan warna di tembok kamu. Cahaya itu bisa bikin warna bayangan cat kamu jadi bagus atau bahkan merusak tampilan ruangan.

“Warna cat bisa sangat berbeda jika dilihat di toko, di layar handphone bahkan di rumah orang lain dengan di rumahmu,” menurut Gibbons.

Tergantung dari posisi jendela juga, cahaya yang mengenai tembok mu juga bisa berbeda-beda. Nah, jadi kamu harus cobain warna pilihanmu itu di keseluruhan tembok ya Ladies.

“Pastikan juga kamu menyukai warna yang telah terkena cahaya tersebut di seluruh area ruanganmu,” Gibbons menambahkan.

Kalau di beberapa tempat tertentu bayangan pada putihnya terlihat bagus namun di beberapa tempat lain terlihat dingin dan hampa, kamu bisa mencoba dengan warna yang lebih hangat dan lembut.

4. Apakah kamu merasa gelisah terhadap ukuran ruangan?

5 Hal Yang Harus Kamu Tanyakan Pada Dirimu Sebelum Mengecat Ruangan
Foto: apartments.com

Tenang Ladies, warna itu bisa dimainkan untuk membuat suatu ruangan terlihat lebih besar atau lebih kecil daripada ukuran aslinya. Kuncinya, kamu harus tau warna apa yang bisa melakukan hal itu.

“Kalau kamu ingin ruangan kecil supaya terlihat lebih besar kamu bisa mencoba dengan warna putih dengan campuran. Semakin terang warnanya, maka cahayanya juga akan semakin terrefleksi ke seluruh ruangan,” kata Gibbons.

Kalau Ladies pengen ruangannya terasa lebih nyaman, Gibbons merekomendasikan warna abu yang lebih gelap dengan campuran hijau.

5. Apakah warna temboknya akan masuk dengan barang-barangku?

5 Hal Yang Harus Kamu Tanyakan Pada Dirimu Sebelum Mengecat Ruangan
Foto: elledecor.com

Kebanyakan orang tidak memikirkan tentang warna-warna barang dan furniturenya. Mereka terlalu terpaku terhadap warna temboknya sesuai keinginannya. Sehingga Ladies perlu untuk mengingat apakah warna tembokmu akan senada atau minimal tidak bertabrakan dengan warna barang-barangmu.

Karena, kebanyakan orang tidak memulai mendesain ruangannya dari kosong. Jadi Gibbon merekomendasikan untuk memastikan mengecat ruangan dengan warna yang cocok dengan dekorasimu. Dengan begitu, jika dilihat secara keseluruhan hasilnya akan enak dipandang.

Baca juga: Suka Desain Warna-Warni? Kamu Wajib Follow Akun Instagram Ini, Ladies!

Jadi Ladies, pastikan hal-hal yang tadi sudah disebutkan terlebih dahulu ya, agar tidak menyesal nantinya.

Sumber: apartmenttherapy.com

Comments