OUR NETWORK

Tips Perawatan Kulit dan Rambut Sehat untuk Para Pelancong

Tips Perawatan Kulit dan Rambut Sehat untuk Para Pelancong
Foto: look-beautiful.de

Tentunya menyenangkan ketika akhirnya kamu bisa mewujudkan impianmu untuk berkeliling dunia. Menelusuri beragam tempat bersejarah, menantang diri mendaki gunung tertinggi, atau bersantai menikmati pemandangan yang sangat indah di pinggir pantai yang unik dan sepi. Pastinya kamu tidak ingin segala keseruan tersebut akhirnya rusak karena kondisi kulit dan rambut yang buruk dari hasil petualanganmu ke berbagai macam tempat itu, bukan?

Well, harus diakui memang terpaan matahari, polusi, kotoran, dan lainnya dari lingkungan sekitar tak dapat dihindari. Namun, kamu bisa mencegah kerusakaannya dengan melakukan beberapa perawatan khusus, Ladies. Mengingat, beragam tempat memiliki kondisi lingkungan serta aktivitas yang kamu lakukan pun berbeda dan pastinya memberikan dampak yang tidak sama pada kulit dan rambutmu, maka, fokus serta cara perawatannya pun akan berbeda. Nah, berangkat dari hal tersebut, dilansir dari Hello Giggles ada beberapa tips perawatan nih yang dapat kamu terapkan sesuai negara yang kamu tuju dan aktivitas apa yang kamu lakukan. Simak, yuk!

1. Thailand: Atasi Rambut Rusak dengan Minyak Kelapa

Tips Perawatan Kulit dan Rambut Sehat untuk Para Pelancong
Foto: girlsthatscuba.com

Mengingat Thailand merupakan salah satu negara yang terkenal dengan scuba-nya, lautannya secara otomatis menjadi tempat favorit para pelancong. Meski tampak indah, air laut dapat menjadi ancaman tersendiri, loh, bagi rambut, khususnya untuk kamu pemilik rambut panjang. Bagaimana tidak, kandungan garam yang tinggi dipadukan dengan sinar matahari yang terik dapat membuat rambut mengalami kerusakan. Oleh karena itu, perempuan lokal dari Thailand menyarankan untuk merawat rambutmu dengan minyak kelapa selama intensitasmu berinteraksi dengan laut masih tinggi.

Minyak kelapa dikenal memiliki kandungan asam laurat yang tinggi dan sifat antimikroba yang baik untuk kulit kepala. Selain itu, asam lemak yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu menjaga rambut tetap terhidrasi, kuat, serta berkilau. Untuk pengaplikasiannya, kamu bisa menggunakannya sebagai natural detangler atau masker rambut. Namun, mana pun cara yang akan kamu lakukan, penelitian menunjukkan, akan lebih efektif bila kamu menerapkannya pada rambut yang kering daripada yang basah. Salah satu minyak kelapa yang dapat kamu gunakan ialah Nutiva. Tersedia di Amazon, produk ini dibandrol senilai $16.19 atau setara dengan Rp226 ribu.

2. Kosta Rika: Detoksifikasi Kulit Menggunakan Clay Mask

Berangkat dari tradisi masyarakat San Jose, Kosta Rika, masyarakat suku asli tanah tersebut terbiasa menggunakan clay asli dari hutan hujan untuk merawat tubuh mereka. Adapun penggunaannya diperuntukkan sebagai antiseptik, pengusir nyamuk, serta eksfoliasi. Kini, fungsi dari clay itu semakin berkembang, yakni dapat digunakan juga untuk menghilangkan racun, sel kulit mati, serta kotoran penyebab jerawat dari kulit.

Meski kamu sangat menginginkannya, tapi sayang sekali, Ladies, kamu tidak bisa membawa pulang clay asli dari tanah Kosta Rika. Namun, jangan khawatir, ada salah satu produk terbaik yang memiliki kemampuan serupa, yakni Aztec Secret Indian Healing Clay. Terapkan produk ini seminggu setelah melakukan perjalanan panjang menelusuri hutan untuk mendetoksifikasi wajah dan tubuhmu secara sempurna dan kembali sehat seperti sedia kala.

3. Maroko: Meningkatkan Kesehatan Rambut dengan Minyak Argan

Tips Perawatan Kulit dan Rambut Sehat untuk Para Pelancong
Foto: bustle.com

Debu dan kotoran yang berterbangan di lingkungan sekitar Maroko dapat menyebabkan rambut mengalami kerusakan dan kekeringan. Untuk itu, para pemijat kulit kepala merekomendasikan untuk menggunakan minyak argan agar rambut tampak lebih berkilau, halus, sehat, serta mudah diatur. Kamu dapat menggunakan beberapa tetes minyak argan ketika menata rambutmu. Dengan pijatan ringan pada ujung batang rambut, minyak ini dapat memberikan kelembaban dan hasil berkilau yang alami pada rambutmu. Hal ini dikarenakan minyak argan memiliki kandungan vitamin E dan asam lemak yang dapat melindungi rambut dari kerusakan di masa depan. Salah satu brand yang telah membuktikan kemampuannya ialah MoroccanOil. Produk yang satu ini dibandrol dengan harga senilai $44 atau setara dengan Rp614 ribu di Sephora.com.

4. California: Grapeseed Oil untuk Menutrisi Kulit

Sebagai penghasil anggur, tak aneh lagi bila penelitian terkait kandungan anggur telah banyak dilakukan. Salah satunya ialah terkait grapeseed oil yang ternyata memiliki kemampuan yang efektif untuk membuat rambut serta kulit terjaga nutrisinya. Hal ini dikarenakan, grapeseed oil mengandung asam lemak Omega 6 dan vitamin E, serta minyak zaitun yang membantu memerangi radikal bebas serta berbagai penghalang kesehatan kulit. Salah satu produk yang cukup digemari untuk memperoleh kemampuan ini ialah Now Solutions Grapeseed Oil. Dibandrol dengan harga $8.51 atau setara dengan Rp118 ribu, grapeseed oil ini tersedia di Amazon.com.

Baca juga: Tips Menangani Helai Rambut Rusak

5. Hawaii: Terapi Kulit Kepala dengan Sea Salt

Tips Perawatan Kulit dan Rambut Sehat untuk Para Pelancong
Foto: vocal.media

Selama berabad-abad, orang Hawaii terkenal dengan rambutnya yang panjang dan sehat. Hal ini diketahui karena perawatan sea salt yang rutin dilakukan pada kulit kepalanya. Tindakan ini berangkat dari ungkapan yang menyebutkan bahwa rambut yang sehat dimulai dari kulit kepala. Akan tetapi, dengan kemampuannya yang luar biasa dalam menyehatkan rambut, seringkali orang menggunakannya secara berlebihan. Hingga akhirnya berdampak pada penumpukkan berat di rambut, menyebabkan ketombe, pertumbuhan rambut terhambat, tingkat pH yang tak seimbang, hingga minyak alami pada kulit kepala yang hilang.

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan sea salt secara tepat. Dengan menggunakannya seminggu sekali pada kulit kepala, ia akan membantumu mengurangi ketombe, melepaskan folikel rambut yang tersumbat, meningkatkan volume rambut, dan membuatnya berkilau. Salah satu produk yang dapat kamu pertimbangkan ialah Christophe Robin Cleansing Purifying Scrub with Sea Salt yang dibandrol dengan harga senilai $19 atau setara dengan Rp265 ribu di Nordstrom.com.

Nah, dengan beragam tips kecantikan dari berbagai pelosok dunia ini, tentunya kamu sudah siap dong untuk berkeliling dunia tanpa perlu khawatir dengan penampilanmu. So, selamat berpetualang, Ladies!

 

Sumber: Hellogiggles

Comments

Loading...